Hukum - Universitas Katolik Atma Jaya

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Katolik Atma Jaya
Nama Fakultas : Hukum
Alamat Sekretariat : Jl. Jenderal Sudirman 51, Jakarta
Kode Pos : 12930
Telp : (62-21) 5727615    Telp2 : 5703306, 5708823
Fax : (62-21) 5747912    Fax2 :
Email : fh@atmajaya.ac.id
Website : http://www.atmajaya.ac.id/
Nama Dekan : Yanti Fristikawati, SH., M.Hum.,Dr

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Fakultas Hukum didirikan pada tanggal 3 Juli 1965 dengan jumlah mahasiswa yang diterima sebanyak 141 orang. Kuliah dimulai pada awal September 1965 menggunakan gedung SMP St. Theresia, Jakarta Pusat.
Baru satu bulan kuliah berlangsung, meletuslah peristiwa G-30-S, yang kemudian berlanjut dengan aksi mahasiswa, sehingga praktis kuliah secara teratur baru berjalan kembali pada 1 Februari 1967.
Perkuliahan di Kampus Semanggi dimulai sejak awal Maret 1971. Setelah beberapa kali berpindah ruangan sekretariat, saat ini sekreatariat Fakultas Hukum dipusatkan di Gedung C, Lantai 3, Kampus Semanggi. Sementara, perkuliahan mahasiswa dipusatkan di Gedung Yustinus dan BKS.
Fakultas Hukum yang berusia hampir 40 tahun telah mengalami perkembangan yang cukup pesat saat ini. Dari jumlah mahasiswa pertamanya yang hanya 141 orang, di tahun 2004 ini, jumlah mahasiswa Fakultas Hukum berjumlah kurang lebih 1,500 mahasiswa. Jumlah dosen tetap dan honorer kurang lebih 30 orang dan 60 orang. Fakultas ini mengelola 4 (empat) Program Kekhususan: Hukum Ekonomi Bisnis, Hukum Keperdataan, Hukum Kepidanaan, dan Hukum Internasional/Tata Negara. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh majalah Tempo pada bulan Oktober 2003, Fakultas Hukum Unika Atma Jaya menduduki peringkat ke-3 sebagai tempat favorit untuk studi hukum di Jakarta, setelah Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan Universitas Trisakti.
Visi Menjadi Fakultas Hukum terkemuka yang memiliki keunggulan akademik dan profesional di tingkat nasional dan internasional, yang secara konsisten mewujudkan perpaduan iman kristiani, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta budaya Indonesia dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.
Misi 1. Menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang hukum yang menjadi wadah pengembangan karakter dan profesionalisme.
2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan di bidang hukum yang berkesinambungan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kepentingan masyarakat.
3. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan hukum dan teknologi yang berkaitan dengan hukum.
4. Mengelola Fakultas Hukum secara efektif dan efisien dalam suasana akademik yang beretika dan bermartabat.

AKREDITASI FAKULTAS

Akreditasi B
Informasi Sertifikat dan ISO lainnya
Peminatan Fakultas Hukum

- Hukum Ekonomi Bisnis
- Hukum Pidana
- Hukum Ketatanegaraan/Internasional
- Hukum Perdata

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Fakultas REFERENSI FAKULTAS HUKUM

Perpustakaan UNIKA Atmajaya memiliki berbagai macam koleksi buku-buku, tendon skripsi, thesis, jurnal dan referensi-referensi lainnya. Khusus yang berhubungan dengan buku-buku hukum dan referensi-referensi yang berkaitan dapat ditemukan pada Gedung Perpustakaan Pusat dan Gedung Perpustakaan PKPM, yang keduanya berada di UNIKA Atmajaya kampus Semanggi. Untuk melihat ketersediaan buku-buku dan koleksi perpustakaan UNIKA Atmajaya silahkan click http://lib.atmajaya.ac.id/ Link ini juga menyediakan akses ke Westlaw International yang berguna bagi mahasiswa hukum untuk mendapatkan kasus-kasus hukum, dokumen-dokumen hukum serta berbagai peraturan dan informasi yang berhubungan dengan hukum.

Jika Anda menemui kesulitan jangan segan gunakan fasilitas TANYA PETUGAS atau menghubungi kami dalam jam buka di nomor telepon:

* Perpustakaan Pusat: (021)-5703306 ext. 214-216, 219, 347, 459

*   Senin - Kamis: 08.00 - 19.30 (kecuali R. Skripsi sampai jam 18.00)
*   Jum'at: 09.00 - 19.30 (kecuali R. Skripsi sampai jam 18.00)
*   Sabtu: 08.00 - 14.00 (kecuali R. Skripsi sampai jam 12.00)

* Perpustakaan PKPM: (021)-5703306 ext. 230

*   Senin - Jumat: 08.00 - 15.30
*   Sabtu: tutup

Laboratorium Hukum secara struktural berkedudukan di bawah Fakultas hukum unika Atma Jaya. Laboratorium hukum adalah salah satu fasilitas penunjang yang bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa fakultas hukum untuk melaksanakan pendidikan keterampilan hukum dan pengembangan ilmu hukum. Laboratorium ini dikepalai oleh seorang kepala laboratorium dan 8 orang asisten laboratorium.


Laboratorium hukum juga memiliki berbagai kegiatan, antara lain :
  • Penyelenggaraan seminar / diskusi ilmiah

  • Menyelenggarakan pendidikan kemahiran (secara khusus dan tersendiri)

  • Membina (para dosen) menggunakan pendekatan-terapan (applied approach) melalui penyediaan bahan untuk dosen, maupun meningkatkan dosen menggunakan bahan (kasus, peraturan; kontrak) tersebut. Memasukan Lab-Hukum dalam “struktur organisasi” fakultas hukum adalah dengan tujuan memudahkan perolehan dana dan pertanggungjawabannya

Program Studi

Nama Jurusan Ilmu Hukum Akreditasi : B Jenjang Pendidikan : S1
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 1     Magister :     Doktorat :