D3 Manajemen Pemasaran - Universitas Negeri Yogyakarta

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Negeri Yogyakarta
Nama Fakultas : Ilmu Sosial dan Ekonomi
Website : http://www.uny.ac.id/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Setelah IKIP YOGYAKARTA berkembang menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), maka UNY  menerima perluasan mandat (wider mandate) untuk menyelenggarakan program studi non kependidikan. Oleh karena itu, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha FIS UNY mempersiapkan suatu rencana pengembangan dalam kerangka persiapan untuk memproyeksikan diri menjadi Fakultas Ekonomi. Persiapan ke arah ini telah dilakukan antara lain dengan menyusun rancangan Kurikulum Program Studi D3 Manajemen Pemasaran yang untuk sementara di bawah binaan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY. Perangkat Kurikulum tersebut disusun dengan mengacu pada Kurikulum Nasional dan peraturan yang berlaku.

Namun rancangan kurikulum tersebut masih mendapat masukan dari oleh tim penilai dari Pusat Pengembangan Politeknik dan Pendidikan Program Diploma. Oleh karena itu, usulan pendirian Program D3 Manajemen Pemasaran tersebut diperbaiki agar izin pendirian Program Studi D3 Manajemen Pemasaran segera turun. Perbaikan yang dimaksud tentu saja mengacu pada saran-saran yang telah diberikan oleh tim penilai tersebut dan berpedoman pada Buku Pedoman Evaluasi Pendirian dan Pengembangan Politeknik. Selain itu, perbaikan usulan pendirian Program D3 Manajemen Pemasaran ini juga bertolak dari landasan program berikut ini.

   1. Program Studi D3 Manajemen Pemasaran dirancang dengan berorintasi pada kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas, khususnya tenaga profesional yang memiliki bekal pengetahuan luas, keterampilan, sikap, dan perilaku yang dibutuhkan untuk mengoperasikan sistem dan teknologi pekerjaan dan tugas-tugas Manajemen Pemasaran dan manajerial bidang pemasaran pada lembaga baik “business for-profit” maupun “not-for-profit”.
   2. Posisi dan kualifikasi lulusan D III Program Studi Manajemen Pemasaran diproyeksikan akan berada pada tingkat menengah pada jajaran manajer operasional (pelaksana), khususnya sebagai asisten (pembantu) bidang teknis operasional untuk mendukung pekerjaan Manajemen Pemasaran, yang dijalankan oleh lembaga yang dimaksud pada butir 1 di atas, maupun secara mandiri bekerja dalam tugasnya sebagai pelaksana sistem operasional yang terkait langsung dengan bidang Manajemen Pemasaran.
   3. Pembekalan perangkat pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku yang distrukturkan ke dalam komponen program studi dan matakuliah untuk masing-masing program studi dirancang dan akan digelar berdasarkan konteks D III Fakultas Ekonomi.
   4. Dalam rangka memenuhi kualifikasi yang dimaksud pada butir 2 dan 3 di atas, maka penyelenggaraan sistem dan proses belajar-mengajar (pembelajaran) untuk program studi Manajemen Pemasaran dipolakan melalui suatu model kooperatif dengan dunia bisnis, lembaga pemerintahan, lembaga sosial, lembaga profesi (asosiasi profesi), perguruan tinggi, dan pihak-pihak lain yang terkait dengan program studi, dalam rangka untuk mencapai program yang linked and match.

Setelah proposal pendirian Program Studi D3 Manajemen Pemasaran diperbaiki, akhirnya oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi diberikan SK Pendirian Program Studi dengan Nomor 37/DIKTI/Kep/2001 tertanggal 6 Februari 2001.
Secara terus menerus Program Studi D3 Manajemen Pemasaran berupaya meningkatkan kinerjanya sehingga lulusannya mempunyai kompetensi sesuai dengan visi, misi, dan tujuan pendirian program studi. Oleh karena itu, Program Studi D3 manajemen Pemasaran terakreditasi B berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
Visi
Program Studi Manajemen Pemasaran  menghasilkan lulusan yang berjiwa wirausaha dan berdedikasi untuk kemajuan dirinya dan bangsa Indonesia yang dilandasi ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan keprofesialan di bidang manajemen pemasaran tingkat menengah.

Misi 1. Menghasilkan lulusan yang disiplin, bertanggung jawab, mampu beradaptasi, dan secara mandiri mampu mengembangkan diri untuk menjawab segala tantangan kehidupan.
2. Menghasilkan lulusan yang bermoral Pancasila dan agama serta berkomitmen tinggi terhadap kemajuan bangsa dan negara Indonesia.
3. Mendidik tenaga profesional tingkat menengah pada bidang pemasaran.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS