Universitas Pendidikan Indonesia

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Universitas Pendidikan Indonesia
Akronim : UPI
Tahun Berdiri : 1954

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi Jawa Barat
Kota Bandung
Alamat Universitas Kampus Induk:
Jl. Dr. Setiabudhi 229, Bandung 40154, Jawa Barat
Telp (022) 2013161-4
Fax (022) 2013651
Email info@upi.edu
Website http://www.upi.edu

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Bachelor 476 %
Master 615 %
Doctorate 143 %
Jumlah Pengajar 1.234

PENGETAHUAN

Deskripsi Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung, diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin. Semula bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), didirikan dengan latar belakang sejarah pertumbuhan bangsa, yang menyadari bahwa upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa merupakan bagian penting dalam mengisi kemerdekaan. Beberapa alasan didirikannya PTPG antara lain: Pertama, setelah Indonesia mencapai kemerdekaannya, bangsa Indonesia sangat haus pendidikan. Kedua, perlunya disiapkan guru yang bermutu dan bertaraf universitas untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang akan merintis terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

IKIP Bandung saat itu telah memiliki lima fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan Sastra dan Seni, Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta, dan Fakultas Keguruan Ilmu Teknik. Kebutuhan akan tenaga guru kian mendesak, demikian pula tumbuhnya hasrat untuk meningkatkan dan memeratakan kemampuan para guru. Hal ini mendorong IKIP Bandung membuka ekstension, antara tahun 1967 1970 IKIP Bandung membuka ekstension di hampir seluruh kabupaten di Jawa Barat.

Peranan IKIP Bandung di tingkat nasional semakin menonjol, setelah pemerintah menetapkan bahwa IKIP Bandung menjadi IKIP Pembina yang diserahi tugas membina beberapa IKIP di luar Pulau Jawa, yaitu IKIP Bandung Cabang Banda Aceh, Palembang, Palangkaraya, dan Banjarmasin. Sesuai dengan kebijaksanaan Departemen P dan K, pada awal tahun 1970 an, secara bertahap ekstension tersebut ditutup dan cabang cabang IKIP di daerah menjadi fakultas di lingkungan universitas di daerah masing masing.

Pengembangan dan peningkatan UPI tidak saja berorientasi pada bidang akademik, tetapi juga dalam berbagai bidang, termasuk pemantapan konsep dan rencana pembangunannya. Melalui bantuan Islamic Development Bank (IDB) tengah merancang dan menata pembangunan gedung kampus yang megah, modern dan representatif sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Bermodalkan kemampuan yang dimiliki Universitas Pendidikan Indonesia bertekad menjadikan lembaga pendidikan ini terdepan dan menjadi Universitas Pelopor dan Unggul (a Leading and Outstanding University).

Visi

UPI tampil menjadi satu-satunya lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang secara konsisten berkiprah dalam bidang pendidikan. Dalam menanggapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, tuntutan masyarakat dan perubahan global. UPI tampil mengambil inisiatif mengembangkan inovasi pendidikan. Dengan segenap potensi dan sumber daya yang dimiliki, UPI menetapkan visi untuk menjadi:

Universitas Pelopor dan Unggul
(a leading and outstanding university)
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga pendidik profesional dan tenaga profesional lainnya yang berdaya saing global.
  2. Mengembangkan teori-teori pendidikan dan keilmuan lain yang inovatif serta penerapannya, untuk menjadi landasan dalam penetapan kebijakan pendidikan nasional.
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut serta memecahkan masalah n asional baik dalam bidang pendidikan, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.
  4. Menyelenggarakan internasionalisasi pendidikan melalui pengembangan dan pengokohan jejaring dan kemitraan pada tingka t nasional, regional, dan internasional.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Indonesia
Jumlah Mahasiswa 24.356
Aktivitas Sosial

Organisasi Kemahasiswaan

Sebagai sarana untuk mewadahi kegiatan berorganisasi, UPI menyediakan organisasi mahasiswa sebagai berikut:

  • Di Tingkat Universitas disebut Presiden KM UPI dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM/MPM), yang bertugas mengkoordinasikan seluruh kegiatan mahasiswa untuk semua fakultas.
  • Disamping itu di tingkat Universitas juga ada Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM), yaitu unit yang menghimpun mahasiswa dari berbagai fakultas yang mewakili perhatian pada bidang yang sama. Unit kegiatan mahasiswa ini meliputi kegiatan olah raga kegiatan kesenian dan kegiatan khusus Menwa, Pramuka, Pencinta Alam dan sebagainya.
  • Di tingkat Fakultas ada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Senat Mahasiswa (SM). BPM adalah lembaga legislatif mahasiswa sedangakan Senat Mahasiswa fakultas adalah lembaga eksekutif mahasiswa di tingkat Fakultas.
  • Di tingkat Jurusan ada Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). HMJ adalah pembantu SM dalam melaksanakan tugasnya

Penalaran dan Keilmuan

Pembinaan/pengembangan penalaran dan keilmuan bertujuan untuk merangsang, mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara ilmiah, mendorong mahasiswa agar mengembangkan wawasan dan sikap ilmiah secara profesional. Bidang Penalaran dan keilmuan dikembangkan melalui berbagai kegiatan.

  1. Forum akademik yaitu pertemuan sekelompok warga sivitas akademika untuk membahas topik tertentu secara ilmiah dengan tujuan menumbuhkan dan memupuk kemampuan sikap ilmiah dan sikap profesional melalui pemikiran yang objektif.
  2. Simposium merupakan suatu pertemuan ilmiah yang membahas topik tertentu dari berbagai sudut pandang yang saling berkaitan.
  3. Kolokium adalah hasil modifikasi dari metoda diskusi panel yang melibatkan nara sumber dan peserta.
  4. Lokakarya merupakan temu karya yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta dengan menggunakan berbagai jenis metoda yang menghasilkan produk tertentu.
  5. Seminar merupakan pertemuan ilmiah suatu kelompok intelektual yang dengan sistematis membahas suatu topik di bawah pimpinan seorang ahli yang berwewenang dalam bidang tersebut untuk memecahkan suatu permasalahan.
  6. Diskusi Ilmiah adalah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah.
  7. Diskusi Panel adalah suatu pembicaraan atau pertukaran pikiran yang dilakukan oleh panelis mengenai suatu topik tertentu.
  8. Studium Generale (kuliah umum) merupakan suatu bentuk atau metoda penyampaian informasi secara lisan tertang suatu topik tertentu oleh seorang yang berkualifikasi, dengan maksud memberikan wawasan umum dan memperluas wawasan ilmiah serta mengembangkan sikap interdisipliner tentang suatu bidang ilmu kepada para ilmuwan atau calon ilmuwan dengan latar belakang disiplin ilmu yang beragam dan berbeda dengan penceramah.
  9. Lomba Karya Ilmiah adalah program/kegiatan yang dilakukan untuk dapat melatih dan meningkatkan kemampuan serta sikap ilmiah mahasiswa.
  10. LKTM, LKIM, PKM dan Seleksi mahasiswa berprestasi adalah kegiatan pengembangan penalaran mahasiswa melalui penulisan karya-karya ilmiah yang diorientasikan pada temuan dari penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan ini ditujukan untuk mengembangkan kemampuan menemukan karya-karya ilmiah untuk kepentingan pengembangan ilmu, teknologi maupun seni.
  11. Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), Pekan Mahasiswa Daerah (PIMDA) dan Karya Alternatif Mahasiswa (KAM) adalah kegiatan kemahasiswaan yang mengembangkan dan mempersiapkan mahasiswa agar memiliki keterampilan tambahan sebagai alternatif untuk profesi yang digelutinya.

