Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid
Akronim : Sahid
Tahun Berdiri : 1983

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi DKI Jakarta
Kota Jakarta
Alamat Universitas Kampus 1 Taman Puring

Jl. Gandaria III No. 3 Taman Puring Kebayoran Baru Jakarta Selatan


Kampus 2 Pondok Cabe

Jl. Gandaria III No. 3 Taman Puring Kebayoran Baru Jakarta Selatan Telp. (021) 7234061, 7234062 Fax. (021) 7208621


Kampus 3 Sudirman

Kawasan Sahid Hotel Jl. Jenderal Sudirman No. 86 Jakarta Telp./ Fax. (021) 5702275
Telp (021) 7234061
Telp2 (021) 7234062
Fax (021) 7208621
Email info@stpsahid.ac.id
Website http://www.stpsahid.ac.id/

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Jumlah Pengajar 42

PENGETAHUAN

Deskripsi Sebagai perwujudan maksud dan tujuan yang telah ditetapkan Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya, selanjutnya disebut Yayasan Sahid Jaya. Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya, Nomor : 039/SG/Kpts/PI/1982 dan Surat Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah III, Nomor : 0275/KOP.III/N.XII/1982, pada tanggal 23 Maret 1983 didirikan Lembaga Pendidikan Tinggi yang diberi nama Akademi Perhotelan dan Pariwisata Sahid (APP Sahid). Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor : 0216/O/1986 memperoleh status " Terdaftar".

Seiring dengan perkembangan pariwisata Indonesia, sejak tanggal 23 Agustus 2000, Akademi Pariwisata Sahid meningkatkan jenjangnya menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 166/D/O/2000, untuk program Diploma Satu (D-I), Diploma Tiga (D-III) dan Diploma Empat (Sarjana Sains Terapan/SST) Jurusan Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata.
Visi Menjadikan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid sebagai pendidikan tinggi terdepan di Indonesia untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dibidang Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata.
Misi Melaksanakan proses belajar mengajar yang bermutu dan konsisten :

1. Memberdayakan seluruh komponen untuk target kelulusan tepat waktu 80 % dengan 70 % terserap di  industri dan 30 % sebagai wiraswasta.
2. Memberdayakan mahasiswa melalui pembentukan “Competency Society” dan penyaluran minat serta bakat.
3. Menjadi pusat pengetahuan kreatif bagi masyarakat perhotelan dan pariwisata.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Jumlah Mahasiswa 702
Aktivitas Sosial Kegiatan kemahasiswaan adalah kegiatan ekstra kurikuler yang dapat mendukung keberhasilan kegiatan kurikuler meliputi :

1.    Kegiatan Intra Kurikuler.
Yaitu kegiatan pendidikan yang terstruktur dan terjadwal serta diberikan bobot SKS. Kegiatan ini antara lain perkuliahan, praktikum, PKL yang Wajib dilaksanakan. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa menjadi generasi muda Intelektual yang bertanggung jawab terhadap perkembangan dan penerapan ilmu.

2.    Kegiatan Ekstra kurikuler.
Yaitu kegiatan mahasiswa untuk melengkapi kegiatan kurikuler dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan menjadikan mahasiswa calon pemimpin penerus bangsa. Kegiatan tersebut adalah:
a.    Penalaran dan keilmuan berupa: Seminar, Lokakarya, Lomba Karya Ilmiah, Simposium, Kuliah Umum dan sebagainya.
b.    Pengembangan bakat dan minat mahasiswa melalui Olah Raga, Kesenian, Kerohanian, Beladiri, Pecinta Alam dan Ketrampilan lainnya dalam wadah Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ).
c.    Kesejahteraan Mahasiswa merupakan kebutuhan jasmani dan rohani mahasiswa dalam rangka menunjang keberhasilan studi yang lebih baik. Kegiatan ini berupa pemberian beasiswa, asuransi kecelakaan, koperasi mahasiswa, sarana dan prasarana kampus serta kondisi kampus yang aman dan nyaman.
d.    Bakti Sosial dan kepekaan sosial adalah kegiatan untuk memupuk rasa kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat, dengan cara melakukan kegiatan donor darah, santunan kepada anak yatim piatu, panti asuhan, menjaga, melestarikan kampus dan sekitarnya.

BEM

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

a.  UKM adalah Unit kegiatan di bawah koordinasi BEM

b.  UKM merupakan wadah dari satu kelompok kegiatan ekstra kurikuler seperti :

1.  UKM Olah Raga terdiri dari : unit kegiatan SepakBola/futsal, Basket, Volley dll.

2.  UKM keagamaan terdiri dari Unit kegiatan Rohis (kerohanian Islam) Rokris (Kerohanian Kristen) dll.

3.  UKM Ketrampilan Khusus terdiri dari Unit Kegiatan Bartending, Pastry, Food Product dll.

4.  UKM Lingkungan Hidup dan aktifitas Sosial terdiri dari Unit Kegiatan pecinta Alam, Sosma (Solidaritas Sosial Mahasiswa) dll

c.  Tiap UKM  dipimpin oleh seorang Ketua yang bertanggung jawab kepada Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid melalui BEM.

d.  Ketua UKM dipilih oleh Anggota dan bertanggungjawab kepada Unit Kegiatan yang bersangkutan.

Himpunan Mahasiswa Jurusan
Fasilitas Kampus

Laboratorium

1.     Front Office Laboratory

Laboratorium ini dilengkapi dengan ruangan kantor, Counter (Gerai) dan peralatan untuk latihan tugas Reservation (Pemesanan Kamar), Reception (Penerimaan Tamu), Information (informasi), Telephone Operator (Operator telepon), Front Office Cashier (Kasir Kantor Depan) dan Concierge (Pelayanan Pengurusan Barang).

 2.     Make up Room

Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid memiliki dua kamar model yang terdiri dari satu Standard Room (Kamar Standar) dan satu Suite Room (Kamar Mewah). Kamar-kamar tersebut khusus disediakan untuk melakukan praktikum Make up Room (penataan Kamar) yang dilakukan mahasiswa.

3.     Housekeeping Laboratory

Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang digunakan di industri Hotel berbintang yaitu berupa bahan-bahan pembersih yang berkualitas tinggi dan peralatan pembersih yang lengkap dan modern. 

4.     Laundry & Dry Cleaning Laboratory

Laboratorium ini dilengkapi dengan mesin-mesin Laundry & Dry Cleaning yang lengkap  dan modern yang lazim digunakan di laundry komersial atau hotel berbintang

5.      Restaurant and Bar Laboratory
Laboratorium ini digunakan untuk praktik pelayanan makanan dan minuman maupun pencampuran minuman. Laboratorium ini ditata sesuai dengan sebuah restoran dan bar yang sesungguhnya yang mempunyai akses di tata langsung ke dapur dan dilengkapi dengan fasilitas pelayanan makan dan minum dengan kapasitas 80 orang, Bar Counter (Gerai Bar) dan Cashier Counter (Gerai Kasir).
 
6.     Kitchen Laboratory

Laboratorium ini terdiri dari dua dapur utama, yaitu Continental Kitchen (Dapur untuk Masakan Eropa) dan Oriental Kitchen (Dapur untuk Masakan Asia) serta Pastry dan Bakery Kitchen (Dapur untuk Pengolahan Roti dan Kue). Semua dapur dilengkapi dengan fasilitas modern sesuai dengan dapur hotel berbintang.
 
 
7.     Tour and Travel Laboratory
Sebuah laboratorium Biro Perjalanan yang lengkap dengan information Counter (Gerai informasi), Reservation Counter (Pengurusan Tiket dan Gerai Pemesanan) yang dilengkapi dengan komputer.
 
 
8.     Travel Bus
Guna memenuhi kebutuhan sarana praktek untuk mahasiswa jurusan Usaha Perjalanan Wisata, Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid melengkapi laboratoriumnya dengan bus wisata yang dapat digunakan untuk praktik Tour Guide (Pemandu wisata) baik untuk perjalanan dalam kota maupun luar kota. Bus ini berkapasitas 25 tempat duduk yang dilengkapi dengan AC dan pengeras suara.
 
 
9.     Simulation Bus
Selain bus wisata, laboratorium Jurusan Usaha Perjalanan Wisata juga dilengkapi dengan bus simulasi yang dapat digunakan oleh para mahasiswa untuk melakukan praktikum pemandu wisata. Bus ini dilengkapi dengan TV, Video, AC dan Sound System.

 
10.     Computer Laboratory
Laboratorium ini memiliki 30 unit komputer dengan spesifikasi terbaru dilengkapi dengan koneksi internet tanpa batas untuk praktek mahasiswa, agar dapat menggunakan komputer serta mengoperasikannya untuk penanganan adminstrasi perhotelan dan usaha perjalanan wisata.
  
11.     Language Laboratory
Laboratorium Bahasa dilengkapi dengan 40 unit monitor dan earphone yang digunakan untuk melatih mahasiswa berkomunikasi dalam bahasa asing, dan 1 unit monitor dan earphone untuk instruktur.
 

Trans Sahid

Bus antar jemput yang beroperasi mulai pukul 07:30 sampai 16:00 wib, selalu siap melayani mahasiswa dari 3 lokasi kampus.

Auditorium

Gedung Auditorium Hardjo Miguno Kampus Pondok Cabe, berkapasitas 1000 kursi yang dilengkapi dengan Function Rooms, Meeting Room, Air Conditioner, Sound System, Lighting System, dengan lokasi strategis di kampus dua Pondok Cabe.


Kepemilikian Kampus Swasta

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Diploma Rp. 5.455.000 - Rp. 12.911.000

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Pariwisata Akreditasi :
Nama Jurusan Usaha Perjalanan Wisata Akreditasi : C
Nama Jurusan Perhotelan dan Pariwisata Akreditasi : B
Nama Jurusan Usaha Perjalanan Wisata Akreditasi : B
Nama Jurusan Perhotelan dan Pariwisata Akreditasi : B
Nama Jurusan Usaha Perjalanan Wisata Akreditasi : C
Nama Jurusan Perhotelan dan Pariwisata Akreditasi : B
Akademi :     Diploma : 6     Sarjana :     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Tipe Ujian Masuk Materi ujian tulis Pengetahuan Umum dan Bahasa Inggris
Tanggal Ujian Masuk
GELOMBANG / TAHAP
JADWAL TEST
PENGUMUMAN
1 15 DESEMBER
17 DESEMBER
2 10 JANUARI 12 JANUARI
3 7 FEBRUARI 9 FEBRUARI
4 7 MARET 10 MARET
5 4 APRIL 6 APRIL
6 2 MEI 4 MEI
7 30 MEI 1 JUNI
8/1 27 JUNI 29 JUNI
8/2 11 JULI 13 JULI
9/1 25 JULI 27 JULI
9/2 1 AGUSTUS 3 AGUSTUS
10/1 15 AGUSTUS 18 AGUSTUS
10/2 29 AGUSTUS 31 AGUSTUS
Keterangan
SYARAT PENDAFTARAN MAHASISWA BARU
  • Lulus SMU atau sederajat
  • Formulir Pendaftaran Rp. 200.000,-
  • Foto copy Ijazah SMU
  • Foto copy Surat Tanda Kelulusan
  • Foto copy SKKB dari Kepolisian Surat Keterangan Bebas Narkoba (Asli)
  • Foto Berwarna Kemeja Putih berdasi hitam

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Marketing
Telp (021) 7234061, 7234062
Email info@stpsahid.ac.id
Alamat Jl. Gandaria III No. 3 Taman Puring Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Register Contact Details

Nama Register
Telp (021) 7234061, 7234062
Email info@stpsahid.ac.id
Alamat Jl. Gandaria III No. 3 Taman Puring Kebayoran Baru Jakarta Selatan Telp. (021) 7234061, 7234062 Fax. (021) 7208621

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar