Universitas Negeri Jakarta

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Universitas Negeri Jakarta
Akronim : UNJ

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi DKI Jakarta
Kota Jakarta
Alamat Universitas Universitas Negeri Jakarta memiliki beberapa kampus yang menjadi pusat kegiatan akademik maupun penunjang lainnya.

Kampus Rawamangun (Kampus A) terletak di kompleks UNJ Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur sebagai kampus pusat. Kantor Rektorat dan perangkatnya, FIP, FT, FIS, FBS dan PPs ada di kampus tersebut.

FMIPA dan FIK terletak di Kampus Jl. Pemuda (Kampus B), Jakarta Timur.

Selain itu Universitas Negeri Jakarta masih mempunyai Kampus Halimun (Kampus D), Kampus Setiabudi (Kampus E), dan Kampus Achmad Dahlan (Kampus F) di Jakarta Selatan
Kode Pos 13220
Telp 021-4893854
Telp2 021-489-0046
Fax 021-4893854
Email unj@unj.ac.id
Website http://www.unj.ac.id

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Jumlah Pengajar 915

PENGETAHUAN

Deskripsi

Universitas Negeri Jakarta (Universitas Negeri Jakarta; selanjutnya UNJ singkatnya) adalah satu-satunya universitas negeri yang berlokasi di Jakarta, ibukota Indoensia. Memiliki lebih dari 14.000 mahasiswa dari seluruh penjuru negeri dan sejumlah siswa pertukaran dari Korea dan Malaysia. Umber ini berkembang, sejalan dengan perkembangan dan perluasan universitas fasilitas dan layanan. Saat ini ada 860 staf akademik, di antaranya 100 profesor penuh, 80 PhD dan beberapa ratus Mater pemegang gelar dari luar negeri yang terkemuka dan lokal universitas.

Kampus

UNJ kampus tersebar adalah Timur dan Jakarta Selatan. Kampus utama, Kampus A dan Kampus B, berada di kawasan Rawamangun, di Jakarta Timur, berjalan kaki dari satu sama lain. Kedua kampus berada di jalan utama Jalan Daksinapati dan Jalan Pemuda, tidak jauh dari Cawang - Tanjung Priok jalan tol keluar, dan dapat diakses oleh berbagai tranportations publik. Dari Sukarno - Hatta bandara untuk kedua campusses akan membawa Anda ke super tradisional, dan hypermarket. Dan, jika anda membutuhkannya, ke RS Persahabatan. Pusat Bahasa Nasional, dengan luas perpustakaan di lenguages dari archipellago juga bersebelahan dengan Kampus A. Kampus B menawarkan fasilitas olahraga yang modern, baik pusat kesehatan eguiped dan gymn. Tiga kampus yang berada di Jalan Halimun, Jalan KHAchmad Dahlan, dan Jalan Setiabudi, di Jakarta Selatan. Setiap orang bisa dengan mudah dicapai oleh trnportation publik. Jumlah kampus UNJ mencerminkan keyakinan bahwa 'Kecil itu indah' ada dengan memprioritaskan estetis budaya dan lingkungan belajar yang seimbang.

Visi, Misi dan Tujuan

Dikonversi dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) dengan Keputusan Presiden No.93, August 4,1999, UNJ telah melebar bukan hanya fokus ke pelatihan profesional di bidang pendidikan, tetapi juga kepada mereka yang non-bidang pendidikan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya di semua tingkatan. Bahkan, selama 36 tahun dari keberadaannya sebagai lembaga pelatihan guru, itu telah menghasilkan lebih dari 45,000 lulusan yang bekerja di seluruh negara, bukan hanya sebagai guru dan pendidik, tetapi juga sebagai profesional diterima dengan baik di bidang non pendidikan. UNJ berkomitmen untuk mencapai keunggulan dalam pengajaran, penelitian, dan beasiswa, sementara mengarah pada tujuan yang lebih ambisius untuk menjadi pemimpin dalam educationin lebih tinggi tahun 2020.

Program Studi

44 universitas menawarkan program studi dalam 29 departemens dari 6 fakultas. Kursus yang ditawarkan mencakup serangkaian SI (under-graduate) program, sejumlah S2 (master) dan S3 (Doktor) program. Selain itu, program-program non-gelar dan diploma kursus juga ditawarkan pendidikan non-lulusan yang ingin bekerja sebagai guru, sertifikat kursus yang tersedia melalui program Akta-5. Program S1 meliputi 144-untuk-160-kredit tobe kuliah yang telah dicapai dalam jangka waktu 14 semester, pada maksimum. Lulusan S1 untai pendidikan diberikan gelar S. Pd, dan orang-orang non-educationnal untai diberikan dengan berbagai judul yang khusus digunakan untuk bidang studi atau keterampilan yang bersangkutan.

S1 siswa reguler dipilih melalui tes masuk universitas negeri, yang disebut sebagai Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau UMPTN, untuk jangka pendek, dan juga melalui sistem seleksi yang disebut Tracing Minat dan Kemampuan (Penelusuran Minat dan Kemampuan atau PMDK, singkatnya ). Selain itu, sejumlah departemen, termasuk Departemen Olahraga, Departemen Seni Visual, Musik Departemen, dan Departemen Dance, mengharuskan mahasiswa masuk melalui tes khusus sebelum diterima.

Para Program S2 kredit meliputi 36 mata kuliah yang harus diselesaikan dalam rentang Tim dari 4 semester sampai 10 semester. Program S3 kredit meliputi 40 mata kuliah yang harus diselesaikan dalam jangka waktu dari 5 semester sampai 10 semester. Beberapa fakultas yang menawarkan berbagai kursus non-gelar program, termasuk kualifikasi polytechinc-kursus diploma D2 dan D3, dan Akta -4 sertifikat kursus pendidikan non-mahasiswa yang tertarik untuk menjadi senior guru sekolah tinggi.

Sebuah Program Transfer (Alih Program) yang diberikan untuk mereka yang ingin meng-upgrade D1, D2, D3 kualifikasi untuk S1.

Visi

Menjadi Universitas yang memiliki keunggulan kompetitif dalam membangun masyarakat Indonesia yang maju, demokratis dan sejahtera berdasarkan Pancasila di era globalisasi.

Misi
  1. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia dan lingkungan.
  2. Menyiapkan tenaga akademik dan/atau profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri di bidang pendidikan dan nonkependidikan guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan.
  3. Mengembangkan ilmu dan praksis kependidikan dalam rangka mempercepat pencapaian pembangunan pendidikan nasional.
  4. Mengembangkan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu, teknologi, dan seni yang berdaya guna dan berhasil guna.
  5. Menciptakan budaya akademik yang kondusif bagi pemberdayaan semua potensi kemanusiaan yang optimal dan terintegrasi secara berkesinambungan.
  6. Memfungsikan dirinya selaku universitas yang mampu menerapkan prinsip-prinsip entrepreneurship dalam kinerjanya secara berkesinambungan.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Jumlah Mahasiswa 20468
Aktivitas Sosial


Unit Kegiatan Mahasiswa

 Beragam jenis kegiatan mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta yang kesemuanya bertujuan untuk mengembangkan bakat mahasiswa sesuai bidang keminatannya masing-masing. Unit kegiatan juga merupakan wadah mahasiswa mengatasi kejenuhan dengan kegiatan perkuliahan sehari-hari. Dengan mendapatkan pengalaman tambahan, mahasiswa dapat menggali nilai tambah dari kegiatannya, agar dapat dipergunakan ketika lulus dari Univeritas Negeri Jakarta kelak.

Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa antara lain :

  • Unit Kesenian Mahasiswa (UKM)

Unit Kesenian Mahasiswa adalah organisasi kemahasiswaan yang bergerak dalam bidang kesenian. Keberadaannya ditujukan sebagai fasilitator dan akomodator bagi para mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang berminat dalam meningkatkan apresiasi seni dan mengembangkan bakat dan keseniannya.

UKM didirikan pada 24 April 1982 dan hingga kini telah banyak kontribusi diberikan dan prestasi yang diraih. Oleh ketua pertamanya La Ode Pria Pri Satria, UKM di dalamnya memiliki 11 sub unit kegiatan kesenian. Namun saat ini dirampingkan menjadi 5 sub unit kegiatan seni, yaitu : sub-unit Band, sub-unit Seni Suara, sub-unit Sastra dan Drama (Sasdram), sub-unit Sanggar Seni Rupa Rawamangun (S2R2), dan sub-unit Tari. Setiap sub-unit tersebut telah memiliki kurikulum latihan, program pembinaan, dan sistem monitoring yang dilakukan secara berkala.

UKM menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai pihak dalam setiap penyelenggaraan acara. Kerja sama yang telah dijalin, antara lain dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat dalam mengisi acara paduan suaranya, 1986; pementasan dan seminar Lenong dengan Pusat Persahabatan Indonesia-Amerika (PPIA), 1989: workshop teater dan tari; festifal paduan suara tingkat mahasiswa se-Jadebotabek, kerjasama dengan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, 2002; dan sebagainya.

Dosen pembimbing UKM adalah Prof.Dr. Thamrin Abdullah,M.M, M.Pd.

Saat ini UKM bersekretariatan di Gedung G Lantai 2 No.205, Kampus A.

Telp : (021) 4786 7889. E-mail : ukm-unj@hotmail.com

Prestasi

Prestasi yang pernah diraih UKM baik tingkat perguruan tinggi, nasional, maupun regional di antaranya adalah :

  • Juara I Lomba lawak Bergengsi HUT DKI ke-469, 1996.
  • Juara II Lomba Lenong Remaja, DKI Jakarta, 1997.
  • Juara II Lomba Humor Ala Mahasiswa, RCTI, 1998.
  • Juara I Lomba Humor Lembaga Homur Indonesia, 2000.
  • Juara II Lomba Pop Singer Antarperguruan Tinggi se-DKI Jakarta, Dinas Kebudayaan DKI, 2000.
  • Juara II Festifal Teater se-Jadebotabek, Komunitas Teater Taman Asri Perbanas, 2004.

Kegiatan

UKM belum lama ini menyelenggarakan Lomba Pop Singer se-UNJ dan Festival Band, Workshop Dance. Saat ini salah satu organisasi besar di UNJ ini tengah mempersiapkan regenerasi pengurusnya.

  • Kelompok Mahasiswa Peminat Fotografi (KMPF)

Berdiri sejak 8 November 1980 dan diresmikan oleh H. Thaher Husen. KMPF yang hingga saat ini beranggotakan 1008 orang, merupakan wadah kemahasiswaan di UNJ yang bergerak di bidang fotografi. Komunitas fotografi di UNJ ini didirikan dengan tujuan sebagai berikut :

  • Menghimpun anggota, mengarahkan minat dan bakat dalam bidang fotografi.
  • Memberikan pengetahuan fotografi baik sebagai pendidikan ataupun foto artistik.
  • Memasyarakatkan fotografi pada penalaran Tri Dharma Perguruan Tinggi .

KMPF bersekretariatan di Gedung G Lantai 2 No. 204, Kampus A.

Telp : (021) 4753072

Kegiatan

25 tahun sudah KMPF-UNJ turut mewarnai kancah dunia fotografi Indonesia, selama itu pula KMPF-UNJ berusaha tetap eksis dengan melakukan berbagai kegiatan, diantaranya adalah ;

  • Kursus Fotografi Sehari (SUSFIRI) tahun 1998
  • Festifal Fotografi I tahun 2000
  • Pameran Foto “Nuansa Jakarta” di Mall Atrium senen tahun 2002
  • Ekspedisi Gunung Bromo
  • Festifal Fotografi II tahun 2004
  • Seminar Digital “Digital dalam Dunia Fotografi Komersial” tahun 2005
  • “Pameran Foto Kebudayaan Betawi” di Mangga Dua Square tahun 2006
  • Pameran Foto “Baduy Emas di Selatan Banten” bersama 11 klub fotografi mahasiswa se-Jakarta dan Depok
  • Hunting dan Pameran Bersama “Aku Harus Pulang” bersama klub fotografi mahasiswa se-Jakarta Timur.
  • Pameran Foto “EyeMotion Djakarta” di Galeri Oktagon bersama klub fotografi se-Jakarta
  • Unit Kegiatan Olahraga (UKO)

Unit Kegiatan Olahraga merupakan salah satu wadah mahasiswa yang bergerak dibidang keolahragaan tertinggi di Universitas Negeri Jakarta. Berdiri pada tanggal 12 Desember 1985, dan diketuai oleh Drs. Octavianus Matakupan, M.Pd.

Latar belakang UKO Mahasiswa UNJ adalah untuk memberikan kesempatan mengembangkan minat dan bakat olahraga kepada mahasiswa UNJ guna menjalankan tri dharma perguruan tinggi sebagai pengabdian kepada almamater. UKO mahasiswa UNJ didirikan berdasarkan kehendak dan kebutuhan mahasiswa UNJ khususnya di bidang olahraga melalui surat keputusan rektor UNJ tertanggal 12 Desember 1985.

Tujuan umum :

Membentuk dan mewujudkan potensi sumber daya manusia yang berjiwa pancasila.

Tujuan khusus :

  • Membina dan mengembangkan potensi mahasiswa UNJ dalam berorganisasi dan berolahraga.
  • Membentuk mahasiswa UNJ yang sehat jasmani dan rohani serta memiliki jiwa yang sportif.
  • Membina dan meningkatkan prestasi atlit UNJ.

Saat ini UKO bersekretariatan di Gedung G No.202, Kampus A.

Telp : (021) 47865574. Email : ukounj_jaya@yahoo.com

Kegiatan

UKO terdiri dari 22 cabang olahraga diantaranya : sepak bola, bola volley, bola basket, sepak takraw, pencak silat, hockey, bulu tangkis, tae kwon do, judo, karate, kempo, renang, atletik, dayung, gulat, anggar, tenis meja, panahan, senam aerobik, panjat tebing, tenis lapangan, base ball. Baru-baru ini mengadakan Rektor Cup XVI 2006 pada 28 sampai 2 Desember 2006 lalu di Gedung Serba Guna, kampus B UNJ.

Prestasi UKO antara lain :

  • 17-24 Januari 2004 Kejuaraan HOKI Ruang Antar Perguruan Tinggi ISTN ; Juara 2 Putra dan Juara 2 Putri
  • 16-19 Januari 2004 Friendship Karate open Tournament ; 1 Emas, 1 Perak, dan 1 Perunggu
  • 9-13 Februari 2004 Invitasi Bola Basket "Drible Your Energi“
  •  24-27 Februari 2004 Panahan Indoor Tingkat Nasional "Ganesha open 2004“ ; Juara Umum 1  
  • Lembaga Pers Mahasiswa Didaktika (LPM Didaktika)

Didaktika lahir sejak tahun 1969. Berangkat dari idealisme mahasiswa, Didaktika tidak langsung terbit dalam bentuk majalah seperti sekarang melainkan ada tahapan-tahapannya. Memasuki tahun 1980-an, Didaktika berubah bentuk menjadi koran sebanyak 12 halaman. Namun hal ini tidak berlangsung lama, format majalah menjadi pilihan awak Didaktika dalam menyebarkan gagasan serta ide-idenya, ini dibuktikan dengan majalah Didaktika terbitan 1982 edisi 3. Dan isinya antara lain, optik, mahasiswa dan politik, beberapa catatan fungsi dan kelembagaan mahasiswa intra dan extra, penyair yang tersihir, mencari modus tentang lahirnya pancasila, hadiah sang kekasih, Wilhelm Conrad Roentgen, Bila bung sumpah Martha.

Selanjutnya, majalah Didaktika terus mempertahankan bentuk majalah hingga sekarang dengan waktu penerbitan empat bulan sekali. Namun dengan bentuk yang terus mengalami perkembangan dan kemajuan dari tahun sebelumnya. Baik itu dari jumlah halaman maupun rubrik. Sebagai contoh pada tahun 2002, belum ada kolom ruang sastra namun memasuki tahun 2004, kolom tersebut mulaii hadir. Tak hanya majalah saja, Lembaga Pers Mahasiswa Didaktika juga menerbitkan buletin tiga mingguan sekali yang bernama Haluan Mahasiswa yang isinya lebih terfokus pada masalah kampus. Demi menyalurkan gagasan dan opini setiap anggota dan pengurus Didaktika maka terbit pula sebuah media bernama NewsLetter yang hadir seminggu sekali.

Sekretariat LPM Didaktika : Gedung G Lantai 3 No. 304, Kampus A.

Telp : (021) 47865543. Email : di_didaktika@plasa.com

Kegiatan

Di luar menulis, Lembaga Pers Mahasiswa Didaktika berusaha membangun komunitas diskusi sebagai alat asah pemikiran sekaligus basis sebuah tindakan. Salah satunya dengan mengadakan diskusi tematik pendidikan setiap hari jumat yang membedah masalah pendidikan dari berbagai sudut pandang keilmuan, contohnya strukturalisme, marxisme, hermeunetik, postmodern.

Selain itu berbagai masalah sosial turut dianalisa oleh Didaktika dengan tujuan mendekatkan kawan-kawan pada realitas sosiall yang ada. Didaktika juga mengadakan kegiatan hunting di wilayah Jakarta yang tentunya dekat dengan problem sosial. Terkadang, Didaktika juga menajlin kerja sama dengan organisasi mahasiswa tingkat jurusan dalam pemutaran film.

Didaktika telah membangun jaringan dengan media kampus lainnya dengan wadah yang bernama Forum Komunikasi Pers Mahasiswa se-Jakarta (FKPMJ) yang terbentuk 12 Juni 1992. Berdasarkan keputusan kongres pada 31 januari 2004, kini FPMJ meluaskan wilayahnya hingga Bogor, Tangerang, Bekasi maka namanya berubah menjadi Forum Mahasiswa Jabotabek.

 

  • Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra (KMPA-Eka Citra)

Keluarga Mahasiswa Pecinta Alam Eka Citra adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang berada di lingkungan UNJ yang bergerak dalam bidang kepecintaalaman. Dalam kesehariannya, KMPA Eka Citra melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kepecintaalaman yang bertujuan untuk menciptakan orang-orang yang memiliki kemampuan dan disiplin serta memiliki suatu kepedulian terhadap lingkungan yang semakin hari semakin rusak oleh tindakan orang yang tidak bertanggung jawab.

Sekretariat KMPA Eka Citra di Gedung G Lantai 2 No. 203, kampus A.

Telp : 081380250386 (Desi)

Kegiatan

Kegiatan yang terlaksana adalah Temu Wicara dan kenal Medan XVIII Mahasiswa Pecinta Alam se-Indoensia bertempat di Universitas Negeri Semarang bulan 12-18 September 2006.

Belum lama ini mengadakan Kodiklatsar yaitu pendidikan dasar untuk calon anggota baru.

KMPA Eka Citra UNJ terdiri dari Divisi Rafting, Arung Jeram, Caving, Climbing, Lingkungan Hidup.

Kerja sama juga kerap dilakukan dengan komunitas pecinta alam di universitas lain, dalam bentuk kerja sama peralatan dan melakukan pendakian bersama.

  • Resimen Mahasiswa (Menwa)

Didirikan dengan melandasi sikap pejuangan pengabdian Resimen Mahasiswa kepada Bangsa dan Negara Indonesia tercinta.

Resimen Mahasiswa mempunyai visi dan misi sebagai berikut:

Visi : Mewujudkan semangat Patriotisme dan Nasionalisme dalam rangka Bela Negara Republik Indonesia

Misi : Memberikan Pendidikan Kewiraan dan Latihan Dasar Kemenwaan kepada anggota., mengadakan Latihan Kader Pelaksana, Kader Kepemimpinan, dan latihan gabungan Menwa Indonesi,. melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, penelititan, napak tilas memperingati sejarah perjuangan bangsa.

Menwa kini bersekretariatan di Gedung G Lantai 1 No. 107, Kampus A.

Telp : (021) 47867343

Kegiatan

Bentuk-bentuk kegiatan yang diadakan oleh Resimen Mahasiswa Jayakarta Satuan Universitas Negeri Jakarta meliputi :

1. Kegiatan Periodik

  • Pendidikan Dasar Kampus
  • Pendidikan Dasar Bela Negara Rindam Jaya
  • Kursus Kader Pelaksana (Suskalak)
  • Kursus Kader Kepemimpinan (Suskapin)
  • Kursus Pelatih Nasional (Suspelat)
  • Pendidikan Provoost (DikProv)
  • Pembaretan
  • Pam Wisuda
  • Pam SPMB
  • HUT Satuan
  • Rapat Kerja Satuan
  • Buka Puasa Bersama
  • Halal Bihalal
  • Gladi Sehat dan Galdi Bersih dll.

2. Kegiatan Insidental

  • Latihan Pemantapan (Latap)
  • SAR
  • Kursus Dinas Staf (KDS)
  • Kursus Intelijen
  • Kursus Matra Polri
  • Bazar
  • Lomba PBB
  • Lomba Olah Raga
  • Napak Tilas
  • Bakti Sosial
  • Relawan Bencana Alam
  • Seminar
  • Konggres Pemuda Nasional
  • Upacara Peringatan Kemerdekaan RI
  • Upacara Hardiknas dll.

Dari sekian banyak bentuk-bentuk kegiatan yang ada, kegiatan yang sudah dilaksanakan adalah Pendidikan Dasar Kampus, Pendidikan Dasar Bela Negara Rindam Jaya di Condet, Suspelatnas di Malang, Pam Wisuda Satuan dan Universitas Syahid, Pam SPMB, HUT Satuan, Buka Puasa Bersama, Halal Bihalal, Gladi Sehat dan Gladi Bersih, Latihan Pemantapan Siaga Operasi Penanggulangan Bencana dan Pengungsi (LATAP SIOP PBP), Napak Tilas, HUT RI dan Seminar Komunis.

Adapun kegiatan yang belum dilaksanakan adalah pembaretan, Gebyar MENWA, sunatan massal, bazaar, Lomba Peraturan Baris-Berbaris (LPBB), Pendidikan Provoost (DikProv), Kursus Dinas Staf (KDS), Kursus Intelejen, Kursus Kader Pelaksana (Suskalak), Rapat Kerja Satuan, Kursus Kader Kepemimpinan (Suskapin), Konggres Pemuda Nasional, Relawan Bencana Alam dan lomba olah raga.

Kerjasama

Dalam melaksanakan sebuah kegiatan Resimen Mahasiswa melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dan instansi antara lain :

  • KOMANDO NASIONAL MENWA INDONESIA
    • STAF KOMANDO RESIMEN MAHASISWA JAYAKARTA
    • WALIKOTA JAKARTA TIMUR
    • BADAN SAR NASIONAL
    • DINAS OLAHRAGA DAN PEMUDA DKI JAKARTA
    • KODIM 0505 JAKARTA TIMUR
    • POLRES JAKARTA TIMUR
    • MENPORA
    • DEPDIKNAS
    • DEPDAGRI
    • DEPHANKAM
    • SUDIN KEBERSIHAN JAKARTA TIMUR
    • DIRJEN BEA & CUKAI
    • SUDIN PERHUBUNGAN JAKARTA TIMUR
  • Racana (Pramuka)

Racana merupakan organisasi di bidang kepramukaan tingkat univeristas dengan jenjang pandega. Pertama kali berdiri tahun 1981 tepatnya tanggal 14 Februari, namun telah dirintis sejak 1979. Pendirinya adalah Prof.Dr.Soegeng Santoso (Sekretaris Eksekutif Lembaga Akta Mengajar UNJ).

Forum tertinggi di Racana adalah Raker Musyawarah Racana.

Visi : Sebagai wadah persemaian calon pembina gerakan pramuka dan pembangun bangsa.

Misi : Menyiapkan kader gerakan pramuka yang profesional, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui wadah gerakan pramuka (Racana)

Racana bersekretariatan di Gedung G lantai 3 No. 306, Kampus A.

Telp : 08561398650 (Asep)

Kegiatan

Kegiatan terprogram antara lain :

  • Pelantikan Pengurus Dewan Racana 3-4
  • Latihan Rutin
  • Perjalanan suci
  • Pengembaraan
  • Lomba Kepramukaan Penggalang
  • Renungan hati
  • Latihan Manajemen Kepramukaan (LMK)
  • Pencar
  • Bakti Racana
  • Seminar Calon Pandega (Secapa)
  • Upgrading pengurus
  • Study Ilmiah Racana (STIR)
  • Bimbingan Penulisan Ilmiah (BPI)
  • Pendadaran

Pembina Gugus Depan Racana adalah Drs. Komarudin M.Si (Lemlit UNJ), Dra. Erda Kamarudin. Racana UNJ juga melakukan loka bakti wisata pramuka pndega nasional, serta kegiatan pastisipatifnya antara lain Pengawasan Penelitian dan Evaluasi.

  • Koperasi Mahasiswa (Kopma)

Koperasi Mahasiswa merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang berada di lingkungan Universitas Negeri Jakarta.

Melalui hasil rapat pembentukan tanggal 25 Mei 1991 dibuatlah AD/ART yang digunakan sebagai landasan operasional KOPMA UNJ. Adapun pendiri KOPMA pada saat itu adalah: Syaiful Rahman, Rachiman, Diana Sinta, Dayat, dan A. Ginto.

Kemudian pada tanggal 15 November 1991 para pendiri KOPMA mendaftarakan KOPMA untuk mendapat legalitas yang sah dari Departemen Koperasi berdasarkan UU Perkoperasian No.12 tahun 1967. Dan pada tanggal 21 April 1992 mendapat nomor badan hukum dengan nomor 2877/B.H/1. Dengan demikian KOPMA telah memilikii ketentuan hukum yang sah.

Sejalan dengan perkembangan perkoperasian, maka AD/ART KOPMA UNJ disesuaikan dengan UU. No 25 tahun 1992 tanggal 8 Desember 1997 KOPMA mengadakan Rapat Anggota Khusus untuk mengadakan perubahan AD/ART baru. Dan tanggal 10 januari 1997 mendapatkan Nomor Badan hukum baru, dengan No.05/B.H/PAD/KWK.9/I/1997

Saat ini KOPMA UNJ memiliki usaha yang terdiri dari rental komputer, toko, toko buku, cafetaria, fotokopi, LPK.

Sekreriatan KOPMA di Gedung G. Lantai 1 No.104

Telp : (021) 9176638

Kegiatan

Rental Komputer KOPMA ada di Gedung A lantai 1 dan Gedung G lantai 1. Tujuannya adalah memberi fasilitas yang berbeda pada setiap pemakai jasa layanan rental komputer, dengan harga yang bervariasii pada setiap transaksi. Dan khusus untuk anggota dikenakan potongan 10%.

Cafetaria KOPMA bertempat di Gedung A lantai 1. Menyajikan berbagai macam hidangan dan staff kantinnya berasal dari anggota KOPMA berbagai macam jurusan, yang menjadikan kantin ini tambah akrab di berbagai jurusan.

  • Kelompok Mahasiswa dan Alumni Penerima Beasiswa Supersemar (KMA-PBS)

Keluarga mahasiswa dan alumni penerima beasiswa Supersemar ( KMA PBS) UNJ merupakan organisasi yang berdiri di UNJ yang bernaung di bawah Yayasan Supersemar yang bergerak di bidang pendidikan yang telah berdiri sejak tanggal 16 Mei 1974 di mana anggotanya adalah para penerima beasiswa Supersemar. Para penerima beasiswa tersebut tertampung dalam satu wadah yaitu KMA PBS UNJ sebagai salah satu cabang KMA PBS yang ada di universitas-universitas negeri.

KMA PBS UNJ bersekretariatan di Gedung G Lantai 3 No.303, Kampus A.

Kegiatan

Orientasi kerjanya berbeda dengan unit-unit lain yang ada di universitas ini. Orientasi kerja KMA PBS lebih kepada kebijakan intern yaitu sesama anggota dan dari anggota melakukan musyawarah guna menjalankan kegiatan yang dianggap dapat bermanfaat, jadi tidak terkait dengan satu tujuan yang kekhasan unit yang ada di UNJ ini yang memfokus pada satu bidang kreatifitas contoh keolahragaan, jurnalistik dan musik. Di mana bagian-bagian tersebut sudah dii pegang dengan unit-unit tersendiri.

Program kerja KMA PBS yang telah dihasilkan dari musyawarah anggota atau Rapat tahunan Anggota (RTA) yaitu berupa :

  • Bedah Buku (Independen atau bekerja sama dengan penerbit)
  • Seminar
  • Studi banding ke KMA PBS di PTN lain.
  • Kunjungan ke KMA PBS Pusat.
  • Pelatihan Jurnalistik
  • Anjangsana ke UKM lain.
  • Diskusi masalah-masalah kontemporer
  • Pelatihan kepemimpinan
  • Penerimaan anggota baru di awal periode
  • Lembaga Kajian Mahasiswa (LKM)
 

LKM merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa dii lingkungan UNJ yang bergerak dalam bidang penalaran dan senantiasa membekali anggotanya dengan kemampuan retorika, presentasi, moderasi, orasi, diskusi, pembawa acara, debating, persidangan, analisis berpikir, penulisan karya ilmiah dan penulisan esai sebagai suatu upaya mewujudkan cita-cita tri dharma perguruan tinggi.

Tujuan umum LKM UNJ :

Sebagai wadah yang bertujuan mengembangkan wawasan ilmiah dan penalaran mahasiswa yang kritis dan dinamis demi tercapainya insan akademis yang bermoral dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

Tujuan khusus LKM :

  • Menghimpun dan membina mahasiswa UNJ dalam bidang kajian, penulisan, retorika dan pengembangan kepemimpinan.
  • Mengembangkan pemikiran kritis, kreatif dan strategis melalui kajian aktual kontemporer.
  • Membangun budaya menulis yang memiliki nilai pencerahan dan berdaya guna
  • Mengembangkan karakter public speaker yang etis-komunikatif
  • Menumbuhkan potensi kepemimpinan yang integral dan profesional
  • Meningkatkan daya nalar secara jelas dan berkesinambungan dalam upaya pembinaan anggota LKM UNJ
  • Memberikan sumbangsih nyata dalam bidang penalaran kepada masyarakat umum dan civitas akademika UNJ.

 

LKM UNJ memiliki prinsip Moralitas, Egaliter, Demokratis, Independen, dan sikap ilmiah yang disingkat MEDIS. Motto LKM adalah Berpikir Cerdas Berpijak pada Kebenaran.

Sekretariat LKM di Gedung G Lantai 1 No.305, Kampus A.

Telp : 081511222502 (Hanif)

Kegiatan

Program Kerja LKM :

  • Kajian Reboan (Kajian Rutin Anggota) setiap rabu pukul 16.00 WIB
  • Endy Barenz (Talkshow Bahasa Inggris) 1 bulan sekali
  • Distrik (Diskusi Interaktif)
  • Kajian X’tra (Kajian Malam) setiap hari jumat pukul 19.00 WIB
  • DAKU besar (Bedah Buku Besar)
  • DAKU Rutin (Bedah Buku Rutin) setiap hari senin 2 minggu sekali
  • P2E KREATIS (Pelatihan Penulsian Esai Kreatif dan Kritis)
  • WALIS (Wajib Menulis)
  • Jurnal LKM
  • Lomba Esai dan Resensi Buku
  • Ajang Karya Tulis Mahasiswa
  • Pelatihan Penulisan dan Presentasi Ilmiah
  • Pelatihan Public Speaking
  • Lomba Public Speaking
  • Profesional MC
  • Visit to TV Station
  • Public Speaking Day (2 minggu sekali)
  • Pelatihan Persidangan
  • Pelatihan Manjerial
  • OAB (Orientasi Anggota Baru) dan follow up
  • Buku Pedoman LKM
  • E-Expo (Education Expo)
  • Roadshow MPA (Masa Pengenalan Akademik)
  • Studi Komparatif
  • Silaturahmi Akbar
  • Buletin LKM
  • LKM dot com

Prestasi

LKM telah mencetak berbagai prestasi baik dari tingkat UNJ, tingkat wilayah (Jawa-Sumatera), dan tingkat nasional. Tingkat UNJ antara lain Juara I Lomba Karya Tulis Mahasiswa bidang syariah tahun 2006, Juara I LKTM Bidang IPS tahun 2006, menjadi MC di berbagai acara, serta banyak lagi.

Di tingkat wilayah, LKM pernah menjadi Juara III LKTM Bidang IPS tahun 2006, Juara Harapan I Lomba Menulis Cerita Betawii Perpustakaan Daerah DKI Jakarta, serta menulis artikel di media massa, dan lain-lain.

Di tingkat nasional, Finalis Pemikiran Kritis Mahasiswa Bidang Pendidikan Tahun 2005, Juara I Pemilihan Raja Buku Indonesia 2005, MC Seminar Nasional YEH 2005, MC Seminar Nasional Model Pembelajaran Multimedia I & II Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas 2006, dan lain-lain.

<style type="text/css"> <!-- .style1 {font-size: 12px} --></style>
  • Kelompok Peneliti Muda (KPM)
Kelompok Peneliti Muda merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa di Universitas Negeri Jakarta yang bergerak di bidang penelitian dan penalaran. Kelompok Peneliti Muda memiliki tema besar “Menelitii Membangun Bangsa” yang dalam perjalanannya sebagai organisasii hingga saat ini telah berumur 8 tahun. KPM berdiri sejak tanggal 16 Agustus 1998 di Kampus B UNJ. Dengan adanya unit kegiatan mahasiswa ini diharapkan mahasiswa dapat menjadi regenerasi dan embrio intelektual baru dalam melakukan riset dan investigasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Sekretariat KPM di Gedung G Lantai 1 No.106, Kampus A.

Telp : 081807803880 (Eko). Email : kpm_ok@yahoo.com

Kegiatan yang telah dilakukan KPM antara lain :

  • Pelatihan dan pembinaan penelitian sederhana
  • Kajian penelitian tiap minggu sekali
  • Kunjungan ke Badan Pusat Statistik
  • Observasi dan Penelitian ke kepulauan seribu
  • Melakukan polling tentang UNJ-BW kepada seluruh mahasiswa UNJ
  • Launching buletin hasil penelitian tiap 3 bulan sekali
  • Pelatihan teknik analisis data
  • Pelatihan dasar-dasar penelitian kuantitatif
  •   Kelompok Sosial Pecinta Anak (KSPA)
KSPA adalah organisasi di bidang sosial, yang menyelenggarakan TK keliling untuk anak-anak pra sejahtera, dan KSPA adalah tempat berkumpul mahasiswa yang memiliki kecintaan dengan dunia pendidikan anak dan ingin memajukan pendidikan di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1982, TK Keliling mulanya beroperasi di dua lokasi, yaitu Pasar Senen dan Pangadegan dengan 40 orang murid. Dosen pembimbing KSPA saat ini adalah Drs. Hermanto, M.Si.

Tujuan :

  • TK Keliling adalah kegiatan sosial yang ide, pengelolaan, dan pelaksanaannya dilakukan oleh mahasiswa, maka tujuannya adalah memberikan bantuan pelayanan pendidikan secara cuma-cuma kepada anak-anak usia pra sekolah yang berlatar belakang ekonomi lemah.
  • Terciptanya pemerataan dalam mendapatkan pendidikan
  • Memberikan kesempatan kepada anak-anak tersebut mendapat tempat beraktualisasi diri sesuai dengan perkembangannya.

KSPA bersekretariatan di gedung G lantai 1 No. 102, Kampus A.

Telp : (021) 47865469

Email : kspa_tkkeliling@yahoo.com

Saat ini KSPA mempunyai 6 cabang tk keliling, yaitu di Rawamangun, Kampung Bandan, Duren Sawit, Tanah Tinggi, Cipinang, Manggarai. Dan saat ini terdaftar 126 anak didik yang diajar setiap dua minggu sekali.

Lokasi pengajaran sebelum tahun 2006 :

  • Tahun 1982-1983 Pasar Senen dan Pangadegan
  • Tahun 1983-1984, 2 lokasi yang sama
  • Tahun 1984-1985 2 lokasi
  • Tahun 1985-1986 5 lokasi di Jakarta, Depok dan Bekasi
  • Tahun 1986-1987 6 lokasi
  • Tahun 1987 1988 6 lokasi
  • Tahun 1988-1994 5 lokasi
  • Tahun 1994-1995 7 lokasi

Kegiatan rutin :

  • Rapat rutin pengajar tiap bulan
  • Perpisahan dan rekreasi TK setiap tahun
  • Gema Bakti Taruna Bina Manggala Wira Candra (GBTBMWC)
  • Pelatihan kependidikan
  • Latihan Muda Mitra Kependidikan Anak (LMMKA) yang diadakan setiap tahun sebagai prosedur calon anggota baru
  • Pembekalan pengajar tiap tahunnnya
  • Kunjungan lokasi setiap tiga bulan sekali
  • Butik Antik (Bakti sosial ke daerah sekitar TK)

Dan dalam waktu dekat ini KSPA akan mengadakan Children Expo pada 17 Februari 2007.

