ARTIKEL


Double Degree Indonesia-Prancis (DDIP)

Beasiswa Internasional

Beasiswa Program Master dan Doktor DDIP

News Logo

Beasiswa Program Master & Doktor, Double Degree Indonesia Perancis (DDIP)

Perguruan Tinggi Penyelenggara

- Universitas Indonesia
- Institut Teknologi Bandung
- Institut Pertanian Bogor
- Universitas Airlangga
- Universitas Udayana

Ketentuan Umum Program Magister

* Program DDIP merupakan program Magister (S2), ditempuh selama 4 (empat) semester, atau 2 tahun akademik.
* Program DDIP ini diselenggarakan di 2 tempat secara berurutan, tahun pertama dilaksanakan di PT Penyelenggara di Indonesia dan tahun kedua dilanjutkan di PT Mitra di Perancis. Untuk program Magister DDIP berarti satu tahun di Indonesia dan satu tahun di Perancis selama total 2 tahun (Pola 1+1).
* Program DDIP berprinsip pada kesetaraan dan saling mengakui, dengan demikian program yang dilaksanakan selama tahun pertama di PT Penyelenggara di Indonesia diakui oleh PT Mitra di Perancis sebagai program M1, sebaliknya tahun kedua di PT Mitra di Perancis (program M2) diakui oleh PT Penyelenggara di Indonesia.
* Pada tahun pertama, pendidikan dilakukan di Indonesia pada Program Studi di PT Penyelenggara yang dipilih oleh peserta DDIP.
* Belajar Bahasa Perancis dilakukan secara bersamaan selama menempuh pendidikan program magister pada tahun pertama di Indonesia.
Peserta DDIP yang berhasil menyelesaikan seluruh paket program DDIP, akan mendapatkan ijasah Magister dari PT Penyelenggara di Indonesia dan ijasah Master dari PT Mitra di Perancis.
* Untuk peserta DDIP yang berasal dari politeknik, ketika melanjutkan tahun kedua di Perancis, maka program Master yang sesuai adalah program Master Professionelle-M2. Sedangkan bagi peserta yang berasal dari PTN dan PTS, maka program yang sesuai adalah Master Recherche-M2.
* Peserta akan diberangkatkan ke PT Mitra Perancis untuk tahun kedua Master (M2) apabila memenuhi persyaratan: lulus semua matakuliah tahun pertama Magister di Indonesia dengan IPK=3, mencapai level B2 untuk bahasa Perancis, direkomendasi oleh PT Penyelenggara, memperoleh Letter of Acceptance dari PT Mitra di Perancis, serta disetujui keberangkatannya oleh DIKTI dan French Embassy.
* Keadaan khusus di mana peserta Master DDIP menempuh Program-M2 di PT Mitra di Perancis tetapi tidak berhasil, maka yang bersangkutan dapat kembali ke PT Penyelenggara di Indonesia dan PT Asal diharapkan mampu mencari solusi pembiayaan penyelesaian studi di PT Penyelenggara di Indonesia. DIKTI tidak lagi membiayai kelanjutan penyelesaian studi tersebut.
* Kurikulum pada program studi yang diikuti oleh peserta DDIP bersifat Tailor Made dari kelas regular yang ada di PT Penyelenggara maupun PT Mitra dan bukan merupakan kelas khusus.

Ketentuan Umum Program Doktor

* Program DDIP untuk program Doktor, ditempuh selama 8 (delapan) semester, atau 4 tahun akademik.
* Program DDIP ini diselenggarakan di dua tempat berbeda, dimana penyelenggaraan pada tahun pertama dilaksanakan di PT Penyelenggara di Indonesia untuk perkuliahan, pelatihan bahasa Perancis dan membangun kemitraan promotor antara PT di Indonesia dan di Perancis. Pada tahun ke-2 dan ke-3 dilanjutkan di PT Mitra di Perancis untuk melakukan riset dan mempersiapkan makalah untuk publikasi di Jurnal Internasional. Pada tahun ke-4 mahasiswa kembali ke PT Penyelenggara di Indonesia untuk melanjutkan riset dan penulisan disertasi dan ujian akhir S3 (Pola 1+2+1).
* Program DDIP berprinsip pada kesetaraan dan saling mengakui, dengan demikian program yang dilaksanakan selama 2 tahun di PT Penyelenggara di Indonesia diakui oleh PT Mitra di Perancis sebagai program doktor, sebaliknya 2 tahun di PT Mitra di Perancis diakui oleh PT Penyelenggara di Indonesia.
* Dengan adanya program Doktor DDIP yang diselenggarakan oleh masing-masing pihak, maka mahasiswa yang berhasil menyelesaikan seluruh paket program DDIP, akan mendapatkan ijasah Doktor baik dari PT Penyelenggara di Indonesia dan ijasah doktor dari PT Mitra di Perancis.
* Belajar Bahasa Perancis dilakukan secara bersamaan selama menempuh pendidikan program doktor pada tahun pertama di Indonesia.
* Selama tahun pertama, calon Promotor di PT Penyelenggara di Indonesia membantu peserta Doktor DDIP untuk mendapatkan calon Promotor di PT Mitra di Perancis dan mendiskusikan secara bersama-sama terkait topik penelitiannya.
* Bagi peserta program Doktor DDIP yang tidak memenuhi persyaratan ke Perancis, maka yang bersangkutan dapat melanjutkan studinya di PT Penyelenggara Indonesia sejauh memenuhi kriteria yang ditentukan dengan skema pembiayaan BPPS.
* Ujian Kualifikasi sebagai dasar penentuan keberangkatan ke Perancis, harus dilaksanakan paling lambat pada akhir semester kedua atau sekitar awal bulan Juli.
* Mahasiswa S3 akan diberangkatkan untuk melakukan riset selama dua tahun ke PT Mitra Perancis apabila telah memenuhi persyaratan: lulus semua matakuliah tahun pertama Doktor di Indonesia dengan IPK=3.25, memiliki pembimbing di Indonesia dan di Perancis, lulus ujian kualifikasi di PT Penyelenggara, mencapai level B2 untuk bahasa Perancis, direkomendasikan oleh PT Penyelenggara, memperoleh Letter of Acceptance dari PT Mitra di Perancis, setiap peserta Doktor DDIP telah memiliki Joint Dissertation Supervision Agreement yang telah disepakati oleh PT Penyelenggara dan PT Mitra, Promotor kedua pihak serta disetujui keberangkatannya oleh DIKTI dan French Embassy.
* Promotor dari perguruan tinggi Indonesia akan melakukan visitasi ke Perancis pada bulan Mei-Juni yang jatuh pada semester 4 saat peserta Doktor DDIP berada di PT Mitra di Perancis. Visitasi ini diperlukan untuk mengevaluasi hasil penelitian tahap 1 dan mendiskusikan rencana riset lanjutannya secara lebih mendetail dengan pihak promotor Perancis. Biaya visitasi promotor Indonesia ke Perancis ini ditanggung DIKTI sesuai dengan aturan yang berlaku.
* Guna terjalinnya monitoring dan evaluasi yang baik, para promotor dan peserta Doktor DDIP saling berkomunikasi secara intensif melalui media email maupun teleconference.
* Di tahun ke-4 Ujian Disertasi peserta Doktor DDIP dilaksanakan di Indonesia oleh Tim Juri kedua Negara yang diatur sesuai kesepakatan.
* PT Penyelenggara di Indonesia dan PT Mitra di Perancis harus memiliki kesepakatan akademik secara rinci terkait dengan program Doktor DDIP.
* Sebelum terselenggaranya Ujian Disertasi, peserta Doktor DDIP harus menulis Jurnal Internasional bersama para promotor dengan menuliskan nama institusi PT Penyelenggara di Indonesia, PT MITRA di Perancis dan DIKTI sebagai penyandang dana.
* Bilamana mahasiswa Program Doktor DDIP tidak memenuhi kualifikasi yang disyaratkan dalam kesepakatan yang ditandatangani, maka mahasiswa tersebut dinyatakan gagal dalam program DDIP.
* Keadaan khusus dimana mahasiswa tidak memenuhi persyaratan menempuh Program Doktor di Perancis, maka penyelesaian studinya dapat dilanjutkan di PT Penyelenggara di Indonesia dengan pendanaan BPPS maksimal 3 tahun.

Persyaratan Calon Peserta Program DDIP

* Tenaga Akademik PTN dan PTS di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional
* Usia yang diutamakan adalah kurang dari 50 tahun.
* Persyaratan minimal: Nilai IPK S1 = 2,75 untuk calon Peserta Magister dan IPK S2 = 3,25 untuk calon peserta program Doktor. PT Penyelenggara dapat menentukan persyaratan IPK di atas persyaratan minimal.
* Untuk peserta yang berasal dari program D4 dengan IPK = 3, diwajibkan mengikuti kuliah matrikulasi sesuai aturan yang berlaku di PT Penyelenggara di Indonesia. Khusus untuk IPB, peserta pemegang ijasah D4 hanya bisa melanjutkan ke Magister Profesional dan wajib mengikuti matrikulasi.
* Nilai TOEFL > 450 untuk program Magister dan TOEFL > 500 untuk program Doktor (Minimal Institutional TOEFL).
* Nilai TPA > 475 (standar OTO Bappenas).
* Persyaratan TOEFL dan TPA tidak diwajibkan apabila calon telah lulus Ujian Saringan Masuk di PT Penyelenggara yang dituju dikarenakan TOEFL serta TPA menjadi bagian yang diuji saat Ujian Saringan Masuk.

Beasiswa dan Jumlah Alokasi

* Untuk program DDIP ini, DIKTI menyediakan alokasi dana BPPS pada awal pendidikan tahun pertama di PT Penyelenggara sampai dengan 120 orang untuk program Magister DDIP dan alokasi dana BPPS sampai dengan 60 orang program Doktor DDIP bagi tenaga akademik dari seluruh PTN dan PT Asal di Indonesia.
* Peserta didik yang memenuhi persyaratan Peserta Program akan mendapatkan beasiswa yang berasal dari Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Perancis.
* Beasiswa yang diberikan Pemerintah Indonesia adalah BPPS selama pendidikan di Indonesia, dan Beasiswa LN (Settlement Allowance, Book Allowance, Living Cost dan tiket pesawat PP) selama pendidikan di Perancis.
* Besarnya Beasiswa Luar Negeri adalah sesuai dengan standar DIKTI untuk negara Perancis.
* Pemerintah Perancis memberikan beasiswa selama studi di Perancis, yaitu berupa Tuition Fee, visa dan Health Insurance.
* Biaya untuk penyelenggaraan Bahasa Perancis di Indonesia selama pendidikan tahun pertama akan ditanggung oleh Kedutaan Perancis.
* Program Magister DDIP dirancang untuk periode 5 (lima) tahun berturut-turut.
* Alokasi BPPS setiap PT Penyelenggara untuk peserta Magister adalah 1,5 kali dari jumlah calon yang diberangkatkan.
* Bagi peserta terbaik DDIP dan memenuhi persyaratan minimal akademik dan bahasa Perancis, Pemerintah Indonesia melalui DIKTI, Direktorat Ketenagaan bersama Kedutaan Perancis di Indonesia secara total menyediakan beasiswa LN bagi 80 (delapan puluh) peserta Master DDIP dan alokasi 40 (empat puluh) peserta Doktor DDIP untuk diberangkatkan ke PT Mitra di Perancis.
* Kedutaan Perancis di Indonesia memfasilitasi: Kursus Bahasa Perancis di Indonesia bagi peserta yang sedang menempuh studi tahun pertama Program Magister dan Doktor DDIP di PT Penyelenggara di Indonesia dan Tuition fee, Health Insurance selama di PT Mitra di Perancis.
* DIKTI akan tetap melanjutkan biaya BPPS bila peserta DDIP tidak memenuhi syarat untuk diberangkatkan ke Perancis sesuai aturan yang berlaku di DKTI dan memenuhi persyaratn akademik di PT Penyelenggara di Indonesia.
* Selama mahasiswa mengikuti Program di Perancis, DIKTI melalui beasiswa LN Ditnaga memfasilitasi: Tiket Pesawat Indonesia-Perancis pp, sampai lokasi PT Mitra di Perancis, Biaya settlement sebesar € 1000,-/sekali (Seribu Euro, satu kali saja), biaya hidup sebesar € 1000,-/bulan (Seribu Euro per bulan), bantuan buku sebesar € 250,-/semester, Program khusus, misalnya: mengikuti seminar sebesar 6 juta rupiah dan bantuan kelebihan bagasi sebesar € 250/sekali, maksimal.
* PT Asal diharapkan siap mengantisipasi gejolak kurs Rupiah terhadap Euro.

Pendaftaran dan Seleksi

* Peserta harus mengunduh persyaratan program DDIP di website: ditnaga.DIKTI.go.id atau website PT Penyelenggara yang dituju, melengkapi dan mengirimkan berkas ke masing-masing Penanggung Jawab Program Studi PT Penyelenggara yang dituju. Seluruh dokumen dan persyaratan dimasukkan kedalam amplop coklat dengan dicantumkan nama “Program Double Degree Indonesia-Perancis” pada sudut kiri atas.
* Pendaftaran dibuka 1 April dan ditutup 31 Mei 2011.
* Calon peserta diwajibkan mendaftar dan mengikuti semua prosedur penerimaan mahasiswa di PT Penyelenggara, baik seleksi di secara akademik melalui ujian saringan masuk maupun persyaratan lainnya sesuai jadwal yang ditentukan oleh masing-masing PT Penyelenggara.
* Peserta yang lulus program DDIP akan diumumkan oleh masing masing PT Penyelenggara.
* Beberapa PT Penyelenggara mensyaratkan calon peserta untuk mendaftar Ujian Saringan Masuk secara online.
* Seleksi dilakukan dengan dua tahap: (1) seleksi administratif, dan (2) seleksi akademik melalui ujian saringan masuk dilakukan oleh PT Penyelenggara.
* Hasil seleksi akan diumumkan sesuai jadwal masing-masing PT Penyelenggara.

Official website: simak.ui.ac.id





Beasiswa lainnya:
*Beasiswa pasca sarjana ADS
*Beasiswa sarjana dan pasca sarjana di Singapura
*
Beasiswa Doktor program sandwich AUN/SEED
*Beasiswa di Jepang
*Beasiswa Master di Inggris


Kirim Print