Organisasi

Pembinaan/pengembangan organisasi kemahasiswaan merupakan kegiatan-kegiatan yang berfungsi sebagai wahana kaderisasi dan pengembangan diri mahasiswa.Bentuk kegiatan pengembangan bidang organisasi atau kaderisasi meliputi :

  • Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) yang diselenggarakan oleh ormawa tingkat jurusan/ program,
  • Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang diselenggarakan oleh ormawa tingkat fakultas (SMF, BEM, DPMF),
  • Latihan kepemimpinan mahasiswa (LKM) diselenggarakan oleh ormawa tingkat universitas (BEM UPI)
  • Musyawarah Mahasiswa (Mumas). Kegiatan musyawarah Mahasiswa (MUMAS) dilakukan oleh semua ormawa dengan sebutan yang berbeda-beda di antaranya Musyawarah Besar (Mubes), Musyawarah Mahasiswa (Mumas), Musyawarah Anggota (Musang), Musyawarah Adat (Mudat), Musyawarah Teater (Muter), Pemilihan Umum Raya (Pemilu Raya).
Fasilitas Kampus

Pusat Pembelajaran

UPI memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung komitmennya sebagai universitas pelopor dan unggul. Di antara yang dapat disebutkan di sini adalah sebagai berikut:

  1. Ruang Kuliah berjumlah 123 kelas yang dipergunakan mulai pukul 07.00 17.00. Di samping ruang kuliah juga terdapat sekitar 70 ruang laboratorium yang tersebar di enam fakultas dan Sekolah Pascasarjana yang ada di UPI.
  2. Perpustakaan dengan koleksi 69802 judul buku atau sekitar 143.836 eksemplar dengan waktu layanan mulai pukul 08.00 17.00 kecuali hari Sabtu hanya sampai dengan pukul 12.30.
  3. Micro teaching, yang berfungsi sebagai sarana :
    • Pengembangan dan Pembinaan pribadi praktikan sebagai calon guru/pendidik..
    • Pengembangan dan Pembinaan kemampuan dan/atau keterampilan profesional kependidikan para praktikan dalam persekolahan.
    • Untuk mempersiapkan praktikan sebelum mengikuti Program Latihan Profesi (PLP)
  4. Balai Bahasa dengan Laboratorium Bahasa, dilengkapi dengan sarana elektronik dan hasil hasil rekamannya, menyediakan fasilitas untuk belajar Bahasa Asing khususnya untuk sivitas akademika UPI terutama bagi tenaga tenaga edukatif yang akan melanjutkan studinya ke luar negeri. Begitu pula bagi tenaga administrasi/mahasiswa asing yang ingin belajar bahasa Indonesia sebagai bahasa asing.
  5. Unit Pelaksana Teknis Bimbingan dan Konseling, memberikan layanan bagi mahasiswa yang kesulitan belajar, ingin mengetahui bakat, minat dsb.

Teknologi Informasi

Untuk mendukung kornitmennya sebagai Universitas Pelopor dan Unggul, UPI memiliki fasilitas Teknologi Informasi, diantaranya adalah :

  • UPInet memiliki tiga fungsi, yaitu pelayanan, penelitian dan pengembangan, kerja sama dan pemasaran yang didukung oleh sistem akses kontrol, teknologi WAP, Area Hotspot, penelitian online, aplikasi fingerprint, control securty, desain website. Misi UPInet adalah sebagai berikut (1) mengembangkan dan menciptakan infrastruktur teknologi informasi yang diperlukan UPI, (2) mengembangkan, menyediakan dan mengaplikasikan sistem informasi berbasis teknologi informasi yang diperlukan UPI, (3) memberikan pelayan teknis maupun non teknis yang berhubungan dengan teknologi informasi, dan (4) meningkatkan dan menyediakan tenaga yang profesional dalam sistem informasi.
  • Fasilitas pada Pusat Komputer (PUSKOM) untuk mendukung layanan baik administrasi akademik maupun administrasi umum. Layanan Administrasi Akademik di UPI sudah hampir seluruhnya computerized.
  • Fasilitas pada Pusat Pendidikan Komputer (PENDILKOM) yang melayani kegiatan belajar komputer khususnya bagi mahasiswa yang mengambil matakuliah Pengetahuan komputer, umumnya bagi civitas akademika yang memerlukannya.

