Teknik Sipil - Universitas Negeri Semarang

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Negeri Semarang
Nama Fakultas : Teknik
Website : http://sipil.unnes.ac.id/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Program studi D3 Teknik Sipil JTS FT UNNES adalah pendidikan profesional pada tingkat Ahli Madia, yaitu ahli teknik sipil yang menjembatani antara tukang dengan insinyur. Program studi D3 Teknik Sipil JTS FT UNNES adalah program studi yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (JTS FT UNNES). Lama pendidikan di Program studi D3 Teknik Sipil JTS FT UNNES adalah 6 semester atau 3 tahun dengan jumlah sks yang harus ditempuh adalah 120 sks. Program studi D3 Teknik Sipil JTS FT UNNES dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi.

Sejarah Program studi D3 Teknik Sipil JTS FT UNNES ini masih relatif singkat. Program studi D3 Teknik Sipil JTS FT UNNES didirikan pada tanggal 14 Agustus 1998, seiring dengan perluasan mandat yang diberikan kepada IKIP Semarang sehingga IKIP Negeri Semarang berubah menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES). Perluasan mandat ini sekaligus menuntut keberadaan program studi-program studi ilmu murni, sehingga didirikanlah Program studi D3 Teknik Sipil.
Pendirian Program studi D3 Teknik Sipil itu sendiri didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 297/DIKTI/1998 tanggal 14 Agustus 1998.

Perkembangan Program studi D3 Teknik Sipil JTS FT UNNES cukup menggembirakan. Perkembangan tersebut tampak dari peningkatan jumlah peminat program studi atau calon mahasiswa yang mendaftar (registrasi), mahasiswa yang diterima dalam ujian seleksi, dan prosentase mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang (heregistrasi). Perkembangan Program studi D3 Teknik Sipil JTS FT UNNES juga terlihat dari peningkatan rasio antara dosen tetap terhadap mahasiswa, kualifikasi dosen, serta peningkatan sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar.
Visi
Program studi D3 Teknik Sipil JTS FT UNNES memiliki visi yaitu menjadi lembaga pendidikan teknik sipil profesional yang unggul dan penghasil lulusan yang berkualitas dengan pengetahuan, kompetensi, ketrampilan, sikap dan etika yang mantap menghadapi lingkungan global.
Misi
Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dibidang profesional teknik sipil untuk mempersiapkan lulusan yang berkualitas dengan pengetahuan, kompetensi, ketrampilan, sikap dan etika yang mantap menghadapi lingkungan global
Menyelenggarakan penelitian dengan orientasi spesifik untuk menghasilkan produk-produk inovatif di bidang teknik sipil serta diharapkan dapat berperan dalam pemulihan ekonomi nasional
Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas dan profesional dalam rangka ikut memecahkan masalah-masalah masyarakat

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi B

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS