Teknik Komputer - Universitas Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Indonesia
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Kampus Salemba Jl. Salemba Raya 4, Jakarta Pusat
Kode Pos : 10430
Telp : (021) 330355    Telp2 :
Fax : (021) 330343    Fax2 :
Email : pusadmui@makara.cso.ui.ac.id
Website : http://www.eng.ui.ac.id
Nama Kepala Program Studi : 47SRI HARINI
Guru Guru Besar : ANAK AGUNG PUTRI RATNA, Dr
ARIFIN DJAUHARI, M.T
BUDI SUDIARTO, M.T
Jumlah Mahasiswa : 47
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 50

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Kualifikasi Lulusan

PSTK mengarahkan lulusannya untuk memiliki kompetensi sebagai berikut:

1. Mampu menganalisis aspek hardware dan software sistim komputer ataupun intelligent device mode

2.Memiliki pengetahuan dasar Teknik Elektro yang kuat, termasuk di antaranya pengeta­huan tentang rangkaian elektronika analog, elektronika dijital dan teknik telekomuni­kasi

3.Memiliki pengetahuan dasar yang kuat dalam bidang ilmu Teknik Komputer, khususnya mik­roprosesor, jaringan komputer dan rekayasa perangkat lunak.

4. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan untuk merancang: embedded processor systems termasuk intelligent devices atau concurrent systems.

Tubuh keahlian (body of knowledge) yang dicakup oleh kurikulum 2008 sesuai dengan rekomendasi IEEE (The Institute of Electrical and Electronic Engineering) untuk program Computer Engineering tahun 2004.

Visi

Sesuai dengan Visi Universitas Indonesia, Fakultas Teknik dan Departemen Teknik Elektro, Program Studi Teknik Komputer memiliki visi “menjadi lembaga pendidikan dan penelitian bidang Teknik Komputer berkualitas dunia”.

Indikasi awal dari visi tersebut sudah tampak jelas. Peminatan Teknik Komputer, telah ber­hasil mengembangkan program “Dual/Double Degree” (Bachelor in Computer Engineering) dengan nama program (3+1) kemudian diubah menjadi program (2+2), bekerjasama dengan Universität Duisburg Essen (UDE) di Jerman. Kredit yang telah diperoleh mahasiswa program Teknik Komputer, diakui setara dengan kredit mata kuliah serupa di UDE. Kerjasama transfer kredit ini sedang diperluas ruang lingkupnya dengan menyertakan Universiti Kebangsaan Malaysia dan Universitas Parma Italia melalui Program Asia Link untuk Credit Transfer System 2006-2008, dibiayai oleh Masyarakat Ekonomi Eropa.

Misi

Dalam rangka mendukung misi Universitas In­donesia, Program Studi Teknik Komputer (PSTK) menjabarkan misinya sebagai berikut:

1.          Menghasilkan sarjana Teknik Komputer (TK) yang berkualitas internasional yang dapat berkompetisi di pasar tenaga kerja interna­sional.

2.          Mengembangkan kerjasama pendidikan dan riset dengan universitas yang memiliki repu­tasi tinggi baik didalam maupun luar negeri; serta dunia industri dan bisnis pelayanan dan pengembangan bidang TK.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS BOP: Rp 7.500.000, Uang Pembangunan: Rp 25.000.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

Staf Pengajar

PSTK dikelola oleh 13 staf pengajar tetap, tujuh staf bergelar Doktor dengan 3 orang diantaranya bergelar Guru Besar; dan selebihnya bergelar Magister yang telah memiliki pengalaman mengajar yang cukup. Di samping itu, pengajar dari kelompok ilmiah lain di Departemen Teknik Elektro siap mendukung pengajaran dan pene­litian di PSTK sesuai dengan bidang keahlian mereka masing-masing.

Laboratorium

PSTK memiliki beberapa laboratorium, berupa laboratorium pengajaran (teaching lab) dan laboratorium riset (research lab). Yang termasuk teaching lab adalah Laboratorium Teknik Dijital, Laboratorium Jaringan Komputer dan Labo­ratorium Mikroprosesor/Embedded Systems. Sedangkan laboratorium riset yang dimiliki adalah Laboratorium Embedded System, Labo­ratorium Jaringan Komputer dan Laboratorium Multimedia.