Layanan Mahasiswa

  1. Asrama disediakan untuk mahasiswa putra dan putri, yang terdiri atas 6 gedung asrama 5 gedung asrama tersebar dikampus daerah PGSD Cibiru, Purwakarta, Tasikmalaya, dan Serang, 1 gedung asrama dikampus Induk .
  2. Beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi di antaranya, beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Bantuan Pendidikan Mahasiswa (BPM), Supersemar, PT Gudang Garam, PT Jarum, Toyota Astra, PT Aji Dharma Bhakti, Yayasan Salim, Bank Indonesia, Yayasan Hutasoit, Yayasan Santoso, Japan Air Lines (JAL), Pindad, Bank Negara Indonesia, Bank Rakyat Indonesia, yayasan Ilmu-ilmu Sosial dan lain-lain.
  3. Santunan kematian bagi mahasiswa yang meninggal dunia dan santunan sakit bagi mahasiswa yang dirawat di rumah sakit.
  4. Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) adalah tempat untuk mengembangkan kemampuan kreativitas manajerial para mahasiswa untuk mengakomodasikan kegiatan kegiatan mahasiswa.

Olahraga dan Seni

  1. Sarana olahraga berupa gedung olahraga, lapangan sepak bola, lapangan bola voli, lapangan bulu tangkis, lapangan bola basket, lapangan soft ball, lapangan tenis, kolam renang dan sebagainya, merupakan tempat mengembangkan bakat para mahasiswa.
  2. KABUMI grup kesenian Keluarga Besar Bumi Siliwangi yang menampung mahasiswa, dosen, karyawan ataupun alumni UPI yang tertarik pada seni. Grup ini telah berkali kali mengadakan pentas di mancanegara (Inggris, Perancis, Jerman,Yugoslavia, Belgia, Malaysia , Amerika dan pada bulan September 2009 akan mengadakan pementasan Internasional dalam rangka International Folklore Performance di Afrika Selatan.
  3. Teater Terbuka untuk pentas berbagai kreasi seni para mahasiswa, kegiatan keolahragaan dll..

Sarana Umum

  1. Mesjid Al-Furqan yang megah yang senantiasa menghidupkan kampus dengan berbagai kegiatan keagamaan dan saat ini sedang merancang untuk pembentukan Pusat Studi Islam (Cental For Islamic Studies)
  2. Training Center Universita Pendidikan Indonesia dengan nama Isola Resort dengan fasilitas Hotel dan Meeting Service yang terletak di kampus UPI.
  3. Poliklinik yang senantiasa memberikan layanan kesehatan umum dan kesehatan gigi bagi segenap sivitas akademika.
  4. BNI'46 yang senantiasa siap membantu sivitas akademika khususnya dalam melayani mahasiswa yang akan membayar SPP. BNI '46 umumnya melayani berbagai keperluan seperti tabungan dan kegiatan perbankan lainnya.
  5. Kantin/kafetaria yang tersebar hampir di semua fakultas menyediakan jajanan murah, bervariasi.
  6. Kendaraan dinas berupa kendaraan operasional kijang, minibus, elf, sedan, dan bis. Terutama kendaraan bis yang dapat digunakan mahasiswa untuk kepentingan kuliah lapangan yang dilaksanakan di luar kampus atau kegiatan kemahasiswaan lainnya.
  7. Wartel dengan faksimili dan layanan telegram di kampus UPI siap melayani sivitas akademika.
  8. Balai Pertemuan dengan kapasitas 2.000 orang selalu padat dipakai kegiatan penalaran, kesenian dan kreativitas oleh mahasiswa dan dapat dipergunakan untuk kepentingan umum.
Perpustakaan pusat
luas 12.000 m2, koleksi buku: 138.464 judul, 240.825 eksemplar

Laboratorium

23.240 m2, 66 unit (semua fakultas ada laboratoriumnya), terdiri dari:
1. FIP: Lab Adpend, PPB, PLB, PGSD, PGTK
2. FPIPS: Lab PMP, Sejarah, Geografi, Komputer Jurusan Ekonomi, Mengetik Elektronik Program studi Administrasi Perkantoran, Mengetik Manual, Akuntansi, Tata Niaga, Koperasi
3. FPBS: Lab Bahasa, Seni Rupa, Sendratasik
4. FPMIPA: Jurusan Biologi: Lab Struktur Tumbuhan, Mikro Psikologi, Ekologi, Struktur Hewan. Jurusan Fisika: Lab Elektronik, Fisika Dasar, Fisika Lanjutan I, Fisika Lanjutan II. Jurusan Kimia: Lab Kimia Dasar, Kimia Analitik, Kimia Organik, Kimia Fisik, Kimia Instrumen. Jurusan Matematika: Lab MIPA SD, MIPA SLTP
5. FPOK: Lab Ilmu Faal
6. FPTK: Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan: Lab Studio, Ilmu Ukur Tanah, Kerja Kayu, Mekanika Tanah, Plumbing, Tes Material, Komputer Arsitektur, Teknologi Bahan. Jurusan Pendidikan Teknik Elektro: Lab Elektronika Dasar, Elektronika Komunikasi, Elektronika Lanjut, Mesin Listrik, Pengukuran Listrik, Penerangan Listrik. Jurusan Pendidikan Teknik Mesin: Studio Gambar, Kontruksi, Mesin, Otomotif, Pendingin, Produksi, Praktik Dasar. Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga: Lab Bimbingan dan Perawalan Anak, Patiseti, Tata Boga, Desain Busana, Tata Busana, Rajut dan Bordir, Tata Rias, Tatalaksana Rumah Tangga
7. Kampus Daerah: Lab IPA dan Matematika
Jumlah Buku Perpustakaan 138.464 judul, 240.825 eksemplar

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Sardjana sebesar Rp 6.400.000 (SPP = 4 x Rp 900.000, + Praktikum = 4 x Rp 250.000, + Peningkatan Mutu Rp 1.180.000)

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Ilmu Pendidikan Akreditasi :
Nama Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Akreditasi : B
Nama Jurusan Administrasi Pendidikan Akreditasi : B
Nama Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Akreditasi : A
Nama Jurusan Pendidikan Luar Biasa Akreditasi : B
Nama Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Akreditasi : A
Nama Jurusan Pendidikan Guru TK Akreditasi : B
Nama Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 6     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Tipe Ujian Masuk a. Jalur Penerimaan PMDK (Panitia Lokal UPI)
b. Jalur Penerimaan SPMB (Panitia SPBM)
c. Jalur Penerimaan PGSD, PGTK, dan Politeknik (Panitia Lokal UPI)
d. Jalur Penerimaan Psikhogi (Panitia Lokal UPI tahun 2004)
e. Jalur Penerimaan Program Pasca Sarjana (PPS) (Panitia Lokal UPI)
Keterangan Pusat informasi pendaftaran: Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK), Jl. Dr. Setiabudhi No.229, Bandung 40154, Jawa Barat. Telepon : (022) 2013161-3, 2001450-4, Pes. 3505 dan 4317

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Humas
Telp (022) 2013161-3, 2001450-4
Email info@upi.edu
Alamat Jl. Dr. Setiabudhi 229, Bandung 40154, Jawa Barat

Register Contact Details

Nama Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)
Telp (022) 2013161-3, 2001450-4, Pes. 3505 dan 4317
Alamat Jl. Dr. Setiabudhi No.229, Bandung 40154, Jawa Barat.

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar