Ilmu Informasi dan Perpustakaan - Universitas Airlangga

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Airlangga
Nama Fakultas : Ilmu Sosial dan Politik
Website : http://www.fisip.unair.ac.id/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Ilmu Informasi dan Perpustakaan adalah salah satu program studi di FISIP Universitas Airlangga yang tumbuh dan memiliki akar sejarah yang panjang. Cikal bakal Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan diawali dengan kehadiran program Diploma Dua (D2) yang didirikan sejak 1981 dengan tujuan untuk mempersiapkan lulusan yang mempunyai ketrampilan teknis dalam mengelola perpustakaan. Pada tahun 1989, program tersebut berkembang menjadi Program Studi D3 Teknisi Perpustakaan dengan tujuan dan orientasi pendidikan yang kurang-lebih sama dengan Program D2. Namun dengan tambahan kurikulum dan materi perkulihan yang lebih beragam dan mendalam.
 
Dalam rangka merespon peningkatan kebutuhan masyarakat pada informasi dan pengelolaannya sebagai modal sosial bagi perubahan, maka pada tahun 2003 Program Studi D3 Teknisi Perpustakaan dikembangkan menjadi Program Studi S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan dengan tujuan untuk mencetak lulusan dengan kompetensi yang siap dalam menghadapi perubahan masyarakat serta kebutuhan masyarakat akan informasi.
 
Berbeda dengan Program Studi D3 Teknisi Perpustakaan yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga teknis profesional dalam pengelolaan informasi dan perpustakaan, Program Studi S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan lebih bertujuan untuk mencetak Sumberdaya Manusia yang selain memiliki kemampuan menciptakan sistem pengumpulan, pengolahan dan penemuan informasi dengan perangkat teknologi informasi yang didukung pengetahuan manajerial dalam mengembangkan layanan informasi yang optimal, juga mempunyai pengetahuan konseptual dan pemahaman teoritis tentang dinamika kelompok ataupun masyarakat yang mempunyai kebutuhan akan informasi yang terus berkembang. Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan didirikan dengan tujuan untuk merespon kebutuhan dan dinamika perkembangan pembangunan dan kepentingan dunia usaha yang makin menyadari arti penting informasi.
Visi
Menjadi program studi yang menyelenggarakan pendidikan secara inovatif, responsif dan bermoral dalam upaya pengembangan Ilmu Informasi dan Perpustakaan yang mampu menjawab dinamika kebutuhan masyarakat dan perubahan jaman.


 
Misi
a. Menyelenggarakan proses belajar-mengajar yang inovatif dan dinamis dalam bidang Ilmu Informasi dan Perpustakaan.
 
b.  Mengembangkan kajian-kajian kritis dan analitik dalam Ilmu Informasi dan Perpustakaan.
 
c. Menyelenggarakan penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan Ilmu Informasi dan Perpustakaan
 
d.  Melakukan pengabdian pada masyarakat di bidang Ilmu Informasi dan Perpustakaan.
 
e. Mengupayakan profesionalisme dan kompetensi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan informasi dalam masyarakat yang semakin dinamis.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS