Farmasi - Universitas Padjadjaran

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Padjadjaran
Nama Fakultas : Farmasi
Alamat Sekretariat : Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21, Jatinangor 45363
Telp : (022) 7796200    Telp2 :
Fax : (022) 7796200    Fax2 :
Email : farmasi@unpad.ac.id
Website : http://farmasi.unpad.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Dra. Sri Adi Sumiwi, MS.
Guru Guru Besar : R SIDIK
ANAS SUBARNAS
YUDI PADMADISASTRA
Jumlah Mahasiswa : 650
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 80
Jumlah Mahasiswa Tahun Depan : 80

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Sejarah Fakultas Farmasi dimulai dalam bentuk Jurusan Farmasi yang didirikan pada tanggal 19 Februari 1959 sebagai jurusan kelima dari tujuh jurusan yang ada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas
Padjadjaran. Pada saat itu, kampus jurusan berlokasi di Jl. Ir.H. Juanda No 4, Bandung, dan kegiatan akademik dilakukan di kampus tersebut dan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Alam (LIPA), Jl. Singaperbangsa, Bandung. Pada tahun 1978, lokasi kampus berpindah ke Jl. Maulana Yusuf No. 12, Bandung, kemudian pindah ke Jatinangor pada bulan September 1986, dan melakukan kegiatan akademiknya di kampus tersebut. Pada 17 Oktober 2006, Jurusan Farmasi berubah statusnya menjadi Fakultas Farmasi ( 1868/J06/Kep/KP/2006) yang dipimpin oleh seorang Dekan, yang dibantu oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik, Pembantu Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan, dan Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan. Fakultas Farmasi terakreditasi A yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional (08620/Ak-X-SI-004/UPAFAI/VI/2006 dan telah diihtiraf oleh Jawatan Penghidmatan Awam Malaysia (JPA(L)S.180/8/I-96(79). Sejak tahun 2006, Fakultas Farmasi telah menerima mahasiswa baru asal Malaysia.
Visi menjadi fakultas unggul dalam pendidikan farmasi yang diakui secara internasional
Misi 1. Menyelenggarakan pendidikan farmasi yang memenuhi azas pemerataan dan perluasan akses masyarakat
2. Menyelenggarakan pendidikan farmasi yang berkualitas, relevan dan berdaya saing secara internasional
3. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan farmasi secara profesional
4. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi kepada produk dan paten
5. Menyelenggarakan pengebdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi farmasi dan kesehatan

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Fakultas Farmasi menyadari bahwa saat ini terdapat banyak mahasiswa yang kesulitan dalam pembayaran SPP dan uang praktikum, sehingga bersama KEMA melalui Farmasi Peduli mengupayakan penghimpunan dana baik dari subsidi silang pengelolaan program Paralel, penghimpunan dana Alumni, dan upaya Swadaya lainnya untuk membantu meringankan kesulitan tersebut. Beasiswa / Kesejahteraan mahasiswa antara lain adalah hak untuk memperoleh beasiswa/tunjangan atau fasilitas lain seperti asrama dan sebagainya bagi yang memenuhi syarat. Kegiatan kesejahteraan mahasiswa ini tidak saja meliputi yang bersifat materiil, tetapi juga dalam bentuk non materiil, seperti kegiatan pembinaan kerohanian.

A. Jenis-jenis beasiswa/tunjangan
Jenis-jenis beasiswa/tunjangan dapat dibagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu :
1. Beasiswa Pemerintah
Jenis beasiswa ini bersumber dari Badan/Instansi Pemerintahan, antara lain Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) dari Depdiknas, Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Depdiknas, Bantuan Penanggulangan Akibat Kerusuhan (BPAK) dari Depdiknas, Peningkatan Prestasi Akademik-Khusus (PPA-Khusus) diperuntukan bagi mahasiswa tingkat pertama, Bantuan Pendidikan Mahasiswa (BPM), Bantuan Kerja Mahasiswa (BKM) Selain itu ada juga beasiswa iktatan dinas yang diberikan oleh pihak POLRI dan ABRI.
2. Beasiswa Swasta
Jenis beasiswa ini bersumber dari Yayasan Swasta, antara lain : BMU (Beasiswa Masuk UMPTN) dari Yayasan Supersemar, Sumitomo dari Bank Sumitomo, Pertamina dari PT. Pertamina, Tbk., Tifico, Toyota Astra dari PT. Toyota Astra International,Tbk., Korindo, Pikiran Rakyat, Pos GIRO dari PT. POS Indonesia, PT. Smart, Dupont dari PT. Dupont Indonesia, Tempo, Indocememnt dari PT. Indocement, Tbk., LKP/BGG Golf dari Bandung Giri Gahana Golf, Bank Indonesia, Salim dari Yayasan Salim, PPI Korda Kansai dari PT. Love PPI Kansai Jepang, Ibu Try Sutrisno dari Yayasan Ibu Try Sutrisno, Gudang Garam dari PT. Gudang Garam International, Tbk., Unilever dari PT. Unilever Indonesia, Tbk., Aetna Life Indonesia, Sanbe Farma dari PT. Sanbe Farma, Djarum Super dari PT. Djarum, Yampi, Epson, Mobil Oil

B. Prosedur / Syarat-syarat mendapatkan Beasiswa
Prosedur untuk mendapatkan beasiswa / kesejahteraan mahasiswa ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :
1. Surat permohonan diatas segel, ditujukan kepada Rektor Universitas Padjadajran u.p. Pembantu Rektor III
2. Diusulkan oleh Fakultas
3. Pas Photo ukuran 4 x 6 3 buah
4. Photo Copy KTM yang berlaku
5. Photo Copy Kartu Keluarga
6. Data Kemajuan Studi / Transkrip IPK minimal 2, 50
7. Pernyataan tidak mampu dari pemerintah Daerah
8. Daftar penghasilan/gaji orang tua yang disyahkan oleh instansi

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Program Studi Fasilitas pembelajaran dan penelitian sangat mendukung dalam menghasilkan kualitas lulusan. Fakultas Farmasi UNPAD memiliki instrumen canggih dalam mendukung pelaksanaan penelitian dan pembelajaran, seperti HPLC, FTIR, PCR, Spektrometri, Potensiometri dan instrumen lain.

Dalam proses pembelajaran dilengkapi multimedia (LCD, OHP, internet) di setiap ruang kuliah. Sistem Informasi Akademik Farmasi Online (SIMAFA Online) yang didukung oleh Teknologi Informasi (Komputasi) merupakan fasilitas dalam memudahkan setiap kebutuhan administrasi mahasiswa seperti jadwal kuliah, ujian, nilai, IPK, dosen, dan pustaka (buku dan jurnal).

Laboratorium
Lab. Kimia Farmasi Analisis I
Lab. Kimia Farmasi Analisis II
Lab. Formulasi Teknologi Sediaan Non Steril
Lab. Formulasi Teknologi Sediaan Steril
Lab. Farmasetika Dasar
Lab. Farmasi Fisik
Lab. Farmakognosi/Fitokimia
Lab. Farmakologi
Lab. Mikrobiologi
Lab. Kimia Bahan Alam
Lab. Kimia Klinik
Lab. Kimia Analisis Dasar
Lab. Kimia Fisik
Lab. Anatomi Fisiologi Manusia
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing

Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak diantaranya dengan stakeholders, alumni, POMA, institusi perguruan tinggi lain, instansi pemerintah, industri farmasi, rumah sakit, laboratorium klinik, apotek, dan lain-lain. Bentuk kerjasama yang terjalin antara lain di bidang penelitian, pertukaran iptek kefarmasian, sarana pendidikan dan praktek kerja profesi dan lain-lain, misalnya berupa:
1. Kuliah tamu
2. Seminar
3. Praktek kerja lapangan
4. Penelitian, termasuk bimbingan tugas akhir mahasiswa
5. Program magang
6. Pengambangan sarana dan prasarana

Fakultas Farmasi UNPAD juga telah melakukan kerjasama dengan Universitas di luar negeri antara lain dengan berbentuk Joint Research ataupun Post Doctoral Research ke beberapa universitas di Asia, Australia maupun Eropa.
Tahun 1990-1991 Prof. Dr. Supriyatna melalukan Post Doctoral Research ke Toyama Medical and Pharmaceutical University – Jepang, sedangkan tahun 1993 melakukan Joint Research Ke Hohenheim Universitat – Stutgart Jerman.
Penelitian berbentuk Joint Research yang lain juga telah dilakukan ke University of The Phillipine – Manila Philipina dan University of South Wales – Sydney Australia.
Tahun 1992 Dra. Titi Wiraharja, MS (sekarang telah purnabakti) melakukan joint research dari IUC ke Hohenheim Universitat – Stutgart Jerman.
Tahun 1994 Prof. Dr. Anas Subarnas melakukan Post doctoral Research ke Dept. of Pharmacy and Biology Munich University – Jerman, sedangkan pada tahun 1996 melakukan Training course di Faculty of Agriculture Kyoto University – Jepang. Tahun 1997 Prof. Anas melakukan joint Research di Faculty of Osaka Prefecture University – Jepang dan pada tahun 2000 Post Doctoral Research –nya dilakukan di Institut of Pharmacy – Ludwig Maximilliam - Munich Jerman.
Tahun 1999 Dr. Yudi Padmadisastra melakukan post doctoral research ke Dept. of Chemistry, University of Braunsweigh – Jerman, sedangkan pada tahun 2002 dan 2006 melakukan post doctoral research di Freie Universitat Berlin – Jerman.
Tahun 2001 Mutakin, M Si melakukan joint research ke Munich University Jerman.
Dr. Marline Abdassah, MS melakukan post doctoral research ke Freie University Berlin - Jerman tahun 2008.
Selain itu kegiatan kerjasama dengan universitas di luar negeri juga dilakukan dengan mengundang Staf Pengajar dari universitas di luar negeri untuk memberikan kuliah tamu di fakultas Farmasi, misalnya Kuliah tamu dari Prof. Hwang dari Yonsei University Korea.