D3 Tekniksi Perpustakaan - Universitas Airlangga

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Airlangga
Nama Fakultas : Ilmu Sosial dan Politik
Website : http://www.fisip.unair.ac.id/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Perpustakaan dan lembaga pengelola informasi memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam proses pembangunan bangsa (nation building). Perpustakaan dan lembaga informasi berkembang pesat seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi informasi. Perubahan masyarakat ke masyarakat informasi turut memberikan kontribusi terhadap kemajuan perpustakaan. Sejalan dengan perannya dalam masyarakat, yakni sebagai pemenuh kebutuhan informasi, perpustakaan terus mengembangkan kualitas koleksi, layanan, dan sumberdaya manusia. Perkembangan teknologi terutama internet dan web teknologi turut memberikan dinamika pada koleksi perpustakaan. Dengan kompleksitas yang terdapat dalam dunia perpustakaan juga membawa isu-isu mengenai plagiarisme dan privasi.

Mengingat betapa penting dan dinamis-nya perpustakaan sudah seharusnya jika perpustakaan didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki keahlian khusus, serta mahir dalam mengelola informasi. Sumber daya yang selalu berpikiran ke depan, mampu menjawab tantangan yang dihadapi, memiliki inovasi yang tinggi, berwawasan luas, serta melek teknologi.

Menyadari pentingnya hal diatas, Pemerintah Republik Indonesia dan masyarakat menempatkan perpustakaan dan pendidikan keilmuan perpustakaan sebagai bagian yang penting dalam menyiapkan SDM yang terampil dan handal untuk mengelola dan mengembangkan aset. Sistem perpustakaan yang baik merupakan perpaduan dari hardware, software dan brainware yang diaplikasikan kedalam bentuk-bentuk perpustakaan seperti perpustakaan sekolah, perpustakaan khusus perpustakaan umum, perpustakaan perguruan tinggi, maupun lembaga pengelola informasi lainnya. Oleh karenanya pendidikan keilmuan perpustakaan seperti pada Program Studi Teknisi Perpustakaan (PSTP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga selalu responsif dan adaptif terhadap kemajuan jaman dan tuntutan manusianya.
Visi
Menjadi program studi yang mampu memberikan ketrampilan teknis di bidang pengelolaan informasi dan perpustakaan yang inovatif  berbasiskan teknologi informasi serta bermoral dan berkepribadian


Misi
a. Menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang ketrampilan teknis pengelolaan Informasi dan Perpustakaan
 
b. Menyelenggarakan kegiatan ilmiah yang inovatif untuk menunjang penguasaan teknis di bidang  pengelolaan Informasi dan Perpustakaan berorientasi teknologi informasi
 
c. Melakukan kegiatan pada masyarakat di bidang pengelolaan Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS