Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Akronim : Muhammadiyah
Tahun Berdiri : Maret 1981

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi DI Yogyakarta
Kota Yogyakarta
Alamat Universitas Kampus Terpadu UMY
Jl.Lingkar Selatan Tamantirto,Bantul
Yogyakarta
Kode Pos 55183
Telp (0274) 387656
Fax (0274) 387646 psw.186
Email rektorat@umy.ac.id/info_mmumy@yahoo.com
Website http://www.umy.ac.id

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Master 72 %
Doctorate 59 %
Jumlah Pengajar 180

PENGETAHUAN

Visi Menjadi Universitas yang Unggul dalam pengembangan ilmu dan teknologi dengan berdasarkan nilai-nilai Islam untuk kemaslahatan umat
Misi
  • Meningkatkan harkat manusia dalam upaya meneguhkan nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban.
  • Berperan sebagai pusat pengembangan Muhammadiyah untuk mensejahterakan dan mencerdaskan umat.
  • Mendukung pengembangan Yogyakarta sebagai wilayah yang menghargai keragaman buadaya.
  • Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengembangan masyarakat secara profesional.
  • Mengembangkan peserta didik agar menjadi lulusan yang berakhlak mulia, berwawasan dan berkemampuan tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Indonesia
Jumlah Mahasiswa 7.617
Aktivitas Sosial 1. Bidang Keilmuan
a. Lembaga Penelitian Kampus Mahasiswa ( LPM ) " Nuansa "
Pers Mahasiswa merupakan sarana bagi mahasiswa untuk menyalurkan ide kreatif  dalam bentuk tulisan dan melahirkan pikiran segar guna mengaktualisasikan diri dalam merespon permasalahan keumatan. Keberadaan pers kampus dalam realita empiris sangat signifikan untuk mensosialisasi alternatif pemikiran-pemikiran terhadap permasalahan-permasalahan yang tengah berlangsung di tengah mahasiswa maupun masyarakat.
Dari kondisi yang demikian, diawali dengan sebuah pendidikan dan latihan di Wisma Puas Kaliurang pada tanggal 21-24 November 1996 oleh SMPT UMY bekerjasama dengan kelompok studi Lingkaran, lahirlah Lembaga Pers Mahasiswa NUANSA. Kelahirannya langsung ditinjaklanjuti dengan penerbitan tabloidnya yang pertama dan kedua. Namun lembaga ini masih dibawah naungan Senat Mahasiswa Perguruan Tingi (SMPT). Baru pada tanggal 17 Agustus 1997 yang lalu Lembaga Pers Mahasiswa NUANSA UMY diresmikan langsung oleh rektor UMY sebagai unit kegiatan mahasiswa. Namun untuk kalangan mahasiswa sendiri namanya LPM NUANSA.

b. Pelatihan dan Pengembangan Bahasa

Memasuki pergantian abad 21, kita dihadapkan pada tantangan yang tidak hanya berasal dari dalam negeri, namun juga berasal dari luar. Tantangan dari luar berupa masuknya pencari kerja luar negeri dalam bursa kerja yang seharusnya menjadi bagian kita. Sehingga sumber daya yang meningkat merupakan tuntutan yang tidak dapat ditunda lagi. Sebab pada dasarnya  perdagangan bebas merupakan wahana persaingan  antar kualitas sumber daya manusia.
Banyak bukti ang dapat kita dari berbagai negara maju yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup baik, karena memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk memenangkan persaingan tersebut penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris menjadi sangat penting. Berangkat dari kenyataan tersebut maka dibentuklah wadah yang bisa digunakan sebagai sarana belajar bersama dalam penguasaan bahasa Inggris.

c.  Mahasiswa Pecinta Retorika

Kemajuan sains dan teknologi pada era modernisasi ini sangat di dominasi oleh transformasi informasi dan komunikasi. Kecenderungan yang mengglobal ini akan lebih berdaya guna jika ditopang dengan sumber daya manusia yang mampu menguasai tehnik berkomunikasi secara profesional.
Retorika sebagai seni berkomunikasi hadir di tengah tengah kehidupan dan aktivitas mahasiswa sebagai dasar pijakan dan patokan untuk mengembangkan wawasan dan daya kreativitas mahasiswa dalam seni komunikasi yang mencakup : public relation, MC, Pidato, Moderator dan aktivitas lainnya di bidag komunikasi.

d. Kelompok Penelitian Mahasiswa

Di tengah era kesejagatan dewasa ini, kebutuhan akan hal-hal yang inovativ semakin mendesak. Ini tidak lepas dari pesatnya pembangunan material maupun sumberdaya manusia. Perkembangan bangsa Indonesia ternyata di sisi lain banyak menimbulkan fenomena-fenomena yang menarik untuk diteliti.
Hasil-hasil penelitian tersebut sangat dibutuhkan sebagai upaya mengungkap fakta yang timbul di masyarakat. Fenomena masayarakat yang komplek ternyata menjadi sebuah permasalahan yang tentunya menghendaki adanya sebuah pemecahan.
Berangkat dari itu kami mahasiswa yang tertarik dengan kegiatan penelitian mencoba untuk urun rembuk membantu memecahkan permasalahan yang timbul di dalam masyarakat. Kelompok ini diharapkan dapat menumbuhkan minat penelitian di kalangan mahasiswa, mengembangkan pola pikir yang terarah dan memasyarakatkan budaya penelitian di kalangan mahasiswa.
 

2. Bidang Kesenian
a. Drum Corps
Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dewasa ini, perlu kiranya didukung oleh unsur-unsur lain yang ada di dalamnya, diantaranya adalah meningkatkan sumberdaya manusia serta menjunjung tinggi mutu lulusannya. Berdasarkan alasan-alasan tersebut maka pada bulan juni tahun 1997 telah disepakati bersama berdirinya Drum Corps Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  dan mulai dipersiapkan sgala keperluan perlengkapan , pelatih dan penerimaan yang kesemuanya masih ditangani oleh UKM kesenian bekerjasama dengan Unniversitas.
Mulai awal bulan Juni telah ditetapkanlah jadual latihan, kegiatan-kegiatan pendukung, pemilihan pengurus dan lain-lain. Dalam waktu yang relatif singkat, maka pada tanggal 17 Agustus 1997 UKM DRUM CORPS UMY diresmikan diawali dengan pentas perdana, pada saat peresmian kampus terpadu UMY.
Dengan berdirinya UKM Drum Corps ini diharapkan dapat menambah maraknya kegiatan kemahasismaan dan dapat memberi warna terhadap perkembangan UMY.

b. Teater

Telah dipercaya untuk menggarap sebuah paket produksi teaterisasi puisi dan lagu yang berjudul "kearifan dan penjual kacang" karya MH Ainun Najib yang ditayangkanpada  tanggal 19 Februari 1995 di TPI, dalam rangka  hari raya Idul Fitri.
Telah berhasil mementaskan karya-karya sendiri di berbagai even di DIY dan Jawa Tengah
Selalu ikut dalam Pagelaran Teater Musim Panas.
 
c. Kelompok Paduan Suara

Berdiri tanggal 16 Desember 1994. Prestasi yang pernah diraih antara lain : pada bidang tarik suara juara l putra, juara l putri dan juara 3 putri serta dinobatkan sebagai juara umum putra dan juara umum putri  dalam lomba karaoke se DIY  tahun 1994.

d. Band

Saat ini, Studio UMY merupakan studio paling megah dan elit di banding studio di Universitas lainnya meski baru dibentuk bulan Juni. (Gitar : Fender Stratocaster, Bass : Ibanez, Keyboard : Korg I4, Drum : Pearl, Sound : menggunakan seperangkat Peavey)
Prestasi yang pernah diperoleh adalah termasuk dalam 10 besar festival band mahasiswa se- Jawa Bali pada tahun 1995. Bersama
 
e. Senirupa

Seni rupa dewasa ini adalah alat baru untuk mengenali eksistensialisasi diri, mengorganisasikan mode-mode kepekaan baru. Untuk merespon fungsi-fungsi baru tadi tentu diperlukan kemampuan penciptaan sebuah karya seni. Keinginan beberapa mahasiswa untuk dapat berekspresi dalam bidang seni rupa tertahan karena belum adanya fasilitas yang mendukung. Maka berawal dari itu maka lahirlah Unit Kegiatan mahasiswa Seni Rupa (UKM Seni Rupa) yang diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1997. UKM ini ingin menyediakan wadah bagi mahasiswa UMY yang tertarik untuk terjun di bidang seni rupa, baik sarasehan, pelatihan atau pameran.

f. Fotografi

Sebagai mahasiswa, selain bidang studi yang ditekuni tentulah dia juga mempunyai minat atau bakat dalam bidang tertentu. UKM Fotografi dibentuk agar mahasiwa UMY peminat fotografi bersama-sama belajar mendalami/mengasah kemampuan fotografinya. Dengan belajar bersama akan dapat saling bertukar informasi dan pengalaman. UKM Fotografi didirikan pada tanggal 17 Agustus 1997 bersamaan dengan peresmian kampus terpadu. Dalam berbagai programnya UKM Fotografi UMY telah meleksanakan diklat bagi mahasiswa UMY dan  umum, pemotretan bersama/hunting, mengikuti perlombaan tingkat nasional, pameran foto dan kegiatan lain yang mendukdung.

g. Muhammadiyah MultiMedia Kine Club

Muhammadiyah Multi Media Kine Klub (MMKK) dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1997 yang dimotori oleh rekan-rekan dari fisipol. Tujuan semula adalah untuk mengantisipasi akan kebutuhan akan studi kasus dan kemampuan untuk menganalisa kasus-kasus yangada. Akan tetapi dalam perkembangannya MMKK diusulkan menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di UMY. Sehingga lingkup geraknya menjadi lebih luas. Di dalam MMKK program kerja yang utama adalah penelaahan,pengkajian  dan refleksi dari film-film. Fil tersebut tidak hanya film komersiil saja akan tetapi juga film-film dokumenter maupun tampilan iklan. MMKK mempunyai link ke UMY, Muhammadiyah dan Sekretariat Nasional Kine Klub Indonesia.

h. Gamelan

3. Bidang Olah Raga
   a. Tapak Suci

   b. Kyokushinkai Berdiri sejak tahun 1989.
Prestasi yang pernah diraih adalah pernah memperoleh juara pada kejuaraan karate full contact di Jakarta pada bulan november 1997 (Aempai sf Lubis). Karateka mahasiswi Hukum UMY, Endang Wahyuniyati  pernah meraih juara faforit pada kejuaraan karate full contact se DIY Jateng dan Jatim pada bulan mei 1997. Disamping itu dojo Kyokushingkai UMY itu pernah 3 kali menjadi tuan rumah kejuaraan daerah.

   c. Taekwondo
   d. Sepak Bola
Prestasi terakhir yang kami ketahui adalah juara liga mahasiswa yogyakarta tahun 97
   e. Bola Voli
   f. Sepak Takraw
   g. Bola Basket
   h. Tenis Meja
   i. Bulu Tangkis 


4. Khusus
   a. Koperasi Mahasiswa
   b. Pramuka
   c. Mahasiswa Pecinta Alam
Pernah menyelenggarakan Jambore Nasional Mapala PTM beberapa waktu lalu.

Berkali-kali menyelenggarakan Lomba Panjat Dinding Nasional maupun Regional. 


   d. Resimen Mahasiswa

Di tingkat fakultas dibentuk Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) dan Senat Mahasiswa Fakultas (SMF). Sementara itu ditingkat jurusan dibentuk Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), sedangkan ditingkat kelas dalam satu jurusan dibentuk Komisariat Senat Mahasiswa (KOSEMA).
Untuk pengembangan alumni, telah dirintis pembentukan wadah alunmi UMY yang diberi nama "Keluarga Alumni UMY" disingkat  " KAUMY ". Pembentukan wadah alumni dilakukan dalam reuni dan musyawarah 1 alumni yang dilaksanakan tanggal 27 Agustus 1997 di kampus UMY.
Selain organisasi mahasiswa universiter, dilingkungan UMY berkembang juga organisasi ekstra universiter. Sesuai dengan kaidah PTM maka salah satu organisasi eksta universiter yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) diberi kesempatan mengembangkan aktifitasnya secara formal di kampus UMY. Dengan demikian IMM memainkan perannya secara khusus di dalam kampus UMY. Selain mengembangkan berbagai aktivitas sesuai program kerjanya, IMM secara khusus juga bertanggung jawab terhadap pelaksanaan dakwah di kampus. Ditingkat universitas, IMM memiliki koordinator komisariat (KORKOM), sedang di tingkat fakultas dibentuk komisariat.


Fasilitas Kampus

Ruang Belajar dan Laboratorium

  • Ruang Belajar
    UMY menyediakan ruang belajar yang nyaman dilengkapi dengan pendingin ruangan, LCD Projector, dll.
  • Laboratorium penelitian
    UMY memiliki beberapa laboratorium penelitian yang telah menghasilkan beberapa hasil penelitian penting.

Pusat Pelatihan

  • Pusat Pelatihan Bahasa
  • Pusat Pelatihan Komputer UMY

Klinik Kesehatan

Klinik Kesehatan Umum
UMY menyediakan fasilitas klinik kesehatan umum untuk memberi kemudahan bagi civitas akademika UMY untuk mendapat pelayanan kesehatan yang mudah.

Perpustakaan

  • Perpustakaan Pusat
    Berisi Informasi mengenai perpustakaan pusat terpadu UMY
  • Perpusatakaan Fakultas
  • Digital Library
    Pengembangan perpustakaan On Line UMY

Sarana Olahraga

  • Lapangan Futsal
  • Lapangan Bola Basket dan Bola Voli
  • Gelanggang Olahraga

Akses Internet

  • Akses Internet per Fakultas menggunakan Teknologi Wi-Fi

  • Warung Internet
    Warung Internet yang disediakan untuk mahasiswa UMY dengan harga murah dan akses yang cepat.

Pusat Komputer dan Intranet UMY

  • Pusat Komputer UMY
  • Jaringan Intranet UMY
    UMY saat ini sedang mengembangkan fasilitas jaringan intranet UMY

ID Card

Penggunaan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang lebih modern

Asrama Gratis

Jaminan Karir

Jumlah Buku Perpustakaan 36152
Kepemilikian Kampus Swasta

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Diploma SPP = 1.000.000 dan Biaya SKS variabel antara Rp.50.000-Rp.75.000
Sardjana SPP = 1.000.000 dan Biaya SKS variabel antara Rp.50.000-Rp.75.000

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Ekonomi Akreditasi : B
Nama Jurusan Ilmu Ekonomi Akreditasi : B
Nama Jurusan Manajemen Akreditasi : B
Nama Jurusan Akuntansi Akreditasi : A
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 3     Magister :     Doktorat :
Fakultas Teknik Akreditasi : B
Nama Jurusan Teknik Mesin Akreditasi : B
Nama Jurusan Teknik Elektro Akreditasi : C
Nama Jurusan Teknik Sipil Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 3     Magister :     Doktorat :
Fakultas Kedokteran Akreditasi : B
Nama Jurusan Pendidikan Dokter Gigi Akreditasi : B
Nama Jurusan Kedokteran Umum Akreditasi : B
Nama Jurusan Keperawatan Akreditasi : C
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 3     Magister :     Doktorat :
Fakultas Pertanian Akreditasi : B
Nama Jurusan Agroteknologi Akreditasi : B
Nama Jurusan Agrobisnis Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 2     Magister :     Doktorat :
Fakultas Agama Islam Akreditasi : B
Nama Jurusan Pendidikan Agama Islam Akreditasi : B
Nama Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Akreditasi : B
Nama Jurusan Ekonomi dan Perbankan Islam Akreditasi : C
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 3     Magister :     Doktorat :
Fakultas Hukum Akreditasi : B
Nama Jurusan Ilmu Hukum Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 2     Magister :     Doktorat :
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Akreditasi : A, B
Nama Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Akreditasi : A
Nama Jurusan Ilmu Pemerintahan Akreditasi : A
Nama Jurusan Ilmu Komunikasi Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 3     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Tipe Ujian Masuk Jalur TES (Computer Based Test)

Jalur NON TEST (PBUD, PBUP, PSB, PMDK)

Penerimaan Bibit Unggul Daerah (PBUD)

PBUD ditujukan bagi siswa kelas 3 SMA/SMK/sederajat yang akan lulus 2009 dan meraih peringkat 10 besar di kelas, sejak kelas 1  s/d kelas 3 (Semester 1).

Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB)

PSB ditujukan bagi siswa-siswi yang memiliki prestasi berbagai bidang seperti olah raga, seni, budaya, penalaran (misal Olimpiade, Karya Ilmiah, Debat, dll).

Prestasi yang dimaksud adalah pernah menjadi juara atau finalis di berbagai kegiatan di tingkat Nasional atau Propinsi atau Kabupaten.

Penerimaan Bibit Unggul Persyarikatan (PBUP)

PBUP ditujukan bagi siswa-siswi Angkatan Muda Muhammadiyah yang aktif di organisasi seperti Tapak Suci, IRM, dan HW.

Penerimaan Berdasar Minat Dan Kemampuan (PMDK)

PMDK ditujukan untuk semua siswa kelas 3 SMA/SMK/sederajat yang akan lulus 2009, yang memiliki minat atau kemampuan di bidang tertentu.

Seleksi awal berdasar pada pencapaian prestasi akademik kelas 1 s/d kelas 3 (semester 1) dengan nilai rata-rata minimal 7,0.

Tanggal Ujian Masuk JALUR TEST
Computer Based Test (CBT) = 1 Desember 2008 - 29 Agustus 2009
    Reguler Gelombang 1 = 1- 29 Mei 2009
    Reguler Gelombang 2 = 4 Juni - 3 Juli 2009
    Reguler Gelombang 3 = 9 Juli - 21 Agustus 2009

JALUR NON TEST
TAHAP I 1 Desember 2008 s/d 31 Januari 2009
TAHAP II 2 Februari s/d 14 Maret  2009
TAHAP III 1 Mei s/d 13 Juni 2009
Keterangan

Syarat pendaftaran Mahasiswa Baru UMY:

  1. Warga Negara Indonesia. Bagi Warga Negara Asing harus di sertai surat ijin dari Dirjen Dikti Depdiknas dan di serahkan pada saat registrasi ( setelah dinyatakan di terima di UMY).
  2. Lulusan SMU/SMK/ MAN/ SLTA/SMA semua jurusan.
  3. Mengisi formulir pendaftaran di meja informasi
  4. Membayar biaya pendaftaran untuk 2 pilihan Program Studi dalam satu kelompok IPA atau IPS sebesar Rp. 100.000,-
  5. Menyerahkan formulir pendaftaran dengan melampirkan:
    • foto kopi ijasah/ surat tanda lulus yang dilegalisir sebanyak 1 lembar
    • pas foto warna/hitam putih terbaru ukuran 3×4 cm dua lembar (foto sama dengan yang tertempel di ijasah atau KTP atau Kartu Pelajar
  6. FC Raport bagi yang mendaftar ke: HI Internasional dan Hukum kelas khusus

Ketentuan Umum

  1. Siswa yang sedang menduduki kelas 3 (tiga) SMA/SMK/MAN/ atau yang sederajat.
  2. Tidak memiliki cacat yang dapat menghambat proses belajar di perkuliahan.
  3. Dalam 1 formulir pendaftaran, siswa berhak memilih 2 program studi dalam 1 kelompok IPA atau IPS.
  4. Apabila memiliki keinginan memilih program studi dari kedua kelompok, siswa harus mengisi 2 formulir pendaftaran.
  5. Program studi pendidikan Dokter dan Kedokteran Gigi hanya menerima siswa SMA jurusan IPA

Pengunduran Diri

Pengunduran diri berlaku apabila calon mahasiswa baru sudah melakukan registrasi penuh (bukan pra registrasi). Mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi diperkenankan mengundurkan diri sebagai mahasiswa baru UMY karena diterima di PTN BHMN, yaitu UGM, UI, ITB, IPB, ITS, USU atau UNAIR jenjang S1 reguler (bukan ekstensi).
UMY AKAN MENGEMBALIKAN SEBAGIAN DARI BIAYA YANG TELAH DIBAYARKAN SESUAI SURAT KEPUTUSAN PIMPINAN UMY


Syarat Pendaftaran Jalur Tanpa Tes :

  1. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap.
  2. Melengkapi formulir dengan melampirkan :- Foto kopi  raport kelas 1 s/d kelas 3  (Semester 1).

    - Pasfoto ukuran 3×4, hitam putih, 1  lembar

    - Lampiran  tambahan khusus PBUD & PMDK

    - Surat pengantar dari Kepala Sekolah

    - Foto kopi kartu anggota organisasi.

    - Rekomendasi dari Pengurus Organisasi.

    - Rekomendasi   dari   Pimpinan  Muhammadiyah setempat.

    - Lampiran  tambahan khusus PSB

    - Fotokopi sertifikat atau surat keterangan berprestasi

  3. Perangko balasan kilat.
  4. Mengirim formulir beserta lampiran ke Rektor Universitas

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Univ. Muhammadiyah Yogyakarta
Telp (0274) 387656
Email rektorat@umy.ac.id/info_mmumy@yahoo.com
Alamat Kampus Terpadu UMY
Jl.Lingkar Selatan Tamantirto,Bantul
Yogyakarta 55183

Register Contact Details

Nama Univ. Muhammadiyah Yogyakarta
Telp (0274) 387656
Email rektorat@umy.ac.id/info_mmumy@yahoo.com
Alamat Kampus Terpadu UMY
Jl.Lingkar Selatan Tamantirto,Bantul
Yogyakarta 55183

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar