Universitas Gadjah Mada

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Universitas Gadjah Mada
Akronim : UGM
Tahun Berdiri : 19 Desember 1949

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi DI Yogyakarta
Kota Yogyakarta
Alamat Universitas Kampus Bulaksumur, Jl. Kaliurang, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Kode Pos 55281
Telp (0274) 6491936
Fax (0274) 6491936
Email webugm@ugm.ac.id
Website http://www.ugm.ac.id

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

Akreditasi Indonesia A

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Bachelor 478 %
Master 1.168 %
Doctorate 605 %
Jumlah Pengajar 2477

PENGETAHUAN

Deskripsi

Universitas Gadjah Mada resmi didirikan pada tanggal 19 Desember 1949 dan merupakan Universitas yang bersifat nasional. Selain itu Universitas Gadjah Mada juga berperan sebagai pengemban Pancasila dan Universitas pembina di Indonesia

Universitas Gadjah Mada (UGM) yang sejak 26 Desember 2000 berstatus Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT-BHMN) --sebelumnya berstatus Negeri-- adalah universitas tertua dan terbesar di Indonesia. Tertua, karena lembaga pendidikan ini lahir pada 19 Desember 1949. Terbesar, karena hingga kini universitas nasional pertama ini memiliki fakultas terbanyak: 18 fakultas dengan 73 program studi S1, 28 program studi diploma, 62 program pascasarjana.

Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Visi Menjadi universitas riset kelas dunia yang unggul, mandiri, bermartabat, dan dengan dijiwai Pancasila mengabdi kepada kepentingan dan kemakmuran bangsa.
Misi
      Misi Umum :
    • Melaksanakan pembelajaran dan pengabdian berbasis riset.
      Misi Khusus :
    • Meningkatkan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berkelas dunia, beridentitas kerakyatan serta membangun sosio-budaya Indonesia
    • Menuntaskan transisi UGM menjadi universitas yang mandiri dan mempunyai tata kelola yang baik (Good University Governance).

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Indonesia, Inggris
Jumlah Mahasiswa 41822
Aktivitas Sosial Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada (LPPM UGM) adalah suatu lembaga yang terbentuk dari penggabungan antara Lembaga Penelitian UGM dengan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat UGM. Dasar penggabungan dua lembaga ini adalah Keputusan Rektor Universitas Gadjah Mada yang tertera dalam SK Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 47/P/SK/HT/2006. Melalui penyatuan ke dua lembaga tersebut diharapkan agar kegiatan penelitian yang dilakukan di UGM dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Diharapkan pula bahwa melalui penyatuan kedua lembaga tersebut maka peran LPPM dalam mendukung terwujudnya visi UGM menjadi Research University bertaraf internasional dapat lebih optimal.

Tugas yang diemban oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada (LPPM UGM) adalah memfasilitasi, mengkoodinasi, dan melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Gadjah Mada. Berpijak pada tugas ini maka peran pokok yang diemban oleh LPPM UGM adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Gadjah Mada secara berkesinanbungan dan berkelanjutan.

Layanan LPPM

 

  1. Layanan Masyarakat
    • Kerjasama Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) dalam bidang Sains, Teknologi, Kedokteran, Kesehatan, Agro, Sosial, dan Humaniora, sesuai kebutuhan (needs) dari calon mitra kerta (client).
    • Penyediaan jasa konsultasi penerapan IPTEKS sesuai kebutuhan (needs) dari calon mitra kerja (client).
    • Menyediakan Jasa Pengelolaan Proyek penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan penerapan IPTEKS sesuai kebutuhan mitra kerja (client).
    • Melaksanakan Kulian Kerja Nyata Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM).
    • Melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap usaha kecil dan menengah (UKM).
    • Melakukan promosi dan negoisasi bisnis berbasis hak atas kekayaan intelektual (HKI).
  2. Pelatihan
    • Penjaminan Mutu Penelitian (research quality assurance).
    • Penulisan artikel ilmiah untuk dipublikasikan pada jurnal internasional.
    • Penyusunan proposal penelitian kerjasama, penelitian interdisipliner, dan penelitian berorientasi paten.
    • Penyusunan draf paten (patent draffting).

Tingkat Universitas

  • Organisasi kemahasiswaan di Universitas Gadjah Mada adalah wahana dan sarana pengembangan diri serta aspirasi mahasiswa Universitas Gadjah Mada ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendikiawanan serta integritas kepribadian
  • Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada, disingkat KM UGM adalah organisasi kemahasiswaan di Universitas Gadjah Mada.
  • Organisasi Kemahasiswaan terdiri atas :
    • Badan Kelengkapan Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang meliputi :
      • Kongres Mahasiswa Universitas Gadjah Mada selanjutnya disingkat KMU.
      • Senat Mahasiswa Universitas Gadjah Mada selanjutnya disingkat SMU.
      • Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Gadjah Mada selanjutnya disingkat BEMU.
      • Senat Mahasiswa Fakultas selanjutnya disingkat SMF.
      • Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas selanjutnya disingkat BEMF.
      • Himpunan Mahasiswa Jurusan selanjutnya disingkat HMJ.
    • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Tingkat Fakultas

  • Badan Kelengkapan Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada di tingkat Fakultas terdiri dari :
    • Senat Mahasiswa Fakultas disingkat SMF.
    • Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas disingkat BEMF; dan
    • Himpunan Mahasiswa Jurusan disingkat HMJ, khusus bagi fakultas yang mempunyai jurusan.
  • SMF mempunyai tugas pokok melaksanakan segala ketetapan SPSMF; membuat keputusan-keputusan yang dianggap perlu dalam pelaksanaan GBHK mahasiswa Fakultas; mewakili mahasiswa Fakultas baik ke dalam maupun ke luar Fakultas; dan melaksanakan rapat kerja bersama HMJ sebulan sekali.
  • BEMF mempunyai tugas merencanakan dan melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan jurusannya di bawah koordinasi BEMF berdasarkan SPSMF. BEMF berfungsi sebagai pelaksanaan kegiatan di tingkat kejurusan.
  • Tugas dan fungsi HMJ. HMJ berfungsi sebagai pelaksanaan kegiatan di tingkat jurusan yang mempunyai tugas merencanakan dan melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan jurusannya di bawah koordinasi BEMF berdasarkan SPSMF.
UNIT KEGIATAN MAHASISWA
1. Unit Olahraga
Unit Atletik
, Unit Berkuda, Unit Bola Basket, Unit Bola Volly, Unit Bridge, Unit Bulu Tangkis, Unit Catur, Unit Hockey, Unit Judo, Unit Karate inkai, Unit Karate Kala Hitam, Unit Shorinji Kempo, Unit Merpati putih, Unit Perisai Diri (PD), Unit IKS Pro-Patria, Unit Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT), Unit Renang, Unit Selam, Unit Sepak Bola, Unit Softball & Baseball (USB), Unit Taekwondo, Unit Tenis Lapangan, Unit Tenis Meja, Unit Terjun Payung

2.Unit Kesenian

Unit Fotografi (UFO),
Unit Gama Band, Unit Keroncong, Unit Kesenian Mahasiswa Gaya Surakarta (UKMGS), Unit Kesenian Mahasiswa Gaya Yogyakarta (Swagayugama), Unit Marching band, Unit Paduan Suara Mahasiswa (PSM UGM), Unit Seni Rupa (User), Unit Tari Bali, Unit Teater Gadjah Mada

3.Unit Kerohanian

Jamaah Shalahuddin
, Unit Kerohanian Budha (Keluarga Mahasiswa Budhis), Unit Kerohanian Hindu (Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma), Unit Kerohanian Katholik (Misa Kampus), Unit Kerohanian Kristen

4.Unit Khusus
Badan Penerbitan Pers Mahasiswa Balairung, SKM-Bulaksumur Pos, Mapagama, UKM Pramuka, UKM Resimen Mahasiswa (Menwa), Unit Suporter
Fasilitas Kampus Ruang kuliah: seluas 31.330 m2

Perpustakaan: koleksi buku: 409.464 judul, koleksi lain: majalah dan jurnal 14.056 judul

Laboratorium: seluas 58.786 m2, hampir di semua program studi mempunyai laboratorium (Analisis Kimia dan Fisika Pusat, Ilmu Hayati)

Lembaga penelitian: Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian pada Masyarakat, 28 Pusat Studi (Kebudayaan, Kependudukan dan Kebijakan, Lingkungan Hidup, Pedesaaan dan Kawasan, Perencanaan dan Pembangunan Regional, Obat Tradisional, Jepang, Korea, Jerman, Wanita, Pariwisata, Asia Pasifik, Pancasila, Bencana Alam, Farmakologi, Kinik dan Kebijakan Obat, Pengendalian Hayati, Keamanan dan Perdamaian, Energi, Sumberdaya Lahan, Sumberdaya dan Teknologi Kelautan, Perencanaan dan Manajemen Pendidikan Tinggi, Bioteknologi, Ilmu Teknik, Pangan dan Gizi, Ekonomi dan Kebijakan Publik, Sosial dan Asia Tenggara, Transportasi dan Logistik, Agroindustri)

Kegiatan mahasiswa: 30-an UKM Aktif: Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), DPM, KSM, olahraga (selam, berkuda, bridge, catur, badminton, tenis lapangan, tenis meja, basket, sepakbola, hockey, softball/baseball, voli, atletik, renang, dayung), beladiri (karate, pencak silat, judo, taekwondo, kempo), kesenian (tari Jawa gaya Yogyakarta, tari Jawa gaya Surakarta, tari kreasi baru, Gama Band, PSM, drumband, fotografi, teater, seni rupa), kerohanian (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha), Pramuka, Menwa, BPPM, Ukesma, Mapagama, Koperasi Mahasiswa (Kopma)

Fasilitas lain: 670 gedung dengan luas total 740.000 m2, Pusat Pelatihan Bahasa, Pusat Kedokteran Tropis, Pusat Penginderaan Jauh, Pusat Antar-Universitas (PAU Bioteknologi, PAU Ilmu Teknik, PAU Pangan dan Gizi, dan PAU Studi Ekonomi), Kebun Pendidikan, Pusat Komputer, Pusat Bisnis Universitas (GMUM), Kantor Jaminan Mutu, Rumah Sakit (RSUP) "Dr. Sardjito", klinik lansia, Gama Medical Center, Gama Technocamp, balai pertemuan (UC), gedung pertemuan (GSP), guest house, gelanggang mahasiswa, stadion terbuka, stadion tertutup, asrama mahasiswa (12.164 m2), asrama mahasiswa Magister, Wisma KAGAMA, Wisma UGM di Kaliurang, Auditorium ‘Graha Sabha Pramana’ (2.219 m2), lahan perumahan (266.215 m2), kebun/lahan percobaan (395.199 m2), hutan percobaan (59.114 m2), Gadjah Mada University Press, bimbingan dan konseling, koperasi mahasiswa, lapangan olahraga, taman, area parkir, kantin, poliklinik, Apotek KOSUDGAMA, rumah ibadah, pos polisi, wartel, kantor pos dan giro, BNI, Bank Mandiri, Tempat Penitipan Anak (TPA) Dharma Wanita Unit UGM, Markas Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahakarta
Jumlah Buku Perpustakaan 409.464 jurnal+majalah: 14.056
Kepemilikian Kampus PT-BHMN

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Sardjana (SPP) Rp 500.000 per semester, Rp 60.000 - 75.000 per SKS

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Ekonomi Akreditasi : A
Nama Jurusan Akuntansi Akreditasi : A
Nama Jurusan Manajemen Akreditasi : A
Nama Jurusan Ilmu Ekonomi Akreditasi : A
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 3     Magister : 4     Doktorat : 1
Fakultas Biologi Akreditasi :
Nama Jurusan Biologi Akreditasi : A
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Farmasi Akreditasi :
Nama Jurusan Farmasi Akreditasi : A
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Hukum Akreditasi :
Nama Jurusan Ilmu Hukum Akreditasi : A
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Filsafat Akreditasi :
Nama Jurusan Ilmu Filsafat Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Teknik Akreditasi :
Nama Jurusan Arsitektur Akreditasi : A
Nama Jurusan Perencanaan Kota Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Elektro Akreditasi : A
Nama Jurusan Fisika Teknik Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Nuklir Akreditasi : A
Nama Jurusan Teknik Geodesi Akreditasi : A
Nama Jurusan Teknik Geologi Akreditasi : A
Nama Jurusan Teknik Kimia Akreditasi : A
Nama Jurusan Teknik Mesin Akreditasi : A
Nama Jurusan Teknik Industri Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Sipil Akreditasi : A
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Peternakan Akreditasi :
Nama Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan Akreditasi : A
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Akreditasi :
Nama Jurusan Matematika Akreditasi : A
Nama Jurusan Statistika Akreditasi : A
Nama Jurusan Ilmu Komputer Akreditasi : A
Nama Jurusan Fisika Akreditasi : A
Nama Jurusan Geofisika Akreditasi : A
Nama Jurusan Elektronika dan Instrumentasi Akreditasi :
Nama Jurusan Kimia Akreditasi : A
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Tipe Ujian Masuk 1. Tes

A. Ujian Tulis UM-UGM

Materi: Tes Potensi Akademik, Ilmu Pengetahuan Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu pengetahuan Sosial

Komposisi Soal Ujian Tulis UM-UGM:
- Kelompok Soal: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Materi Ujian: Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, Jumlah Soal 75, Peserta Ujian: IPA dan IPC
- Kelompok Soal: Ilmu Pengetahuan Dasar (IPD), Materi Ujian: Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Jumlah Soal 60, Peserta Ujian: IPA, IPS, IPC
- Kelompok Soal: Tes Potensi, Jumlah Soal 60, Peserta Ujian: IPA, IPS, IPC
- Kelompok Soal: Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Materi Ujian: Sejarah, Ekonomi, Geografi, Jumlah Soal 75, Peserta Ujian: IPS dan IPC
Penyandang tuna netra dapat mengikuti Ujian Tulis dengan dipandu oleh petugas khusus

Syarat:
- Siswa aktif kelas 3 SMA/SMK/MA, didaftarkan secara kolektif oleh kepala sekolah masing-masing
- Lulusan SMA/SMK/MA/SLTA luar negeri, Ujian Persamaan dan yang setara lainnya, serta lulusan tahun 2002 dan 2003 mendaftarkan diri secara langsung
- Tidak mempunyai cacat tubuh atau ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya

B. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB)

Seleksi melalui program SPMB pada tahun 2009 ini hanya menerima mahasiswa sejumlah maksimum 18 persen dari jumlah mahasiswa yang diterima di UM-UGM tahun 2009. Pelaksanaan SPMB diatur mengikuti sistem SPMB yang diselenggarakan secara nasional oleh panitia pusat SPMB. Hal-hal yang berhubung dengan administrasi penerimaan atau ketentuan-ketentuan lain yang ditetapkan oleh Rektor UGM. Tidak semua program studi ditawarkan melalui sistem SPMB

C. Program Swadaya

untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang tidak dapat mengikuti program sarjana yang selama ini ada, UGM menyelenggarakan pendidikan Program Swadaya S1 dan Profesi. Program ini sebagai pengembangan dan penyempurnaan program ekstensi. Program Swadaya ada 2 macam:

a. Program S1 Swadaya Jalur B (D3), untuk lulusan D3
Syarat:
- WNI atau WNA yang mendapat ijin sesuai peraturan yang berlaku
- Berijazah Sarjana Muda/D3 atau yang telah menempuh 110 SKS dari perguruan tinggi yang terakreditasi
- Membayar uang pendaftaran
- Mengisi dan menyerahkan kembali formulir pendaftaran dengan melampirkan: salinan ijazah dan transkrip nilaiyang telah disyahkan, surat ijin dari atasan bagi yang telah bekerja, pasfoto 6 bulan terakhir ukuran 4x6 cm (1 lembar) dan 3x4 cm (4 lembar)

b. Program Profesi Swadaya Jalur C, untuk lulusan S1

Syarat:
- WNI atau WNA yang mendapat ijin sesuai peraturan yang berlaku
- Berijazah S1 atau yang telah menempuh 110 SKS dari perguruan tinggi yang terakreditasi
- Membayar uang pendaftaran
- Mengisi dan menyerahkan kembali formulir pendaftaran dengan melampirkan: salinan ijazah dan transkrip nilaiyang telah disyahkan, surat ijin dari atasan bagi yang telah bekerja, pasfoto 6 bulan terakhir ukuran 4x6 cm (1 lembar) dan 3x4 cm (4 lembar)

2. Tanpa tes

A. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)

Bebas Biaya Pendidikan Selama 8 Semester (SPP. SKS, SPMA) dan Biaya Pendaftaran

- Peserta seleksi diusulkan secara resmi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan, dengan maksimum 3 pilihan program studi sesuai dengan bidang prestasinya
- Pada tahun akademik/ajaran 2003/2004, siswa duduk di tahun terakhir SMA/SMK/MA Negeri/Swasta yang disamakan
- Diutamakan siswa yang menduduki peringkat/ranking 1 - 10 dikelasnya pada catur wulan ke tujuh (atau semester kelima bagi SMA/SMK/MA yang menggunakan sistem smester)
- Nilai rapor pada semua mata pelajaran di setiap semester tanpa angka dibawah 6. Nilai mata pelajaran terkait dengan program studi yang dipilih tanpa angka di bawah 7. Program studi yang dipilih harus disesuaikan dengan jenis kejuruan
- Pemenang lomba bidang studi Tingkat Nasional atau finalis lomba bidang studi Tingkat Internasional yang diselenggarakan oleh LIPI, DIKNAS, IMO, IPHO, IBO, ICHO, IOI/ICO
- Warga Negara Indonesia
- Tidak mempunyai cacat tubuh atau ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya

B. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

Bebas Biaya Pendidikan Selama 8 Semester (SPP. SKS, SPMA) dan Biaya Pendaftaran

Syarat:
- Diusulkan secara resmi oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan (paling banyak 2 peserta tiap sekolah, masing-masing 1 dari bidang yang dipilih Kepala Sekolah, yaitu IPA, atau IPS, atau Bahasa). Pilihan program studi maksimum 1 untuk tiap peserta
- Pada tahun akademik/ajaran 2003/2004, siswa duduk di tahun terakhir SMA/SMK/MA Negeri/Swasta yang disamakan
- Pada setiap catur wulan atau setiap semester siswa menduduki peringkat/ranking 1 - 5 di kelasnya
- Nilai rapor pada semua mata pelajaran di setiap semester tanpa angka dibawah 6. Nilai mata pelajaran terkait dengan program studi yang dipilih tanpa angka dibawah 7
- Berasal dari keluarga tidak mampu, yang didukung dengan data: fotokopi Kartu Keluarag (KK) yang disyahkan, keterangan penghasilan orang tua yang disyahkan oleh Camat bagi non-PNS dan oleh Bendaharawan Gaji bagi Pegawai, pernyataan tidak mampu oleh yang bersangkutan yang disyahkan oleh Kepala Sekolah
- Warga Negara Indonesia
- Tidak mempunyai cacat tubuh atau ketunaan yang dapat mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya

C. Penelusuran Bibit Unggul Pembangunan Daerah (PBUPD)


merupakan program yang menunjukkan refleksi kepedulian UGM terhadap pembangunan daerah. Seleksi ini dimaksudkan untuk mendapatkan bibit-bibit unggul dari daerah. Untuk itu, UGM menawarkan suatu bentuk saling memberi manfaat dengan mitra strategis di daerah, baik pemerintah daerah maupun perusahaan-perusahaan yang mempunyai komitmen pada pengembangan Sumber Daya Manusia di daerah
Keterangan
  • PENDIDIKAN AKADEMIK

    Tujuan umum program akademik adalan menyiapkan peserta didik (mahasiswa) menjadi warga Negara yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, dan masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.
    Program pendidikan akademik yang diselenggarakan Universitas Gadjah Mada terdiri atas Program Sarjana dan program Pasca Sarjana.

    1. Program Sarjana merupakan jenjang pertama program akademik, mempunyai beban studi 144 - 160 sks dijadwalkan sekurang-kurangnya 8 semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 semester dan selama-lamanya 14 semester setelah pendidikan menengah. Program sarjana ini dapat ditempuh sebagai program regular dan program multi entry (program swadaya).
    2. Program Pasca Sarjana terdiri atas Program Magister dan Program Doktor. Program Magister merupakan jenjang kedua program akademik, mempunyai beban studi komulatif 36 - 50 sks, dijadwalkan untuk 4 semester dan dapat ditempuh dalam waktu 4 - 10 semester setelah Program Sarjana. Program Doktor merupakan jenjang ketiga program akademik, mempunyai beban studi komulatif sekurang-kurangnya 40 sks, dijadwalkan untuk 4 semester dan dapat ditempuh dalam waktu 4 - 10 semester setelah Program Magister.

  • PENDIDIKAN PROFESIONAL

    Tujuan umum program pendidikan profesional adalah menyiapkan mahasiswa menjadi warganegara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian serta masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan langsung dalam bidang keahliannya, serta memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian dalam bidang tertentu.
    Program pendidikan profesional yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada terdiri atas Program Diploma 1, Program Diiploma III, Program Diploma IV, Program Profesi, dan Program Spesialis I :

    • Program Diploma I mempunyai beban studi komulatif 40 - 50 sks, dijadikan untuk 2 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 2 - 4 semester. Program ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik yaitu Program Studi Survei Pengukuran dan Pemetaan.
    • Program Diploma III mempunyai beban studi komulatif 110 - 120 sks, dijadwalkan untuk 6 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 6 - 20 semester.
    • Program Diploma IV mempunyai beban studi komulatif 144 - 160 sks, dijadwalkan untuk 8 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 8 - 14 semester.
    • Program Pendidikan Profesi mempunyai beban studi komulatif 20 - 40 sks, dijadwalkan untuk 2 - 6 semester setelah Program Sarjana. Program Profesi diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi, Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan dan Psikologi.
    • Program Spesialis I yang mempunyai beban studi 36 - 50 sks, dijadwalkan untuk 4 semester, dan dapat ditempuh dalam waktu 4 - 10 semester setelah Program Sarjana/ Profesi. Program Spesialis I diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Hukum.

JENJANG PROGRAM PENDIDIKAN

Menurut jenjangnya, saat ini terdapat 5 jenjang program pendidikan di UGM.
  • Program Diploma
    • Program D-I
    • Program D-III
    • Program D-IV

  • Program Sarjana
    • (18 fakultas), terdiri atas 68 program studi
    • Program Swadaya/ Full Payment

  • Program Profesi
    • Apoteker di Fakultas Farmasi
    • Dokter di Falkutas Kedokteran
    • Dokter Gigi di Fakultas Kedokteran Gigi
    • Dokter Hewan di Falkutas Kedokteran Hewan
    • Akuntan di Fakultas Ekonomi

  • Prigram Magister dan Program Spesialis I
    • Program Magister
      1. Program Pasca Sarjana Monodisiplin : yang terdiri dari 88 Program Studi dan langsung dikelola oleh Fakultas terkait.
      2. Program Pasca Sarjana Multidisiplin : terdiri dari 14 Program Studi dan Magister yang dikelola oleh sekolah Pasca Sarjana.
      Sesuai dengan keputusan Rektor Univeritas Gadja Mada No: 89/Pk/SK/HT/2006 tanggal 9 Maret 2006 penyelenggaraan Program Paasca Sarjana dibagi menjadi 2 : Rincian program studi dan magister, serta fakultas/lembaga pendukungnya tercantum dalam buku panduan fakultas penyelenggara.
    • Program Spesialis I Program ini diselenggarakan oleh Fakultas kedokteran (14 Program Studi), Fakultas Kedokteran Gigi (1 Program Studi) dan Fakultas Hukum (1 Program Studi). Rincian Program tercantum dalam buku panduan fakultas penyelenggara.

  • Program Doktor Program Doktor yang meliputi 6 kelompok bidang ilmu dikelola oleh Sekolah Pasca Sarjana. Rincian Program ini serta fakultas pendukungnya tercantum dalam Buku Panduan Sekolah Pasca Sarjana.

informasi lebih lanjut:

Sekretariat UM UGM :
Kantor Pusat UGM, Lt. III Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta - 55281.
Telp. (0274) 551222, 6491808, 6491919
Fax. (0274) 551222
Email : umugm@ugm.ac.id
Website : http://um.ugm.ac.id

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Marketing
Telp (0274) 562011
Email sekr@ugm.ac.id
Alamat Kampus Bulaksumur, Jl. Kaliurang, Bulaksumur, Yogyakarta 55281

Register Contact Details

Nama Register
Telp (0274) 562011
Email sekr@ugm.ac.id
Alamat Kampus Bulaksumur, Jl. Kaliurang, Bulaksumur, Yogyakarta 55281

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar

bsa mna jdwl pendaftaran di ugm gag?? - (eka)

syalom... boleh tau gak,pendaftaran fakultas kedokteran periode 2011 di mulai kapan ya??? - (Linda)