Psikologi - Universitas Indonesia

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Indonesia
Nama Fakultas : Psikologi
Alamat Sekretariat : Fakultas Psikologi | Universitas Indonesia
Kampus Baru UI - Depok
Kode Pos : 16424
Telp : (021) 727 0004, 727 0005,    Telp2 : (021) 786 3520, 786 6523, 786 8280.
Fax : (021)786 3526    Fax2 :
Email : fpsi@ui.ac.id
Website : http:// www.psikologi.ui.ac.id
Nama Dekan : Dr. Wilman Dahlan Mansoer, M.Org.Psy. psi

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Sebagai Fakultas Psikologi yang pertama di Indonesia, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia merupakan salah satu fakultas yang banyak diminati oleh mereka yang ingin mendalami manusia, baik sebagai pribadi maupun bagian dari masyarakat. Untuk itulah, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia senantiasa berusaha untuk menjadi yang utama dalam pendidikan psikologi di Indonesia. Di era perubahan dunia yang sangat cepat dan melampaui batas-batas ilmu pengetahuan, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia akan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dalam menghadapi dunia yang terus-menerus berubah dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan ahli psikologi dalam berbagai bidang kehidupan. Didukung oleh para Guru Besar dan Dosen yang memiliki tingkat pendidikan dan pengalaman luas di bidangnya masing-masing, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia senantiasa mengalirkan ilmu pengetahuan dengan metode pengajaran yang paling mutakhir sehingga mahasiswa dapat belajar melihat ide-ide baru dari sudut pandang psikologi, memahaminya, dan mendiskusikan, dan menuliskannya. Diskusi informal dengan pengajar-pengajar terbaik di bidang psikologi tidak hanya dilakukan dalam ruang kelas, tetapi juga di perpustakaan, di ruang publik, maupun di koridor-koridor. Tempat bukanlah masalah bagi mereka yang haus akan ilmu pengetahuan, dan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia menyediakan berbagai sarana dan fasilitas bagi mereka, termasuk Anda.

Lahirnya Pendidikan Psikologi di Indonesia diawali oleh pidato ilmiah Prof. Dr. Slamet Iman Santoso dalam pengukuhannya sebagai Guru Besar Universitas Indonesia pada Dies Natalis Universitas Indonesia pada tahun 1952 di Fakultas Pengetahuan Teknik UI di Bandung (sekarang ITB). Dalam pidato tersebut, beliau antara lain mengemukakan penggunaan pemeriksaan psikologis untuk mendeteksi the right man on the right place , dan menghindari "the right man on the wrong place, the wrong man on the right place, serta the wrong man on the wrong place" .
Sebagai kelanjutan dari pidato tersebut, di lingkungan Kementerian Pendidikan, Pengadjaran, dan Kebudajaan (disingkat Kementerian PP&K), pada tanggal 3 Maret 1953 diselenggarakan Kursus Asisten Psikologi, yang diketuai oleh Prof. Dr. Slamet Iman Santoso. Tak lama setelah itu, masih dalam lingkungan Kementerian PP&K, didirikan Lembaga Psikologi, yang kemudian berubah statusnya menjadi Lembaga Pendidikan Asisten Psikologi yang secara langsung berada di bawah pimpinan Universitas Indonesia. Pada tahun 1955, Pendidikan Psikologi Asisten Psikologi diubah statusnya menjadi Pendidikan Sarjana Psikologi, yang secara administratif berada di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia .
Dalam SK Menteri Pendidikan, Pengadjaran & Kebudajaan Republik Indonesia No. 108049/U.U. dinyatakan bahwa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dimulai tanggal 1 Djuli 1960. Dengan demikian, tahun 1960 merupakan tahun kelahiran Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, dengan Dekan pertamanya Prof. Dr. Slamet Iman Santoso.

Saat ini, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia memiliki 6 bagian yang merupakan perwujudan cabang-cabang psikologi, yaitu Bagian Psikologi Perkembangan, Psikologi Pendidikan, Psikologi Umum & Eksperimental, Psikologi Industri & Organisasi, Psikologi Klinis, serta Psikologi Sosial. Untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap ahli-ahli psikologi, sekarang ini F.Psi.UI menyelenggarakan Program Pendidikan Sarjana , yang terdiri dari Program S1 Reguler, S1 Ekstensi, dan S1 Kelas Khusus Internasional (bekerja sama dengan University of Queensland, Australia); serta Program Pendidikan Pascasarjana , yang meliputi Program Magister Sains, Program Magister Profesi Psikolog, Program Magister Terapan, serta Program Doktor. Sampai tahun ajaran 2008/2009, jumlah seluruh mahasiswa F.Psi.UI berjumlah 1535 mahasiswa, yang terdiri dari 962 mahasiswa S1 Reguler, 187 mahasiswa S1 Ekstensi, 39 mahasiswa S1 Kelas Khusus Internasional, 333 mahasiswa Magister, 14 mahasiswa Doktor.

Untuk periode 2008-2012, F.Psi.UI dipimpin oleh Dr. Wilman Dahlan Mansoer, M.Org.Psy. psi sebagai Dekan, dibantu oleh Dr. Tjut Rifameutia, MA. psi sebagai Wakil Dekan.

Visi
Menjadi pusat unggulan dalam pendidikan, pengembangan, dan penerapan psikologi yang berorientasi lintas budaya, perkotaan, dan ulayat (indigenous).
Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan psikologi yang berorientasi lintas budaya, perkotaan dan ulayat.

2. Menghasilkan sarjana, magister, dan doktor psikologi yang kompeten, profesional dan bersikap ilmiah, sehingga mampu bersaig secara nasional dan internasional.

3. Menghasilkan temuan dan publikasi ilmiah psikologi yang berorientasi lintas budaya, perkotaan, dan ulayat.

4. Mengembangkan pusat-pusat kajian psikologi.

5. Mengembangkan pusat data elektronik tentang penelitian-penelitian psikologi.

6. Menerapkan psikologi untuk melayani dan memberdayakan masyarakat.

7. Mengembangkan Pusat Pengembangan Tes Psikologi (Riset, HAKI, Distribusi)

AKREDITASI FAKULTAS

Akreditasi A

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Fakultas

F.Psi.UI menyediakan kesempatan pada mahasiswa untuk mengembangkan diri mereka dalam berbagai bidang keilmuan, organisasi, kesenian, olahraga, dan kerohanian.

Kegiatan - kegiatan kemahasiswaan yang dikelola oleh Manajer Kemahasiswaan dan Alumni (Mahalum) bersama dengan Senat Mahasiswa (SM) F.Psi UI meliputi : Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Utama, Lomba Karya Tulis Mahasiswa dan Program Kreativitas Mahasiswa (LKTM & PKM), Psy Camp,Psy Games, Psy Fair, Fluber (Festival Lagu Buatan Sendiri), PDKM (Pendidikan Dasar dan Kepemimpinan Mahasiswa), Psiknik (Psikologi Piknik) serta Tenda Purnama.

Kelompok - kelompok seni F.Psi.UI antara lain: Bilik Musik, Psy Dance, dan Kelompok Pencinta Dongeng. Kelompok kerohanian terdiri dari: FUSI (Forum Ukhuwah Islamiyah), KMK (Keluarga Mahasiswa Katolik), dan PO (Persekutuan Oikumene). Kelompok Media meliputi : Psyche (Jurnalistik), KaVe (Komunikasi Visual), dan Psim C (Perfilman). Kelompok Olah raga antara lain : bulutangkis, basket, dan futsal.

Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing
1. Kepolisian Negara RI Pengabdian pada Masyarakat Pengabdian pada Masyarakat
2. SMU Kanisius Pendidikan Pelatihan untuk Siswa
3. Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Pengabdian pada Masyarakat Pengabdian pada Masyarakat
4. Indo Prima Cipta Program Pendidikan Acara TV tentang masalah lalu lintas
5. Menteri Negara Peranan Wanita Pengabdian pada Masyarakat Penanggulangan korban pemerkosaan dan kekerasan
6. Wolters Kliner Profesional Training (Belanda) Pengabdian pada Masyarakat Penyelenggaraan kursus-kursus manajemen
7. Club Executive Relasi Pendidikan Memberikan pelatihan kepemimpinan

8. Dewan Pertimbangan Agung Pendidikan Tenaga Pengajar
9. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Pendidikan Training untuk eselon II
10. Kejaksaan Agung RI Pendidikan Psikotes eselon II
    Pengabdian pada Masyarakat Pengabdian pada Masyarakat
    Pengabdian pada Masyarakat Memberikan Pelatihan Komunikasi Kelompok bagi Petugas Penyuluhan/Penerangan Hukum

Program Studi

Nama Jurusan Psikologi Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 1     Magister : 1     Doktorat : 1