Ilmu Hubungan Internasional - Universitas Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Indonesia
Nama Fakultas : Ilmu Sosial dan Politik
Alamat Sekretariat : Kampus Salemba Jl. Salemba Raya 4, Jakarta Pusat
Kode Pos : 10430
Telp : (021) 330355    Telp2 :
Fax : (021) 330343    Fax2 :
Email : pusadmui@makara.cso.ui.ac.id
Website : http:// www.fisip.ui.ac.id
Nama Kepala Program Studi : NURUL ISNAENI
Guru Guru Besar : TIRTA NUGRAHA MURSITAMA, Ph.D
ANI WIDYANI SOETJIPTO, M.A
Jumlah Mahasiswa : 120
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 152

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang didirikan sejak  tahun 1968,  merupakan salah satu fakultas dengan jumlah program studi dan mahasiswa terbanyak yang terdapat di Universitas Indonesia. Dikatakan demikian karena sejak berdiri sampai dengan tahun 2005, FISIP UI berkembang dengan pesat sehingga memiliki  8 Departemen, 35 program studi dengan 52 program kekhususan, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 7912 orang.   Adapun 8 Departemen di FISIP UI dapat dilihat pada tabel di bawah ini, yaitu:

Tabel 1
Delapan Departemen FISIP UI

No  Departemen
 1.  Ilmu Komunikasi
 2.  Ilmu Politik
 3.  Ilmu Administrasi
 4.  Kriminologi
 5.  Sosiologi
 6.  Kesejahteraan Sosial
 7.  Antropologi
 8.  Hubungan Internasional

Secara kelembagaan, FISIP UI merupakan bagian dari BHMN (Badan Hukum Milik Negara) Universitas Indonesia. Sejak tahun 2001, melalui Peraturan Pemerintah nomor 152, Universitas Indonesia ditempatkan sebagai BHMN, yaitu sebuah  lembaga  yang secara manajemen otonom dari pemerintah. Dengan status tersebut Universitas memiliki Anggaran Rumah tangga sendiri, yang dituangkan dalam bentuk keputusan Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia tahun 2003 melalui SK No. 01/SK/MWA-UI/2003.

Melalui Keputusan No. 662/SK/R/UI/2002, tanggal 28 November 2002, tentang pemberhentian dan pengangkatan Dekan FISIP UI, Rektor mengangkat Dr. Gumilar Rusliwa Somantri sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Bersama dengan wakil Dekan bidang akademik Dr. Bambang Shergi Laksmono MSc, Wakil Dekan bidang non akademik Drs. Tafsir Nurchamid, Ak.M.Si, beserta berbagai jajaran pimpinan. Para pimpinan FISIP UI berusaha bersama untuk melakukan transformasi empat tahun ke depan menuju format kelembagaan yang lebih sesuai dengan “ruh” dan dinamika sebuah badan yang otonom, mandiri (non subsidi)  dan   profesional. Transformasi ini tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, karena membutuhkan prasyarat perubahanan “mindset” dari semua warga sivitas-akademika. Salah satu cara yang dapat ditempuh dalam rangka menggulirkan transformasi secara sistematis adalah dengan merumuskan Visi, Misi, dan Rencana Strategis (Renstra) serta program–program yang konstruktif.
Visi Visi FISIP UI menunjukkan posisi dan arahan yang dapat dipergunakan fakultas dalam rangka mencapai posisi yang akan dicapai pada masa beberapa tahun ke depan. Visi FISIP UI merupakan format interpretatif dan akomodatif kondisi fakultas terhadap Visi Universitas Indonesia. Rumusan Visi FISIP UI memuat beberapa kata kunci yang tercakup dalam Visi UI seperti “fakultas pengajaran berbasis riset”, “mengembangkan riset unggulan”, serta “memberi kontribusi pada pengembangan kehidupan bangsa”. Rumusan Visi FISIP-UI secara lengkap adalah sebagai berikut:

“Menjadi fakultas pengajaran yang berbasis riset dan mengembangkan riset unggulan di bidang ilmu sosial dan ilmu politik, yang secara manajerial, intelektual, serta moral memberi kontribusi pada pengembangan kehidupan bangsa sebagai bagian dari tata peradaban yang lebih luas”.
Misi Dengan Visi tersebut maka FISIP UI  menetapkan Misinya sebagai berikut:
  • Menyelenggarakan proses pengajaran yang bermutu, melalui rintisan pengajaran berbasis riset, dalam rangka mencetak lulusan berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral.
  • Mengembangkan kebijakan dan kegiatan karya riset “noble” serta riset komersial yang berkualitas dan yang berguna bagi komunitas akademia, mahasiswa, pemerintah, maupun industri.
  • Mengembangkan SDM tenaga akademik (pengajar/peneliti) dan non akademik (administrasi) yang profesional (handal, beretika dan sejahtera) dalam rangka peningkatan mutu pelayanan terhadap stakeholders dan pasar.
  • Menerapkan sistem manajemen profesional berbasis transparansi dan akuntabilitas dalam rangka menciptakan tata kerja yang baik, kinerja tinggi, serta efisiensi dan efektivitas organisasi.
  • Menciptakan iklim kerja yang kondusif ditandai oleh berkembangnya semangat kerja sama, saling percaya (mutual-trust), dan terbentuknya nilai-nilai bersama (shared value).

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS BOP: Rp 5.000.000, Uang Pembangunan: Rp10.000.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

Fasilitas Online merupakan link program fasilitas online yang diperuntukkan bagi civitas academia FISIP UI guna mendukung proses belajar mengajar di lingkungan kampus baik kampus Depok maupun Salemba.
  Web Link
  Link   SIAK Online
Sistem Informasi Akademik Online

  Link   eLibrary
Perpustakaan FISIP UI yang sekarang dikenal juga sebagai Mirriam Budiardjo Resource Center.

  Link   CERIC eLibrary
Katalog elektronik perpustakaan CERIC

  Link   ProQuest eJournal
Jurnal online ProQuest