Teknobiologi - Universitas Katolik Atma Jaya

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Katolik Atma Jaya
Nama Fakultas : Teknobiologi
Alamat Sekretariat : Jl. Jenderal Sudirman 51, Jakarta
Kode Pos : 12930
Telp : 62-021-5731740    Telp2 : 62-021-5703306 pes. 431, 449
Fax : 62-021-5719060    Fax2 :
Email : ftb@atmajaya.ac.id
Website : http://www.atmajaya.ac.id/
Nama Dekan : Prof. Dr. Ir. Antonius Suwanto, M.Sc.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Di dunia, Bioteknologi saat ini mengalami perkembangan yang sangat cepat, namun ironisnya perkembangan Bioteknologi di Indonesia masih dalam tahap embrio, padahal Indonesia merupakan salah satu negara dengan keragaman sumber daya hayati terbesar. Perkembangan Bioteknologi dunia akan terus berlanjut dan memiliki pengaruh yang besar dalam upaya perbaikan lingkungan global dan kualitas kehidupan di bumi. Hasil-hasil yang ingin dicapai dalam aplikasi Bioteknologi antara lain perbaikan terhadap teknik pencegahan, deteksi dan penanganan penyakit; pengembangan teknik produksi yang efisien dan perbaikan kualitas hasil dalam bidang pertanian; pengembangan inovasi dan diferensiasi produk-produk hasil industri yang tidak memerlukan biaya tinggi dan ramah lingkungan; pengurangan ketergantungan terhadap sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, perbaikan teknik daur ulang, dan pencegahan polusi sehingga dapat memperbaiki kualitas lingkungan hidup.
Pemanfaatan potensi keragaman hayati yang ada dan pengembangan hasil-hasil yang bisa diraih dari Bioteknologi di Indonesia akan dapat dicapai manakala kita memiliki sumber daya manusia yang siap mengambil bagian dalam perkembangan Bioteknologi tersebut. Sebagai upaya dalam pengembangan Bioteknologi di Indonesia, maka langkah pendirian Fakultas Teknobiologi di Unika Atma Jaya merupakan suatu langkah kecil namun sangatlah tepat. Oleh karena itu, pendirian Fakultas Teknobiologi pada tahun 2002 telah menjadi kebanggaan tersendiri bagi Unika Atma Jaya, namun di sisi lain telah melahirkan tantangan yang besar. Di masa depan, keberadaan Fakultas Teknobiologi diharapkan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan perbaikan kualitas sumber daya manusia yang nantinya bekerja dalam bidang Bioteknologi.
Visi Fakultas Teknobiologi mempunyai visi untuk menjadi institusi pendidikan terkemuka dalam pengembangan bidang biologi modern yang memiliki keunggulan akademik dan profesional di bidang bioteknologi, yang secara konsisten mewujudkan perpaduan antara iman kristiani, ilmu pengetahuan, dan budaya Indonesia dalam upaya mencerdaskan bangsa.
Misi Misi dari fakultas ini adalah mengembangkan sumber daya manusia yang mandiri dalam bidang bioteknologi, menerapkan inovasi bioteknologi dengan memanfaatkan sumber daya alam bagi kesejahteraan manusia, serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang biologi modern.

AKREDITASI FAKULTAS

Akreditasi A
Informasi Sertifikat dan ISO lainnya Fakultas Teknobiologi merupakan fakultas bioteknologi pertama di Indonesia. Saat ini, Fakultas Teknobiologi menawarkan Program Studi Biologi dengan peminatan:
- Bioteknologi Lingkungan
- Bioteknologi Industri
- Bioteknologi Pangan

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Fakultas

Perpustakaan dengan 197 Judul buku khusus di bidang Biologi

Saat ini di Fakultas Teknobiologi sudah ada lima laboratorium modern yang memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari praktek-praktek bioteknologi. Kelima laboratorium yang dirancang dengan standar internasional itu adalah:

1 Laboratorium Teknologi DNA
2 Laboratorium Mikrobiologi dan Fermentasi
3 Laboratorium Biokimia dan Teknologi Enzim
4 Laboratorium Kultur Sel dan jaringan
5 Laboratorium Riset dan Instrumentasi

DNA Sequencer

Fasilitas yang ada meliputi DNA Sequencer, Pulsed Field Gel Electrophoresis (PFGE), Gel Documentation, Polymerase Chain Reaction (PCR), Real Time PCR, DNA Microarray, DNA Electrophoresis, Fermentor, HPLC, Akta Prime (Kromatografi) dan berbagai perangkat laboratorium standar lain.

Gel Documentation

Pulsed Field Gel Electrophoresis (PFGE)

Fermentor

Program Studi

Nama Jurusan Biologi Akreditasi : A Jenjang Pendidikan : S1
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 1     Magister :     Doktorat :