  • Kelompok Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI)

Adalah organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang kemanusiaan, sosial, dan kesehatan. Didirikan pada 10 Mei 1994 oleh mahasiswa IKIP Jakarta (sekarang UNJ). KSR selain di bawah naungan UNJ juga di bawah naungan PMI Cabang Jakarta Timur. Dosen Pembimbing DR.dr. James Tangkudung, M.Pd. Sport Med (Asisten MENPORA, Pengurus KONI Pusat, Dosen Fak. Ilmu Keolahragaan UNJ, Pengisi Rubrik Kesehatan Majalah Men’s Health ). Sampai saat ini KSR telah beranggotakan 205 orang (angkatan I – XIV).

Visi : Membentuk anggota yang menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai kepalangmerahan dan Tri Dharma perguruan tinggi.
Misi :
Setiap anggota KSR memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang kepalangmerahan yang mantap dan mandiri berkewajiban mengamalkan dan mengembangkan ilmu di bidang kepalangmerahan Membina dan mengembangkan minat, kemampuan, keterampilan, dalam bidang kepalangmerahan.

KSR PMI UNJ kini bersekretariatan di Gedung G Lantai 1 No.103, Kampus A.

Telp : (021) 4753068

Program kegiatan :

  • Diklat Tim Kesehatan dan Calon Anggota
  • Pelatihan Dasar Keorganisasian dan Pengambilan Slayer
  • Peringan hari AIDS dan Donor Darah 3 bulan sekali
  • Pengiriman Personil di PMI Cabang
  • Pengiriman Personil Team Kesehatan
  • LARUT ( Latihan Rutin )
  • KSR Open house
  • Latihan Gabungan
  • Medical Check – Up

Kegiatan kemanusiaan :

  • Berpartisipasi menjadi relawan Aceh dalam misi kemanusiaan bencana Tsunami
  • Pengadaan Dana Korban bencana alam NIAS dan ACEH
  • Jumantik (Jumat Basmi Jentik) di Pisangan Timur
  • Medical Check-Up di Pisang
Fasilitas Kampus

Fasilitas yang terdapat di universitas mencakup aspek-aspek sarana dan prasarana. Fasilitas tersebut diantaranya A. Laboratorium  

Laboratorium merupakan fasilitas pendukung dalam pengembangan pendidikan maupun penelitian baik oleh dosen dan mahasiswa. Laboratorium ini terdiri dari:

Teknologi Pendidikan, Bimbingan Konseling, Elektronika, Geometri dan Mekanik, Kimia, Geomekanik, Uji Material, Desain Busana, Kuliner, Kecantikan, Pengetahuan Sosial, Fisika, Biologi , Olahraga, Akutansi, Kesekretariatan, Manajemen, Koperasi, Sosial Politik, Geografi, Bahasa dan Komputer.

B. Workshop  

Workshop ini terdiri dari: Kontruksi, Robotika, Matematika, Media/Visual dan Workshop Kerajinan Seni

C. Studio   Studio ini terdiri dari: Studio Visual Komunikasi dan Desain, Studio Keramik, Studio Foto Grafi, Studio Musik dan Tari. D. Fasilitas Lain  

Fasilitas lain ini terdiri dari fasilitas-fasilitas pendukung diantaranya:

  1. Bank (BNI dan Bukopin)
  2. Poliklinik
  3. Kafetaria
  4. Gedung Kemahasiswaan
  5. Wisma UNJ
  6. Gedung Sarana Olahraga
  7. Gedung Serbaguna
  8. Pusat Komputer dan Internet
  9. Perpustakaan

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Ilmu Pendidikan Akreditasi :
Nama Jurusan Manajemen Pendidikan Akreditasi :
Nama Jurusan Teknologi Pendidikan Akreditasi :
Nama Jurusan Psikologi Akreditasi :
Nama Jurusan Pendidikan Luar Biasa Akreditasi :
Nama Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Akreditasi :
Nama Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Akreditasi :
Nama Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Akreditasi : A
Nama Jurusan Matematika Akreditasi :
Nama Jurusan Fisika Akreditasi :
Nama Jurusan Kimia Akreditasi :
Nama Jurusan Biologi Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Teknik Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Elektro Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Mesin Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Sipil Akreditasi :
Nama Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Ekonomi Akreditasi :
Nama Jurusan Akuntansi Akreditasi : B
Nama Jurusan Manajemen Akreditasi : B
Nama Jurusan Ekonomi dan Administrasi Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Bahasa Dan Seni Akreditasi :
Nama Jurusan Sastra Jerman Akreditasi :
Nama Jurusan Sastra Indonesia Akreditasi : B
Nama Jurusan Sastra Inggris Akreditasi :
Nama Jurusan Sastra Perancis Akreditasi :
Nama Jurusan Sastra Arab Akreditasi : A
Nama Jurusan Seni Rupa Akreditasi :
Nama Jurusan Seni Tari Akreditasi :
Nama Jurusan Seni Musik Akreditasi : A
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Olahraga Akreditasi :
Nama Jurusan Antropokinetika Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Ilmu Sosial Akreditasi :
Nama Jurusan Sosial Politik Akreditasi : A
Nama Jurusan Geografi Akreditasi :
Nama Jurusan Sosiologi Akreditasi :
Nama Jurusan Studi Islam Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Register

Register Contact Details

Nama Register

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar