Universitas Terbuka

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Universitas Terbuka
Akronim : UT
Tahun Berdiri : 1984

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi DKI Jakarta
Kota Jakarta
Alamat Universitas JALAN PONDOK CABE RAYA
CIPUTAT
TANGERANG SELATAN
Kode Pos 15418
Telp 021-7490941
Telp2 021-7490941
Fax 021-7490147
Email info@p2m.ut.ac.id
Website www.ut.ac.id

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

PENGETAHUAN

  Tujuan Pendirian UT
UT didirikan dengan tujuan:     1.   memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia dan warga negara asing, di mana pun tempat tinggalnya, untuk mempeoleh pendidikan tinggi;     2.   memberikan layanan pendidikan tinggi bagi mereka, yang karena bekerja atau karena alasan lain, tidak dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi tatap muka; dan     3.   mengembangkan program pendidikan akademik dan profesional sesuai dengan kebutuhan nyata pembangunan yang belum banyak dikembangkan oleh perguruan tinggi lain.         B.   Sistem Pembelajaran     UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/Internet, siaran radio dan televisi).
Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah me¬namatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).       C.   Cara Belajar     Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat di pelajari secara mandiri. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT, mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan perpustakaan, mengikuti tutorial baik secara tatap muka maupun melalui Internet, radio, dan televisi, serta menggunakan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/ video. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta in¬for¬masi atau bantuan tutorial kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Uni¬versitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.

Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan belajar secara efisien. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Untuk dapat belajar mandiri secara efisien, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri. Oleh karena itu, agar dapat berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri.

      D.   Sistem Kredit Semester     UT seperti halnya perguruan tinggi yang lain, menerapkan sistem kredit semester untuk menetapkan beban studi mahasiswa tiap semester. Dalam sistem kredit semester, beban studi yang ha¬rus diselesaikan dalam satu program studi diukur dengan satuan kredit semester (sks). Setiap mata kuliah diberi bobot 2-4 sks atau lebih. Satu semester adalah satuan waktu kegiatan belajar selama kurang lebih 16 minggu.

Dalam pendidikan tinggi tatap muka, mahasiswa yang mengambil beban studi satu sks harus mengikuti perkuliahan selama satu jam per minggu di kelas dan satu jam untuk praktek, praktikum, atau belajar di rumah, sehingga dalam satu semester mahasiswa harus mengalokasikan waktu belajar sekitar 32 jam. Untuk menempuh mata kuliah yang berbobot 3 sks dibutuhkan waktu belajar sekitar 96 jam per semester.

Dalam sistem pendidikan jarak jauh, mahasiswa juga harus mengalokasikan waktu yang sama dengan mahasiswa tatap muka (2 jam per minggu per sks). Hanya saja kegiatan belajarnya lebih banyak dilakukan secara mandiri (di rumah, melalui kelompok belajar, dan tutorial).

Khusus untuk UT, satu sks disetarakan dengan tiga modul bahan ajar cetak. Satu modul terdiri atas 40-50 halaman, sehingga bahan ajar dengan bobot 3 sks berkisar antara 360-450 halaman bergantung pada jenis mata kuliahnya. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan membaca dan memahami rata-rata mahasiswa adalah 5-6 halaman per jam hingga untuk membaca bahan ajar dengan bobot 3 sks diperlukan waktu (360 s.d. 450) : (5 s.d. 6) hasilnya sekitar 75 jam. Apabila satu semester mempunyai waktu 16 minggu, maka waktu yang diperlukan untuk membaca bahan ajar dengan bobot 3 sks adalah 75 : 16 kurang lebih 5 jam per minggu. Misalnya, mahasiswa mengambil 15 sks/semester maka yang bersangkutan harus mengalokasikan waktu belajar sebanyak 15 : 3 x 5 = 25 jam per minggu atau kira-kira 5 jam per hari (1 minggu dihi¬tung 5 hari belajar).

Dengan sistem belajar seperti ini mahasiswa UT diharapkan mengalokasikan waktu belajar sesuai dengan beban sks yang diambil atau mengambil beban sks setiap semester sesuai dengan waktu belajar yang dapat dialokasikan serta mempertimbangkan kemampuan akademik masing-masing.       E.   Penyelenggaraan Pendidikan di UT     Dalam penyelenggaraan pendidikan, UT bekerja sama dengan semua perguruan tinggi negeri/swasta serta instansi yang relevan yang ada di Indonesia. Di setiap provinsi atau kabupaten/kota yang terdapat perguruan tinggi negeri, tersedia unit layanan UT yang disebut UPBJJ-UT. Perguruan tinggi negeri setempat berperan sebagai pembina UPBJJ-UT serta membantu dalam penulisan bahan ajar, bahan ujian, pelaksanaan tutorial, pratek/praktikum, dan ujian.

Untuk memberikan layanan pendidikan secara optimal kepada mahasiswa yang tersebar diseluruh penjuru tanah air dan di luar negeri, UT bekerja sama dengan instansi lain seperti Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri, Televisi Republik Indonesia (TVRI), Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Siaran Pemerintah Daerah, Radio Siaran Swasta Niaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Departemen Dalam Negeri, Atase Pendidikan KBRI, Perpustakaan Nasional RI dan Perpustakaan Daerah, Arsip Nasional, Indosat, Jaksoft, dan PT Pos Indonesia.

UT juga bekerja sama dengan instansi-instansi yang ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, baik instansi pemerintah, BUMN maupun swasta. Mereka dapat mengikuti program yang ada di UT atau memesan program studi baru yang sesuai dengan kebutuhan instansinya. UT selama ini telah mendapatkan kepercayaan da¬ri pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru SD dan guru Anak Usia Dini melalui program yang dikenal sebagai pro¬gram Pendidikan Dasar (Pendas). Selain itu UT juga telah mendapat kepercayaan untuk meningkatkan kualitas SDM dari TNI, Bank BRI, Bank BNI, PT Garuda Indonesia, PT Merpati Nusantara, Departemen Pertanian, Sekretariat Wakil Presiden, Pondok Pesantren dan beberapa instansi lainnya.

Deskripsi A.  
   
   
   
   
   
  
  
   
  
  
   
  
  
   
  

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Jumlah Mahasiswa 307985

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Ekonomi Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Tipe Ujian Masuk

II. REGISTRASI DAN BIAYA PENDIDIKAN


A. Sistem Registrasi

UT menyelenggarakan 2 (dua) program pendidikan, yakni program Pen¬das dan Non-Pendas, Program Non-Pendas adalah program pendidikan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum. Sedangkan Program Pendas merupakan program yang diselenggarakan secara khusus. Pada saat ini program studi yang termasuk dalam program Pendas adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD).

Kedua jenis program ini mempunyai sistem registrasi dan waktu ujian yang berbeda. Pada program Non-Pendas semua mata kuliah ditawarkan setiap semester (masa registrasi), sedangkan pada program Pendas mata kuliah ditawarkan dalam bentuk paket semester.

1. Jenis Registrasi

UT mengenal 3 (tiga) jenis registrasi, yaitu registrasi pertama, registrasi mata kuliah, dan registrasi Tugas Akhir Program (TAP). Registrasi pertama merupakan pencatatan data pribadi mahasiswa beserta mata kuliah yang diambil pada semester pertama. Pencatatan data pribadi hanya dilakukan satu kali selama menjadi mahasiswa UT, yaitu saat registrasi pertama. Selanjutnnya,
setiap awal masa registrasi semester berikutnya mahasiswa melakukan registrasi mata kuliah. Menjelang akhir masa studi, setiap mahasiswa program S1 diharuskan menempuh TAP yang diawali dengan melakukan registrasi TAP.

2. Waktu Registrasi

Pada dasarnya mahasiswa UT dapat melakukan registrasi sepanjang waktu, namun dalam pelaksanaannya waktu registrasi diatur sebagai mana tercantum dalam Tabel II.1.a dan II.1.b. Mahasiswa dianjurkan untuk melakukan registrasi dan membeli bahan ajar pada awal masa registrasi agar mempunyai waktu belajar
yang lebih panjang.

Apabila mahasiswa melakukan registrasi setelah melewati batas waktu yang ditentukan, maka berkas registrasinya akan diproses untuk masa registrasi berikutnya.

3. Tempat Registrasi

Registrasi harus dilakukan di UPBJJ-UT dan berkasnya dapat diperoleh di UPBJJ-UT. Alamat UPBJJ-UT dapat dilihat pada Lampiran 2 pada Katalog UT 2009, dan bagi mahasiswa yang berdomisili di luar negeri registrasi harus dilakukan melalui Kantor Perwakilan RI setempat. Alamat Kantor Perwakilan RI dapat dilihat pada Lampiran 17 pada Kaltalog UT 2009.

Tabel II.1.a
Jadwal Registrasi dan Ujian untuk Program Non-Pendas


No
MASA
UJIAN
WAKTU
REGISTRASI
PELAKSANAAN
UJIAN
U
A S
T
A P
1



2009.1

 

 

1 Des. 2008 – 23 Februari 2009
Bulan Mei, hari Minggu, tgl. 10 Mei (ujian hari pertama) dan tgl. 17 Mei (ujian hari kedua)
Bulan Mei, hari Sabtu sehari sebelum UAS hari kedua
2

 

 

 

2009.2

 

 

 

1 Juni - 24 Agustus 2009

 

 

 


Bulan November, hari Minggu, tgl. 1 Nov. (ujian hari pertama) dan tgl. 8 Nov. (ujian hari kedua)

 

Bulan November, hari Sabtu sehari sebelum UAS hari kedua

 

Keterangan:

UAS = Ujian Akhir Semester
TAP = Tugas Akhir Program
Jadwal registrasi dan ujian dapat dilihat pada Kalender Akademik UT Tahun 2009.

Tabel II.1.b
Jadwal Registrasi, Pengiriman Rekap Nilai Tugas Tutorial ke UPBJJ-UT
dan Jadwal UAS untuk Program Pendas

NO
MASA REGISTRASI
BATAS AKHIR REGISTRASI
BATAS AKHIR PENGIRIMAN
NILAI TUGAS TUTORIAL/PRAKTEK/PRAKTIKUM OLEH TUTOR
PELAKSANAAN UAS
1
2009.1
9 April 2009
23 Juni 2009
Sabtu , Minggu, Senin,
(27, 28, & 29 Juni)
2
2009.2
25 September 2009
7 Desember 2009
Sabtu, Minggu, Senin,
(28, 29, 30 November)

B. Registrasi Pertama

  1. Persyaratan calon Mahasiswa

    Untuk menjadi mahasiswa UT, calon mahasiswa minimal berijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau yang sederajat. Pada saat melakukan registrasi pertama calon mahasiswa harus melampirkan persyaratan umum, berikut:

    1. Satu lembar fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi:
      • Legalisasi ijazah SLTA oleh Sekolah yang bersangkutan atau Kantor Dinas Pendidikan setempat;
      • Legalisasi ijazah Diploma atau Sarjana oleh perguruan tinggi asal.

    2. Pasfoto ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar dan 3 x 4 sebanyak 2 lembar.

      Selain kedua persyaratan umum di atas, masing-masing program studi juga mempunyai persyaratan khusus yang dapat dilihat pada bab Kurikulum. Jika persyaratan tersebut tidak dipenuhi, maka Anda tidak bisa diterima sebagai mahasiswa UT.


  2. Cara Melakukan Registrasi Pertama

    Dalam melakukan registrasi pertama, calon mahasiswa hendaknya mengikuti prosedur berikut.

    1. Membeli berkas registrasi pertama di UPBJJ-UT dengan ciri-ciri yang tercantum pada Tabel II.2. Bagi mahasiswa penerima beasiswa berkas registrasi pertama dapat diperoleh di instansi pemberi beasiswa atau Pengelola Kelompok Belajar. Biaya pendidikan paket semester program Pendas sudah termasuk biaya berkas registrasi pertama.

      Biaya pendidikan paket semester program Pendas sudah termasuk biaya berkas registrasi pertama.

      Tabel II.2
      Ciri Berkas Registrasi Pertama


      Program
      Ciri-ciri
      Isi
      Non-Pendas
      Diploma dan S1

      Amplop bertuliskan "REGISTRASI PERTAMA PROGRAM NON-PENDAS" warna hijau

      - Formulir Data Pribadi
      mahasiswa (F1)
      - Blangko Kartu Mahasiswa
      - Tanda Bukti Setoran UT (TBS-UT)
      - Katalog UT
      - Deskripsi Mata Kuliah
      - Amplop Pemesanan Bahan Ajar
      - Daftar Harga Buku

      Pendas
      S1 PGSD dan S1 PGPAUD
      Amplop bertuliskan “REGISTRASI PERTAMA PROGRAM PENDAS” warna ungu - Formulir Data Pribadi
      Mahasiswa (F15)
      - Blangko Kartu Mahasiswa
      - Tanda Bukti Setoran UT (TBS- UT)
      - Katalog Program Pendas UT
      Pascasarjana
      Magister

       

       

       

      Amplop bertuliskan "REGISTRASI PERTAMA PROGRAM PASCASARJANA" warna biru

      - Formulir Data Pribadi mahasiswa (F1)
      - Blangko Kartu Mahasiswa
      - Tanda Bukti Setoran UT (TBS-PPs-UT)
      - Katalog UT
      - Deskripsi Matakuliah
      - Formulir Admisi
      - Formulir Rekomendasi
      - Amplop Admisi
      - Amplop Rekomendasi
      - Kartu Tanda Peserta Tes Masuk Program Pascasarjana
      - Panduan Mahasiswa Program Pascasarjana



    2. Mengisi Formulir Data Pribadi Mahasiswa dan blanko Kartu Mahasiswa dengan lengkap dan benar sesuai dengan petunjuk pengisian yang terdapat pada halaman belakang formulir.
      Mahasiswa program Non-Pendas mengisi alamat individu yang dapat dijangkau oleh jasa Pos (alamat rumah atau tempat bekerja), sedangkan mahasiswa program Pendas mengisi alamat Pokjar dengan alamat Dinas Pendidikan serta alamat rumah dengan sekolah tempat mengajar. Tempat dan tanggal lahir diisi sesuai dengan surat akte lahir atau indentitas lainnya, seperti KTP dan ijazah. Mahasiswa mengisi kode dan nama program studi sesuai dengan pilihannya. Daftar program studi dapat dilihat pada Lampiran 6 Katalog UT 2009.

    3. Mengisi Tanda Bukti Setoran UT (TBS-UT) dengan lengkap dan benar sesuai Petunjuk Pengisian yang terdapat pada formulir.
    4. Membayar biaya pendidikan dengan menggunakan TBS-UT melalui Kantor Cabang Bank BTN, Kantor Cabang Pembantu Bank BTN, Kantor Kas Bank BTN, SOPP Bank BTN, atau Kantor Cabang Bank BRI. Besar biaya pendidikan sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada bab ini butir (Biaya Pendidikan). TBS-UT ini sekaligus berfungsi sebagai formulir Registrasi Mata Kuliah.
    5. Menyerahkan atau mengirimkan berkas registrasi yang telah diisi dan dilengkapi persyaratannya ke UPBJJ-UT setempat paling lambat (cap pos) sesuai dengan tanggal batas akhir penutupan registrasi. Persyaratan tersebut terdiri dari berikut ini.
      1)
      Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisasi.
      2)
      Khusus untuk calon mahasiswa FKIP melampirkan Surat Ke¬te¬rangan Mengajar dari Dinas Pendidikan setempat (Lampiran 15).
      3)
      TBS-UT lembar ke-1 yang telah divalidasi oleh Bank BTN/ BRI.
      4)
      Pasfoto ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar ditempel di blanko kar¬tu mahasiswa.

    6. Menerima kartu mahasiswa dan bukti registrasi dari petugas UPBJJ-UT secara langsung atau melalui pos.
    7. Memeriksa bukti registrasi. Jika masih terdapat kesalahan segera menginformasikan ke UPBJJ-UT untuk diperbaiki dengan me¬lam¬pirkan fotokopi TBS
  3. Kartu Mahasiswa

    Kartu Mahasiswa merupakan kartu identitas mahasiswa UT yang harus dibawa pada saat pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) dan pada saat ujian.

    Kartu mahasiswa mencantumkan data:

    a. Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
    b. Nama Mahasiswa
    c. Alamat Mahasiswa
    d. Tempat dan Tanggal Lahir
    e. Program Studi
    f. UPBJJ-UT
    g. Masa Registrasi I

    Blanko kartu mahasiswa diisi oleh calon mahasiswa dengan huruf cetak atau diketik.

    Mahasiswa UT tidak dibenarkan memiliki lebih dari satu kartu mahasiswa dan NIM

C. Registrasi Mata Kuliah

Mahasiswa yang telah terdaftar sebagai mahasiswa UT harus melakukan registrasi mata kuliah dengan menggunakan TBS-UT untuk dapat mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS). TBS-UT dapat diperoleh secara cuma-cuma di UPBJJ-UT atau Kantor Cabang Bank BTN/BRI (alamat Kantor Cabang Bank BTN, Kantor Cabang Pembantu Bank BTN, Kantor Kas Bank BTN, SOPP Bank BTN, dan Kancab. Bank BRI dapat dilihat pada Lampiran 18 dan 19 pada Katalog UT 2009.

  1.  
Pemilihan Matakuliah
  Setiap mata kuliah diberi kode yang menunjukkan sandi program studi, jenjang pendidikan, tahun ajaran, dan urutan mata kuliah.

Contoh:
MATA4321
MATA
4
3
21
Sandi Program Studi Sandi jenjang Sandi Tahun Ajaran Urutan Mata
(P.S. Matematika) pendidikan: (Tahun ke-3) Kuliah pada



0 untuk Sertifikasi (urutan ke-21) Program Studi
1 untuk D-I    
2 untuk D-II
3 untuk D-III
4 untuk D-IV/S1
5 untuk S2

Mahasiswa dianjurkan untuk memilih mata kuliah mulai dari tingkatan dan urutan yang terendah.

Untuk mahasiswa program Non-Pendas, jumlah maksimal mata kuliah yang dapat diregistrasi setiap masa registrasi sebanyak 10 mata kuliah. Untuk mahasiswa baru program Pendas mata kuliah yang diregistrasi sebanyak 1 (satu) paket. Untuk semester berikutnya mahasiswa Pendas dapat meregistrasi maksimal 15 mata kuliah (meliputi paket mata kuliah semester berjalan dan registrasi
mata kuliah untuk ujian perbaikan). Jumlah mata kuliah ini disesuaikan dengan waktu ujian yang tersedia dengan catatan jam ujian tidak bentrok.

Apabila mahasiswa meregistrasikan dua atau lebih mata kuliah yang waktu ujiannya bersamaan (bentrok), maka salah satu di antaranya akan dibatalkan. Mahasiswa hanya berhak mengikuti ujian satu mata kuliah saja, sedangkan mata kuliah yang lainnya dianggap batal registrasinya (lihat Tabel II.3).

Tabel
II.3
Contoh Waktu
Ujian Bentrok

Kode
Mata Kuliah
Waktu
Ujian
Keterangan
MKDU4111 II.4 Bentrok
ESPA4111 II.4 Diterima
MKDU4109 I.4 Diterima
ESPA4112 I.1 Diterima

Waktu ujian mata kuliah MKDU4105 dan ESPA4111 bentrok, karena waktu ujiannya bersamaan yaitu hari ujian ke-2 jam ke-4. Jika mahasiswa meregistrasi kedua mata kuliah tersebut dalam masa registrasi yang sama, maka mahasiswa hanya berhak mengikuti ujian mata kuliah ESPA4111, MKDU4101, dan ESPA4112.
Mata kuliah MKDU4105 dinyatakan batal. Penentuan mata kuliah yang teregistrasi dilakukan berdasarkan urutan abjad dari kode mata kuliah. Mata kuliah yang batal dapat diganti dengan mata kuliah lain sebelum masa registrasi berakhir. Apabila tidak dilakukan penggantian, maka mata kuliah tersebut dianggap gugur dan SPP yang dibayarkan tidak dapat diminta kembali.

2. Cara Melakukan Registrasi Mata Kuliah

a.
Mengisi Formulir TBS-UT dengan lengkap dan benar sesuai petunjuk pengisian yang terdapat pada formulir.
b.
Membayar biaya pendidikan dengan menggunakan TBS-UT melalui Kantor Cabang Bank BTN, Kantor Cabang Pembantu Bank BTN, Kantor Kas Bank BTN, SOPP Bank BTN, atau Kantor Cabang Bank BRI, dengan melampirkan fotokopi kartu mahasiswa.
c.
Menyerahkan atau mengirimkan TBS-UT lembar 1 (satu) yang telah diisi dan divalidasi oleh Bank BTN/BRI ke UPBJJ-UT setempat paling lambat (cap pos) tanggal batas akhir waktu registrasi.
d.
Setelah melakukan registrasi, meminta Bukti Registrasi kepada petugas UPBJJ-UT baik secara langsung maupun melalui pos.
e.
Memeriksa kebenaran bukti registrasi. Jika masih terdapat kesalahan segera menginformasikan kepada UPBJJ-UT.
f.
Mahasiswa Non-Pendas yang memilih tempat pelaksanaan ujian di luar negeri dapat melakukan registrasi diperwakilan setempat. Tempat pelaksanaan ujian di luar negeri dapat dilihat pada Lampiran 17 pada Katalog UT 2009.

D. Pendaftaran Tugas Akhir Program (TAP)


TAP diselenggarakan bagi mahasiswa program sarjana (S1) menjelang penyelesaian studinya, dengan tujuan untuk menverifikasi penguasaan secara komprehensif terhadap suatu bidang ilmu tertentu. Keterangan lengkap tentang TAP dapat dilihat pada Buku Petunjuk Pendaftaran TAP yang terdapat dalam Berkas Pendaftaran TAP.

1. Persyaratan Akademik

  1. Untuk Mahasiswa FMIPA, FISIP dan FEKON:
    1) Telah lulus mata kuliah minimal (n-19) sks, n adalah jumlah sks yang harus ditempuh sesuai dengan persyaratan program studi;
    2) IPK minimal 2,00 dihitung dari (n-19) sks
  2. Untuk Mahasiswa FKIP-UT:
    1) Telah lulus mata kuliah minimal (n-19) sks dan n adalah jumlah sks yang harus ditempuh sesuai dengan persyaratan program studi.
    2) IPK minimal 2,00 dihitung dari (n-19) sks. Khusus program studi S1 PGPAUD IPK minimal 2,25.
    3) Telah lulus mata kuliah:
      a) IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas kecuali bagi mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris
      b) PBIS4401 Research in ELT bagi mahasiswa program S1 Pendidikan Bahasa Inggris
      c) Praktikum dengan nilai minimal C bagi mahasiswa program S1 Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia.

2. Cara Pendaftaran TAP
Pendaftaran TAP dilakukan oleh mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik dengan prosedur sebagai berikut.

a. Program Non-Pendas:
  1) Membeli Berkas Registrasi TAP di UPBJJ-UT dan mempelajari buku Petunjuk Pendaftaran TAP.
  2) Mengisi TBS-UT dan membayar biaya TAP melalui Kantor Cabang Bank BTN, Kantor Cabang Pembantu Bank BTN, Kantor Kas Bank BTN, SOPP Bank BTN, atau Kantor Cabang Bank BRI serta melengkapi persyaratan sebagai berikut.
    a) Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi.
    b) Fotokopi SK Alih Kredit (bila ada).
    c) Surat Keterangan Mengajar (khusus FKIP).
    d) Menyerahkan berkas pendaftaran TAP ke UPBJJ-UT paling lambat tanggal batas akhir Registrasi.
    e) Menerima bukti pendaftaran TAP dari UPBJJ-UT.
  3)
Bagi mahasiswa peserta TAP yang tidak lulus dan akan mengulang tidak perlu membeli formulir pendaftaran TAP, tetapi cukup menggunakan TBS-UT.
b. Program Pendas
 
Mahasiswa program S1 PGSD semester X dan S1 PGPAUD semester IX (yang secara akademik telah memenuhi persyaratan TAP) secara otomatis diikutkan sebagai peserta TAP. Apabila pada semester tersebut belum memenuhi syarat akademik, maka diberi kesempatan hanya satu semester berikutnya secara gratis. Mahasiswa yang tidak lulus TAP dan yang bersangkutan akan mengulang TAP, atau bagi mahasiswa yang baru pertama kali akan mengikuti TAP setelah dua semester dari yang seharusnya, wajib melakukan pendaftaran TAP. Mahasiswa yang akan mengulang TAP harus melakukan registrasi cukup dengan menggunakan TBS-UT dan membayar biaya TAP di Kantor Cabang Bank BTN/BRI.

Tabel II.4
Ciri Berkas Pendaftaran Tugas Akhir Program (TAP)

Program
Ciri-ciri
Isi
Sarjana
Amplop warna Coklat bertuliaskan "PENDAFTARAN TUGAS AKHIR PROGRAM" warna Biru - Formulir Pendaftaran TAP (F10)
- TBS-UT
- Buku Petunjuk Pendaftaran Tugas Akhir Program

E. Pembatalan Registrasi

Mahasiswa yang telah melakukan registrasi, karena sesuatu hal dapat mengajukan pembatalan registrasi. Pembatalan registrasi dapat diajukan dengan ketentuan sebagai berikut.

1.
Diajukan kepada Kepala Biro Administrasi Akademik, Perencanaan, dan Monitoring (BAAPM) UT paling lambat satu minggu setelah penutupan registrasi.
2. Melampirkan TBS-UT asli lembar 1 (warna putih) dan lembar 2 (warna biru).
3.
SPP yang sudah disetor dapat digunakan untuk registrasi pada masa berikutnya atau dapat diminta kembali kecuali biaya layanan admi¬nistrasi akademik.
Keterangan

Biaya Pendidikan


F. Biaya Pendidikan
1. Harga Berkas Registrasi

Harga berkas registrasi dan pendaftaran TAP disajikan dalam tabel berikut.

Tabel II.5
Harga Berkas Registrasi

Jenis Berkas Registrasi Harga
Berkas Registrasi Pertama Rp. 75.000,00
Berkas Pendaftaran TAP Rp. 60.000,00

2. Biaya Layanan Administrasi Akademik untuk Mahasiswa Non-Pendas dan Pendas yang Lewat Masa Studi
Setiap mahasiswa yang melakukan registrasi dikenakan biaya layanan administrasi akademik sebesar Rp60.000,00.

3. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)
Sumbangan Pembinaan Pendidikan yang selanjutnya disingkat SPP adalah sumbangan yang dikenakan kepada mahasiswa untuk digunakan bagi keperluan penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan.

Besarnya SPP di UT disajikan pada tabel berikut.




Tabel II.6
Besar SPP per Program


No.
Uraian
Besar Biaya
1.
Program Non-Pendas
a. SPP mata kuliah
b. SPP mata kuliah dengan ujian lisan
c. SPP mahasiswa yang berdomisili di luar negeri
d. Biaya layanan administrasi akademik
e. Biaya TAP
 

Rp 20.000,00/sks
Rp 35.000,00/sks
US $ 25,00/sks
Rp 60.000,00/semester
Rp 140.000,00/semester
Program D-IV Kearsipan (sistem paket mata kuliah)
a. Biaya pendidikan
b. Biaya registrasi ujian perbaikan
c. Biaya layanan Administrasi Akademik (lewat masa studi)

Rp 1.500.000,00/semester
Rp 20.000,00/sks
Rp 60.000,00/semester
Program S1 Sistem Paket Semester Non-Pendas FKIP
a. Biaya pendidikan
b. Biaya registrasi ujian perbaikan
c. Biaya layanan Administrasi Akademik (lewat masa studi)

Rp 1.750.000,00/semester
Rp 20.000,00/sks
Rp 60.000,00/semester
2.
Program S1 PGSD
a. Biaya pendidikan
b. Biaya registrasi ujian perbaikan
c. Biaya TAP (perbaikan)

Rp 1.000.000,00/semester
Rp 20.000,00/sks
Rp 140.000,00/semester
Program S1 PGPAUD
a. Biaya pendidikan
b. Biaya registrasi ujian perbaikan
c. Biaya TAP (perbaikan)

Rp 1.450.000,00/semester
Rp 20.000,00/sks
Rp 140.000,00/semester
Program S1 PGSD dan S1 PGPAUD lewat masa studi
a. Biaya registrasi ujian perbaikan
b. Biaya layanan administrasi akademik

Rp 20.000,00/sks
Rp 60.000,00/semester

Keterangan:
*) Biaya belum termasuk biaya praktek dan praktikum, sedangkan untuk mata kuliah PKM sudah termasuk biaya praktek dan ujian.






a. Program Non-Pendas

Bagi mahasiswa Program Non-Pendas besarnya biaya pendidikan per semester
adalah biaya layanan administrasi akademik Rp60.000,00 ditambah jumlah sks yang diambil dikalikan Rp20.000,00 dapat dirumuskan sebagai berikut:
{Rp 60.000,00 + (Jml. sks x Rp 20.000,00)}.

Contoh perhitungan biaya pendidikan program Non Pendas:

  1. Jika mahasiswa mengambil UAS mata kuliah tanpa praktek/ praktikum sebanyak 12 sks, maka besarnya SPP adalah:
    {Rp 60.000,00 + (12 x Rp 20.000,00)} = Rp 300.000,00

  2. Jika mahasiswa mengambil UAS mata kuliah sebanyak 12 sks dan TAP, maka besarnya SPP adalah: {Rp60.000,00 + (12 x Rp20.000,00) + Rp 140.000,00 = Rp 440.000,00

  3. Jika mahasiswa hanya mengambil TAP saja, maka besarnya SPP adalah: Rp140.000,00

b. Program D-IV Kearsipan (Sistem Paket Mata Kuliah)

  1. Program D-IV Kearsipan dalam Masa Studi
    Biaya Pendidikan (paket mata kuliah) per semester sebesar Rp1.500.000,00 (termasuk biaya berkas registrasi pertama, layanan administrasi akademik, bahan ajar, dan tutorial) dan biaya registrasi ujian perbaikan sebesar Rp20.000,00 per sks

    Contoh:

    • Jika mahasiswa hanya meregistrasi paket mata kuliah pada semester yang sesuai, maka besarnya biaya pendidikan Rp1.500.000,00.
    • Jika mahasiswa meregistrasi paket mata kuliah pada semester yang sesuai dan mengambil 9 sks dari semester sebelumnya (registrasi ujian perbaikan), maka besarnya biaya pendidikan adalah Rp1.500.000,00 + (9 x Rp20.000,00) = Rp1.680.000,00.
  2. Program D-IV Kearsipan lewat masa studi.
    Biaya pendidikan meliputi biaya registrasi ujian perbaikan sebesar Rp 20.000,00 per sks dan biaya layanan administrasi akademik Rp 60.000,00 per semester.

    Contoh:

    • Jika mahasiswa hanya meregistrasi ujian perbaikan sebanyak 6 sks, maka biaya pendidikan = Rp 60.000,00 + (6 x Rp 20.000,00) = Rp180.000,00.
    • Jika mahasiswa hanya meregistrasi TAP perbaikan, maka biaya pendidikan = Rp 140.000,00.
    • Jika mahasiswa meregistrasi ujian perbaikan sebanyak 6 sks dan TAP perbaikan, maka biaya pendidikan = {Rp 60.000,00 + (6 x Rp 20.000,00) + Rp140.000,00}= Rp 320.000,00 dengan menggunakan dua TBS-UT yang terpisah karena jenis pembayarannya berlainan


c. Program S1 Sistem Paket Semester (SIPAS) Non-Pendas FKIP

  1. Program S1 Sistem Paket Semester (SIPAS) Non-Pendas FKIP dalam Masa Studi.
    Biaya Pendidikan (paket mata kuliah) per semester sebesar Rp 1.750.000,00 (termasuk biaya berkas registrasi pertama, layanan administrasi akademik, bahan ajar, dan tutorial) dan biaya registrasi ujian perbaikan sebesar Rp20.000,00 per sks.

    Contoh:
    • Jika mahasiswa hanya meregistrasi paket mata kuliah pada semester yang sesuai, maka besarnya biaya pendidikan Rp1.750.000,00.
    • Jika mahasiswa meregistrasi paket mata kuliah pada semester yang sesuai dan mengambil 9 sks dari semester sebelumnya (registrasi ujian perbaikan), maka besarnya biaya pendidikan adalah Rp1.750.000,00 + (9 x Rp20.000,00) = Rp 1.930.000,00.
  2. Program S1 Sistem Paket Semester (SIPAS) Non-Pendas FKIP lewat masa studi.
    Biaya pendidikan meliputi biaya registrasi ujian perbaikan sebesar Rp 20.000,00 per sks dan biaya layanan administrasi akademik Rp 60.000,00 per semester.

    Contoh:

    • Jika mahasiswa hanya meregistrasi ujian perbaikan sebanyak 6 sks, maka biaya pendidikan = Rp 60.000,00 + (6 x Rp 20.000,00) = Rp180.000,00.
    • Jika mahasiswa hanya meregistrasi TAP perbaikan, maka biaya pendidikan = Rp140.000,00.
    • Jika mahasiswa meregistrasi ujian perbaikan sebanyak 6 sks dan TAP perbaikan, maka biaya pendidikan = {Rp60.000,00 + (6 x Rp20.000,00) + Rp140.000,00}= Rp320.000,00 dengan menggunakan dua TBS-UT yang terpisah karena jenis pembayarannya berlainan.

d. Program S1 PGSD
  1. Program S1 PGSD dalam Masa Studi
    Biaya Pendidikan per semester sebesar Rp1.000.000,00 (termasuk biaya layanan administrasi akademik, bahan ajar, tutorial dan berkas registrasi pertama) dan biaya ujian perbaikan sebesar Rp20.000,00 per sks.

    Contoh:

    • Jika mahasiswa hanya meregistrasi paket mata kuliah pada semester yang sesuai, maka besarnya biaya pendidikan Rp1.000.000,00
    • Jika mahasiswa meregistrasi paket mata kuliah pada semester yang sesuai dan mengambil 9 sks mata kuliah dari semester sebelumnya (ujian perbaikan), maka besarnya biaya pendidikan adalah Rp1.000.000,00 + (9 x Rp20.000,00) = Rp1.180.000,00.

  2. Program S1 PGSD lewat masa studi (lewat 10 semester masukan dari SLTA dan 5 semester masukan dari D-II)
    Biaya pendidikan meliputi biaya ujian perbaikan sebesar Rp20.000,00 per sks dan biaya layanan administrasi akademik Rp60.000,00.

    Contoh:

    • Jika mahasiswa hanya meregistrasi mata kuliah ujian perbaikan 6 sks, maka biaya pendidikan = Rp 60.000,00 + (6 x Rp 20.000,00) = Rp180.000,00
    • Jika mahasiswa hanya meregistrasi TAP perbaikan maka biaya pendidikan = Rp 140.000,00 tanpa membeli berkas pendaftaran TAP, cukup menggunakan TBS-UT.
    • Jika mahasiswa meregistrasi mata kuliah ujian perbaikan 6 sks dan TAP perbaikan maka biaya pendidikan = {Rp 60.000,00 + (6 x Rp 20.000,00) + Rp140.000,00}= Rp 320.000,00 dengan menggunakan dua TBS-UT yang terpisah karena jenis pembayarannya berlainan.

e. Program S1 PGPAUD

  1. Program S1 PGPAUD dalam Masa Studi
    Biaya Pendidikan per semester sebesar Rp1.450.000,00 (termasuk biaya layanan administrasi akademik, bahan ajar, tutorial dan berkas registrasi pertama) dan biaya ujian perbaikan sebesar Rp20.000,00 per sks.

    Contoh:

    • Jika mahasiswa hanya meregistrasi paket mata kuliah pada semester yang sesuai, maka besarnya biaya pendidikan Rp1.450.000,00
    • Jika mahasiswa meregistrasi paket mata kuliah pada semester yang sesuai dan mengambil 9 sks mata kuliah dari semester sebelumnya (ujian perbaikan), maka besarnya biaya pendidikan adalah Rp1.450.000,00 + (9 x Rp20.00000) = Rp1.630.000,00.
  2. Program S1 PAUD lewat masa studi (lewat 9 semester masukan dari SLTA dan 4 semester masukan dari D-II PGTK)
    Biaya pendidikan meliputi biaya ujian perbaikan sebesar Rp20.000,00 per sks dan biaya layanan administrasi akademik Rp60.000,00.

    Contoh:

    • Jika mahasiswa hanya meregistrasi mata kuliah ujian perbaikan 6 sks, maka biaya pendidikan = Rp60.000,00 + (6 x Rp20.000,00) = Rp180.000,00
    • Jika mahasiswa hanya meregistrasi TAP perbaikan maka biaya pendidikan = Rp140.000,00 tanpa membeli berkas pendaftaran TAP, cukup menggunakan TBS-UT.
    • Jika mahasiswa meregistrasi mata kuliah ujian perbaikan 6 sks dan TAP perbaikan maka biaya pendidikan = {Rp60.000,00 + (6 x Rp20.000,00) + Rp140.000,00}= Rp320.000,00 dengan menggunakan dua TBS-UT yang terpisah karena jenis pembayarannya berlainan.
    Untuk melakukan pembayaran biaya pendidikan, mahasiswa diwajibkan mengisi TBS-UT (satu TBS untuk satu mahasiswa dan untuk satu jenis pembayaran). Mahasiswa tidak dibenarkan membayar secara kolektif.

    SPP bagi mahasiswa penerima beasiswa diatur oleh UT dan instansi pemberi beasiswa.

4. Harga Bahan Ajar


Untuk mahasiswa program Non-Pendas, harga bahan ajar dapat dilihat pada Daftar Harga Buku yang terdapat di UPBJJ-UT. Sedangkan untuk mahasiswa program Pendas biaya bahan ajar sudah termasuk dalam SPP.

5. Biaya Praktik dan Praktikum
Biaya praktek dan praktikum dirinci sebagai berikut:

  1. Untuk Program Non-Pendas, biaya pelaksanaan dan pengelolaan praktikum belum termasuk dalam biaya pendidikan. Biaya pelaksanaan dan pengelolaan praktikum dibayarkan langsung ke instansi tempat melakukan praktikum
  2. Untuk Program Pendas biaya praktek dan praktikum sudah termasuk
    dalam biaya pendidikan (paket mata kuliah).
  3. Untuk Program Studi Penyuluhan Pertanian, biaya praktikum dibayarkan langsung ke instansi tempat melakukan praktikum, lihat Katalog UT 2008 pada lampiran 9.
  4. Penjelasan lebih lanjut mengenai praktikum dapat dilihat pada Bab Kurikulum untuk masing-masing program studi di Katalog UT 2008.

6. Biaya Permohonan Alih Kredit

Biaya permohonan alih kredit terdiri atas:
  1. Dari Luar UT ke UT Rp350.000,00
  2. Dari UT ke UT Rp100.000,00

Dibayar melalui Bank BTN/BRI dengan menggunakan TBS-UT dengan memilih jenis pembayaran alih kredit.


7. Biaya Tutorial
Untuk program Pendas, UT menyediakan tutorial tatap muka (mata kuliah bertanda T pada tabel struktur kurikulum) dan biayanya sudah termasuk dalam SPP. Biaya tutorial tatap muka atas permintaan mahasiswa (TTM-ATPEM) tidak termasuk dalam SPP. Besarnya biaya TTM-ATPEM dapat ditanyakan kepada UPBJJ-UT setempat.


8. Biaya Pembuatan Transkrip Sementara
Biaya pembuatan Transkrip Sementara sebesar Rp15.000,00 dan dibayar melalui Bank BTN/BRI dengan menggunakan TBS-UT.

9. Biaya Penggantian Kartu Mahasiswa
Biaya penggantian kartu mahasiswa yang hilang sebesar Rp20.000,00 dan dibayarkan melalui Bank BTN/BRI dengan menggunakan TBS-UT.

10. Biaya Transfer
Mahasiswa dapat memilih cara pembayaran biaya pendidikan yaitu melalui Kantor Cabang Bank BTN, Kantor Cabang Pembantu Bank BTN, Kantor Kas Bank BTN, SOPP Bank BTN dengan biaya transfer Rp 3.000,00 per transaksi, atau Kantor Cabang Bank BRI dengan biaya transfer Rp 5.000,00 per trasaksi.

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Register Contact Details

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar