Universitas Bina Nusantara

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Universitas Bina Nusantara
Akronim : BINUS
Tahun Berdiri : 1981

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi DKI Jakarta
Kota Jakarta
Alamat Universitas Kampus Syahdan: Jln K.H Syahdan 9, Kemanggisan, Palmerah
Kampus Anggrek: Jln Kebon Jeruk Raya 27, Kemanggisan, Palmerah
Kampus Kijang: Jln Kemanggisan Ilir III/45, Kemanggisan, Palmerah
Kode Pos 11480
Telp 021 - 5345830
Telp2 021 - 5340660
Fax 021 - 5300244
Email pmb@binus.ac.id
Website http://www.binus.ac.id

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

Akreditasi Indonesia -
Akreditasi Internasional -
Akreditasi Lainnya ISO-9001 Certification

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Bachelor - %
Master - %
Doctorate - %
Jumlah Pengajar 1500

PENGETAHUAN

Deskripsi

BINUS UNIVERSITY pada awalnya adalah sebuah lembaga pendidikan komputer jangka pendek yang berdiri pada tanggal 21 Oktober 1974 dengan nama Modern Computer Course. Berkat landasan yang kuat, visi yang jelas, dan dedikasi tinggi yang berkesinambungan, lembaga ini terus berkembang.

Pada tanggal 1 Juli 1981, karena banyaknya peminat dan pesatnya pertumbuhan, lembaga pendidikan komputer ini berkembang menjadi Akademi Teknik Komputer (ATK) dengan jurusan Manajemen Informatika dan Teknologi Informasi. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 13 Juli 1984, ATK mendapat status Terdaftar dan berubah menjadi Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Jakarta. Kemudian pada tanggal 1 Juli 1985, dibuka jurusan Komputerisasi Akuntansi, dan pada tanggal 21 September 1985, AMIK Jakarta berganti nama menjadi AMIK BINA NUSANTARA.

Dalam usia mudanya, sebuah prestasi emas ditoreh AMIK BINA NUSANTARA dengan terpilih sebagai Akademi Komputer Terbaik oleh Depdikbud melalui Kopertis Wilayah III Jakarta pada tanggal 17 Maret 1986.

Berkat makin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan tenaga-tenaga andal dalam bidang teknologi informasi, pada tanggal 1 Juli 1986, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) BINA NUSANTARA didirikan dengan Program Strata-1 (S1) jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Informatika. Bersamaan dengan itu juga dibuka jurusan Teknik Komputer (S1).

Pada tanggal 9 November 1987, AMIK BINA NUSANTARA dilebur ke dalam STMIK BINA NUSANTARA sehingga terbentuk sebuah lembaga yang menyelenggarakan Program Diploma III (DIII) dan Strata-1 (S1). STMIK BINA NUSANTARA berhasil memperoleh status "Disamakan" untuk semua jurusan dan jenjang pada tanggal 18 Maret 1992, dan pada tanggal 10 Mei 1993 mendapat kepercayaan untuk membuka Program Magister Manajemen Sistem Informasi, salah satu Program Pascasarjana pertama di Indonesia di bidang tersebut.

Pada tanggal 8 Agustus 1996, BINUS UNIVERSITY berdiri dan secara sah diakui oleh pemerintah. STMIK BINA NUSANTARA kemudian melebur ke dalam BINUS UNIVERSITY pada tanggal 20 Desember 1998, sehingga BINUS UNIVERSITY memiliki : Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra, Fakultas MIPA, dan Program Pascasarjana.

Visi

Vision
“A World-class university
 … In continuous pursuit of innovation and enterprise”

Key Words

What do we mean by…?

World-class

Internationally recognized best practices

Knowledge institution

A firm characterized by the utilization of evolving knowledge to create economic value through its distinctive competences

Innovation

The economically successful introduction and application of new and existing scientific knowledge for practical purposes in order to create superior stakeholder value

Enterprise

Innovative business practices relating to an individual or organization’s capability to drive positive changes in the global market and environment

Misi
  1. To implement educational programs that support the development and application of information technology, mastery of foreign language, communication, leadership, innovation and business skill, and good characters
  2. To provide an infrastructure and environment conducive to the implementation of effective and efficient study in order to produce graduates who are skilled, creative, and innovative
  3. To maintain the relationship and relevance between academic activities and the demand for global socio-economic and industrial development
  4. To cooperate with other institution, both locally and internationally, in order to ensure that the knowledge and skills are always kept up dated and appropriate to the needs
  5. To establish the BINUSIAN Community that promotes quality, culture, values, and a work ethic within the organization.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Indonesia, Inggris, Mandarin
Jumlah Mahasiswa 4000
Aktivitas Sosial BNEC ( Bina Nusantara English Community )
BNCC ( Bina Nusantara Computer Club )
BNMC ( Bina Nusantara Mandarin Club )
Nippon Club
B-Voice
Swaranapalapa ( Pecinta Alam )
CIA ( Camera in Action )
BMS ( Bina Nusantara Moslem Society )
CIC ( Community in Crist )
ICM ( Interactive Creative Media )
Dll
Fasilitas Kampus

Perpustakaan
Perpustakaan ini memiliki kurang lebih 70.000 eksemplar koleksi, yang terdiri dari koleksi tercetak, jurnal ilmiah dalam dan luar negeri, CD ROM, VCD, kaset, majalah, dan koran yang diolah dan disusun sesuai dengan sistem Dewey Decimal Classification (DDC). Selain itu, juga terdapat fasilitas hot spot yang berlokasi di ruang baca.

Laboratorium
Binus mempunyai 29 unit laboratorium, yang rata2 dapat menampung 15o mahasiswa untuk 1 unit laboratorium.

Ruang Kuliah
Untuk mendukung sistem perkuliahan mahasiswa, tersedia 95 ruang kelas di Kampus Anggrek, 19 ruang kelas di Kampus Kijang,38 ruang kelas di Kampus Syahdan, 24 ruang kelas di kampus Joseph Wibowo Center dan 7 ruang model theater, dimana setiap ruang kelas telah di lengkapi dengan LCD projector, papan tulis, dan pendingin udara, Selain itu juga setiap ruangan dilengkapi dengan satu buah unit komputer dan akses internet untuk menunjang sistem perkuliahan yang ada di BINUS UNIVERSITY.

Lembaga Penelitian CRCS ( Center for Research & Community Services )

Binus Maya
Alami perkuliahan menggunakan teknologi informasi terkini melalui aplikasi BINUS Maya. BINUS Maya adalah LMS (Learning Management System) yang dikembangkan secara khusus oleh BINUS untuk mendukung pembelajaran mata kuliah tertentu dengan sistem Multi Channel Learning. Melalui sistem MCL, mahasiswa dapat menjadi pembelajar yang mandiri, tidak bergantung pada kegiatan tatap muka dengan dosen saja, namun melalui banyak cara dan sumber, termasuk melalui internet.

Binus Phone Service
BINUS Phone Service (BPS) merupakan hasil penerapan teknologi informasi. BPS memberikan fasilitas kepada BINUSIAN untuk memperoleh informasi nilai ujian, indeks prestasi, nilai praktikum, registrasi KRS (Kartu Rencana Studi), atau bahkan pendaftaran mahasiswa baru melalui telepon. BINUSIAN dapat menggunakan fasilitas ini dengan menghubungi nomor (+62-21) 534-9117.

Binusian Card
BINUSIAN Card merupakan kartu tanda pengenal bagi BINUSIAN (siswa, mahasiswa aktif, alumni, tenaga pengajar, peserta training dan karyawan BINUS). Selain sebagai tanda pengenal, BINUSIAN Card dapat digunakan untuk mengakses informasi yang berhubungan dengan kegiatan perkuliahan atau aktivitas kampus lainnya secara on-line. Karyawan BINUS juga dapat menggunakan BINUSIAN Card untuk mendapatkan pelayanan yang berhubungan dengan pekerjaan. BINUSIAN Card juga dapat dimanfaatkan sebagai kartu diskon di berbagai merchant. Saat ini BINUS telah menjalin kerja sama dengan berbagai merchant, tidak hanya di dalam kota melainkan juga di luar kota.

Binus @ccess
BINUS@ccess memberikan sarana akses intranet dan internet bagi BINUSIAN. Akses ini bahkan tidak terbatas di area kampus, tetapi juga pada area 5 km di sekitar kampus sehingga BINUSIAN dapat memanfaatkannya saat berada di area umum atau bahkan di kamar kos. Khusus di dalam area kampus, mahasiswa dapat menggunakan jaringan WiFi tanpa dikenakan biaya (free). Jaringan antar kampus juga menggunakan fiber optic, sehingga akses intranet dari area 5 km sekitar kampus ke semua kampus BINUS UNIVERSITY dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Demikian pula, infrastuktur internet yang dibangun dengan bandwidth 20 MBps (international link) dan 1 GB (national link) membuat BINUSIAN dapat berkomunikasi dan memiliki akses informasi yang mudah dan cepat namun berbiaya murah.

Jumlah Buku Perpustakaan 15726
Kepemilikian Kampus Swasta

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Akademi -
Diploma Rp.22.600.000,00 (Total)
Sardjana Rp.22.500.000,00 - Rp. 50.000.000,00 (Total)
Magister -
Doktorat -

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Sains dan Teknologi Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Industri Akreditasi : B
Nama Jurusan Teknik Sipil Akreditasi : C
Nama Jurusan Arsitektur Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Psikologi Akreditasi :
Nama Jurusan Psikologi Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Ilmu Komputer Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Informatika Akreditasi : B
Nama Jurusan Sistem Informasi Akreditasi : B
Nama Jurusan Teknik Komputer Akreditasi : B
Nama Jurusan Komputerisasi Akuntansi Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 4     Magister :     Doktorat :
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Akreditasi :
Nama Jurusan Akuntansi Akreditasi : B
Nama Jurusan Manajemen Akreditasi : B
Nama Jurusan Hotel Management Akreditasi : C
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Bahasa dan Budaya Akreditasi :
Nama Jurusan Sastra Cina Akreditasi : B
Nama Jurusan Sastra Jepang Akreditasi : B
Nama Jurusan Sastra Inggris Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Komunikasi dan Multimedia Akreditasi :
Nama Jurusan Design Komunikasi Visual Akreditasi : B
Nama Jurusan Marketing Komunikasi Akreditasi : B
Nama Jurusan Desain Interior Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Program Ganda Akreditasi :
Nama Jurusan Matematika & Teknik Informatika Akreditasi : B
Nama Jurusan Statistika & Teknik Informatika Akreditasi : B
Nama Jurusan Manajemen & Sistem Informasi Akreditasi : B
Nama Jurusan Akuntansi & Sistem Informasi Akreditasi : B
Nama Jurusan Teknik Industri & Manajemen Akreditasi : B
Nama Jurusan Teknik Industri & Sistem Informasi Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Tipe Ujian Masuk

Ujian Saringan Masuk
Penerimaan Mahasiswa Baru dilakukan dengan mengikuti Ujian Saringan Masuk yang telah dijadwalkan oleh pihak Kampus.

Pendaftaran Mahasiswa Baru terbagi atas 3 yaitu

  1. Biasa, Pendaftar merupakan siswa/i SMA
  2. Beasiswa,terdiri dari Beasiswa Prestasi Sekolah,Beasiswa Olahraga dan seni,dan baesiswa Ujian Saringan Masuk
  3. Kerjasama, adanya kerjasama dengan sekolah atau Universitas Tertentu.

Jadwal Pendaftaran Mahasiswa Baru BINUS UNIVERSITY Tahun Akademik 2009/2010  :

  1. Pendaftaran : 16 Maret - 14 Mei 2009, Pembelian Formulir dilakukan di Customer Service BINUS UNIVERSITY di Kampus   Anggrek (kebon Jeruk
  2. Pengembalian Formulir : 16 Maret - 14 Mei 2009
  3. Ujian Saringan Masuk : 17 Mei 2009
  4. Pengumuman Hasil Ujian : 20 Mei 2009

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Customer Services
Telp +62 (21) 53696969
Email pmb@binus.edu
Alamat Ruang Admisi, Lantai 1
Kampus Anggrek - BINUS UNIVERSITY
Jl. Kebon Jeruk Raya No.27,
Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Register Contact Details

Nama Customer Services
Telp +62 (21) 53696969
Email pmb@binus.edu
Alamat Ruang Admisi, Lantai 1
Kampus Anggrek - BINUS UNIVERSITY
Jl. Kebon Jeruk Raya No.27,
Kebon Jeruk, Jakarta Barat

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar