ARTIKEL


Informasi dan Sharing

Jurnalis

Apa itu GMAT?

News Logo

CARIKAMPUS.com — Saat ini bila kita ingin melanjutkan kuliah business di luar negeri selalu saja ada kata - kata GMAT required minimal "blablabla". Apa sih GMAT? Kenapa GMAT begitu penting? dan bagaimana mempelajari GMAT itu? Yuk kita coba bahas disini. Semoga pembahasan ini bisa membantu teman - teman yang penasaran dan ingin mengetahui mengenai GMAT ini

GMAT adalah sebuah singkatan dari "Graduate Management Admission Test" . GMAT adalah sebuah test standard untuk menentukan sikap dan perilaku kita dalam ilmu manajemen bisnis. Hampir 80% universitas - universitas luar menggunakan standarisasi masuk (khususnya bidang MBA S2) menggunakan GMAT ini.

Saat ini, pengambilan test GMAT melalui 2 cara, yaitu secara online atau secara paper based (tulis di kertas). Salah satu tempat yang menyediakan program pelatihan GMAT dan juga TESTnya adalah Direct English. Untuk Test GMAT sendiri, biaya yang dikeluarkan tidak kecil. yaitu sekitar 250 dollar.

Test yang diberikan terdiri dari nilai - nilai verbal, matematika dan analisa skill penulisan dimana si penempuh ujian sudah memiliki pengalaman ini berdasarkan pendidikan dan pengalaman kerja. Test ini berlangsung kurang lebih selama 3,5 jam dan ada 2 kali 10 menit istirahat. Secara total test ini berlangsung selama 4 jam.

Hasil yang didapat dari test GMAT ini valid selama 5 tahun. Mulai dari pengambilan test hingga kadaluarsa waktu yang ditulis di GMAT test tersebut.

Nilai maksimal yang bisa diraih di GMAT ini adalah 800, dari pengalaman selama 3 tahun ini, rata - rata nilai yang diraih oleh para siswa yang telah mengambil GMAT ini adalah 535,2.

Yang harus dikerjakan pertama kali adalah Analytical Writing Assessment kemudian Quantitative Section dan terakhir adalah Verbal Ability.

Berikut pembagian dan pengertian dari GMAT:

1. Sentence Correction, adalah sebuah seksi dimana pemberi test akan mengetest kemampuan penempuh ujian mengenai pengetahuan di American English grammar, pengunaannya dan stylenya.

2. Critical Thinking, Ujian ini bersifat pemikirian yang logical, dimana disini pemberi test menanyakan sesuatu dan penempuh ujian harus menganalisa pertanyaan tersebut.

3. Reading Comprehension, Ujian ini menguji kemampuan penempuh test untuk membaca secara kritis. Pertanyaan - pertanyaan pada Reading Comprehension berhubungan dengan bagian - bagian yang sudah diberikan pada soal. sehingga penempuh ujian harus membaca pertanyaan - pertanyaan secara kritis

4. Quantitative Section, Disini quantitative section terdiri dari 37 pilihan berganda, dimana harus dijawab dalam kurun waktu 75 menit. Ada 2 tipe jawaban, salah satunya problem solving (memecahkan masalah) dan ketersediaan data (sufficiency data)

5. Analytical Writing Assessment (AWA), disini penempuh ujian diharuskan menyelesaikan 2 test essay. Test pertama, penempuh ujian harus menganalisa dan berargumentasi mengenai topik yang dibahas, sementara di Test yang kedua penempuh ujian diharuskan untuk menganalisa sebuah persoalan yang dihadapi saat ini. (current issue)

Mengenai Total score, Range yang didapatkan pihak penempuh test berkisar 200 - 800. Rata - rata universitas meminta minimal 500. Walaupun beberapa universitas bisnis terkenal menginginkan minimal 650 - 700. untuk mengetahui lebih jelas mengenai GMAT, kalian bisa mengakses official GMAT yaitu www.mba.com

Akhir kata, tidak ada salahnya bagi kita untuk meningkatkan bahasa inggris. Di satu sisi, pembelajaran akan suatu bahasa sangat penting. Informasi - informasi yang dimiliki oleh negara lain dapat kita olah dan kita kembangkan untuk kemajuan bangsa kita.

Rheza Gunawan Budiono


Kirim Print


Comments


Comment Reply

Nama
Email
Website
Comment
Captcha