Universitas Borobudur

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Universitas Borobudur
Akronim : UB
Tahun Berdiri : 1981

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi DKI Jakarta
Kota Jakarta
Alamat Universitas Jalan Raya Klimalang No.1
Jakarta
Kode Pos 13620
Telp 021-8618293
Telp2 021-8613877
Fax 0218622139
Email unbor@jakarta 7.wasantara.net.id
Website www.universitasborobudur.ac.id

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Bachelor - %
Master - %
Doctorate - %
Jumlah Pengajar 533 orang

PENGETAHUAN

Deskripsi

Universitas Borobudur Adalah institusi pendidikan tinggi di Jakarta yang didirikan pada tahun 1981. UNBOR diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Borobudur, suatu lembaga berbadan hukum yang dibentuk dengan akte Notaris Raden Imam Soesatyo Prawirokoesoemo No. 5 tahun 1971. Dalam menjalankan visi dan misinya UNBOR telah mendapat apresiasi yang sangat tinggi oleh masyarakat luas. UNBOR dianggap sebagai salah satu pendidikan tinggi andalan di Ibu Kota Jakarta yang menyajikan pendidikan yang berkualitas dan menciptakan lulusan yang mempunyai kompetensi akademik dan profesional tinggi. Semua upaya dan hasil pendidikan di Universitas Borobudur diintegrasikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat melalui penguasaan ilmu, teknologi, budaya dan seni.

Sampai dengan tahun kuliah 2008, jumlah program studi yang dikelola oleh Universitas Borobudur sebanyak 18 program yang terdiri atas 2 program Diploma (D-III), 13 program Sarjana (S-1), 2 program Magister (S-2) dan 1 program Doktor (S-3). Jumlah mahasiswa aktif yang belajar di seluruh program studi pada tahun kuliah 2006-2007 sekitar 4.000 orang, yang diasuh oleh sekitar 200 orang dosen biasa (dosen tetap) dan lebih dari 100 orang dosen luar biasa (tidak tetap). Semua sistem layanan akademik dan administratif menggunakan basis teknologi informasi untuk menjamin bentuk layanan yang efektif, efisien dan akurat.

Sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat tentang layanan pendidikan tinggi yang berkualitas, Universitas Borobudur selalu mengembangkan diri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut. Kurikulum pendidikan dievaluasi dan ditinjau kembali secara periodik, kualitas dosen dari sisi penguasaan keilmuan dan teknologi pembelajaran ditingkatkan, dan layanan administrasi secara sistemik terus dibangun. Hasilnya adalah pengakuan masyarakat terhadap kualitas pendidikan yang dikelola oleh Universitas Borobudur.

Kegiatan pendidikan Universitas Pendidikan Borobudur dilaksanakan di 3 (tiga) kampus. Kampus A (Kampus Induk) terletak di Jalan Raya Kalimalang No. 1 Jakarta Timur. Kampus B terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 5 Jakarta Timur. Dan, Kampus C terletak di Jalan Pemuda No. 7 Rawamangun Jakarta.

Visi

Menjadi institusi yang berwibawa, dinamis dan diperhitungkan oleh para stakeholders di masa depan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berpendidikan tinggi.

Misi

Menemukan Pengetahuan Baru. Universitas Borobudur mendorong dosen untuk selalu terlibat dan menyiapkan mahasiswa pada upaya ilmiah, kegiatan kreatif dan penelitian ilmiah sesuai dengan minat individu, misi institusi dan kebutuhan masyarakat,
Meneruskan Pengetahuan. Universitas Borobudur menyajikan pengalaman belajar yang berkualitas kepada mahasiswa dan masyarakat lainnya di dalam maupun di luar kampus agar mereka mampu berfikir kritis, berkomunikasi secara efektif, menggunakan penge-tahuan dan teknologi, dan berkarya secara kreatif dalam konteks budaya lingkungannya sendiri maupun budaya lainnya,
Memberdayakan Pengetahuan. Universitas Borobudur bertanggung jawab atas pemenu-han kebutuhan masyarakat di sekitar kampus dan kelompok masyarakat lainnya melalui penerjemahan atau penerapan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk ke-pentingan masyarakat, dan melalui penyediaan tenaga kepemimpinan dan bantuan pro-fesional pada program-program yang dimaksudkan untuk memberdayakan kehidupan masyarakat,
Memelihara Pengetahuan. Universitas Borobudur memperhatikan dan berbuat sesuatu untuk memelihara warisan budaya, pengetahuan, dan sumber daya alam dan budaya untuk kemakmuran bangsa.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Jumlah Mahasiswa 4038 orang
Aktivitas Sosial
  • Mendirikan POSKO banjir bagi masyarakat Jakarta Timur dengan memberikan bantuan cuma-cuma makanan dan kesehatan.    
  • Pembinaan Desa Tertinggal (Desa binaan)    
  • Pembangunan tempat ibadah di Jakarta dan Kotamobago Sulawesi Utara    
  • Penyelenggaraan Pendidikan Keagamaan yang berbentuk TPA bagi anak berusia 5 s/d 19 th    
  • Pemberian bea siswa bagi masyarakat yang tidak mampu    
  • Memberikan penyuluhan kepada masyarakat Usaha Kecil dan Menengah di Cilincing, Jatinegara, dan Klender.    
  • Donor darah bekerjasama dengan PMI.    
  • Penyuluhan pengembangan tanaman obat di setiap Kelurahan Jakarta Timur.    
  • Memberikan santunan kepada anak yatim piatu di berbagai Panti Asuhan di Jakarta Timur.    
  • Menyelengarakan Khitanan Massal setiap 2 kali setahun di Kampus    
  • Penyuluhan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi bekerjasama dengan Pemda  DKI
Fasilitas Kampus

Luas Kampus: Kampus A : lahan 4 hektare, bangunan Blok A (4 lantai) 5.600 m2, Blok B (4 lantai) 5.600 m2, Blok C (4 lantai) 5.600 m2, Blok D (8 lantai) 14.080 m2, Blok Standar (1 buah), 1.600 m2, Kampus B : lahan 1.500 m2 dengan bangunan berlantai 6, dengan masing kampus memiliki ruangan untuk kampus A sebanyak 189 ruang, dan kampus B sebanyak 8 ruang.

Laboratorium : terdapat di Fakultas Pertanian sebanyak 10 unit, Fakultas Teknik 10 unit, Fakultas Ekonomi sebanyak 4 unit, Fakultas Ilmu Komputer sebanyak 2 unit, Akademi Fakultas Bahasa Asing Borobudur sebanyak 2 unit.

Lembaga Penelitian: Lembaga Penelitian Universitas Borobudur.

Unit Kegiatan Mahasiswa : Pencinta alam, seni budaya, keagamaan(Islam,Oikumene,Budha, Menwa, Olahraga seperti sepak bola, basket, voli, tenis meja,dan bela diri seperti taekwondo, karate dan Merpati Putih.

Fasilitas lainnya : Lapangan Olahraga, kantin, koperasi dan kebun percobaan.

Jumlah Buku Perpustakaan 13.268 judul buku, 82.996 eksemplar.
Kepemilikian Kampus Milik sendiri

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Akademi Dana Pengembangan : Rp.1.000.000, Biaya Rata-rata Per Semester : Rp.3.500.000 ( sudah termasuk biaya sks dan ujian)
Diploma Dana Pengembangan : Rp.1.000.000, Biaya Rata-rata Per Semester : Rp.3.500.000 ( sudah termasuk biaya sks dan ujian)
Sardjana Dana Pengembangan : Rp.3.000.000, Biaya Rata-rata Per Semester : Rp.3.500.000 ( sudah termasuk biaya sks dan ujian)

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi No

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Hukum Akreditasi : A
Nama Jurusan Ilmu Hukum Akreditasi : A
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Ekonomi Akreditasi : A
Nama Jurusan Manajemen Akreditasi : A
Nama Jurusan Akuntansi Akreditasi : A
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Teknologi Informasi Akreditasi :
Nama Jurusan Sistem Informasi Akreditasi : A
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Tipe Ujian Masuk

Ujian Tulis
Materi: Tes Potensi Akademik, Ilmu Pengetahuan Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu pengetahuan Sosial

Cara Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru :

  • Membayar biaya Pendaftaran Rp. 150.000,-
  • Mengisi Formulir Pendaftaran
  • Mengisi Form Jadwal Pembayaran Angsuran Biaya Pendidikan
  • Menyerahkan 2 Lembar legalisir Ijazah SMU/SMK, (Bisa disusulkan setelah Ijazah dikeluarkan oleh sekolah masing-masing)
Tanggal Ujian Masuk

Pelaksanaan ujian tertulis dilaksanakan setiap hari Sabtu Pukul 10.00-12.00 WIB, dimulai pada tanggal : 01 Desember 2008 - 30 Agustus 2009.

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Marketing
Telp 021-5628136, 021-32648763
Email unbor@jakarta 7.wasantara.net.id
Alamat Jl. Raya Kalimalang No. 1
Jakarta Timur

Register Contact Details

Nama Register
Telp 021-5628136, 021-32648763
Email -
Alamat Kampus Kalimalang
Jl. Raya Kalimalang No. 1
Jakarta Timur

Kampus Pemuda
Jl. Raya Pemuda No.
Jakarta Timur,
Telp. 021-32648763

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar