Akuntansi - Universitas Indonesia

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Indonesia
Nama Fakultas : Ekonomi
Alamat Sekretariat : Kampus Salemba Jl. Salemba Raya 4,
Jakarta Pusat
Kode Pos : 10430
Telp : 021-7270020    Telp2 :
Fax : 021-7270017    Fax2 :
Email : pusadmui@makara.cso.ui.ac.id
Website : http://www.accounting-department.fe.ui.ac.id, http://www.labakuntansi-feui.com
Nama Kepala Program Studi : Dr. Chaerul D. Djakman
Guru Guru Besar : AKHMAD SYAKHROZA, Prof, Ph.D
SIDHARTA UTAMA, Prof, Ph.D
Jumlah Mahasiswa : 1.648
Jumlah Mahasiswa Tahun Lalu : 1.460

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Tujuan Jurusan Akuntansi
Bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang memenuhi persyaratan keahlian sebagai akuntan profesional sebagaimana tercantum dalam UU. No. 34 tahun 1954, dan mempunyai dasar pengetahuan ekonomi yang mampu menduduki jabatan, baik sebagai akuntan publik maupun jabatan lainnya, yang memerlukan latar belakang pengetahuan seorang akuntan.


Perkembangan Jurusan Akuntansi FEUI Dewasa Ini
Jurusan Akuntansi lahir pada tahun 1953/1954 pada saat FEUI dipimpin oleh Prof. Dr. Soemitro Djojohadikoesoemo, dengan nama Jurusan Ilmu Perhitungan yang merupakan salah satu dari 5 jurusan studi yang dibuka pada saat itu. Sejak saat itu Jurusan Akuntansi terus berkembang pesat, dan menjadi Jurusan yang mempunyai jumlah mahasiswa terbanyak ( + 1.100 orang ) dibanding Jurusan lain yang ada di Fakultas Ekonomi UI.

Perkembangan pesat Jurusan Akuntansi tersebut didukung oleh sumber daya manusia yang handal, yang terdiri dari: Mahasiswa, Alumni, dan Staf Pengajar.

Mahasiswa Jurusan Akuntansi berasal dari input dengan kualitas yang sangat baik. Ini terbukti dari nilai rata-rata UMPTN mahasiswa baru Jurusan Akuntansi terbaik dibandingkan dengan program studi kelompok IPS lainnya. Juga tingkat persaingan yang cukup tinggi (1 : 46) sehingga mereka yang diterima merupakan pelajar yang memiliki kualifikasi tinggi dan teruji.

Jumlah Alumni Jurusan Akuntansi FEUI, yang sampai dengan semester II 2000 - 2001 telah mencapai ± 3.563 orang, tersebar di berbagai jenis bidang usaha, baik pemerintahan, swasta, dan yang lainnya. Jaringan alumni yang luas ini diharapkan dapat membantu pengembangan Jurusan Akuntansi dan kerjasama diantara alumni itu sendiri.

Jurusan Akuntansi FEUI didukung oleh staf pengajar yang berkualitas, yang mempunyai latar belakang akademik dan praktek yang membanggakan. Staf Pengajar terdiri dari ± 155 dosen (85 orang PNS dan 70 orang non PNS) dan 69 asisten dosen.

Dengan dukungan sumber daya manusianya, Jurusan Akuntansi telah melakukan berbagai kegiatan untuk mencapai misinya; salah satunya adalah revisi kurikulum pendidikan sesuai dengan perkembangan kondisi yang ada. Kurikulum baru tersebut lebih banyak menekankan pada aspek teknologi informasi, keuangan, komunikasi, dan lebih menyelaraskan dengan minat mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya mata kuliah pilihan yang ditawarkan.

Jurusan Akuntansi telah mencapai berbagai prestasi dalam perkembangannya sampai saat ini. Pada tahun 1998 Jurusan Akuntansi mendapatkan penilaian peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) sehingga memiliki kewenangan untuk membina program studi yang sejenis.

Selain itu, pada akhir tahun 1997 Jurusan Akuntansi FEUI melalui kompetisi memenangkan hibah dari Bank Dunia untuk melaksanakan program pengembangan kualitas pendidikan melalui program Quality of Undergraduate Education. Project QUE diberikan pada program studi yang mempunyai potensi sebagai program studi yang bertaraf internasional. Project QUE memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan Jurusan Akuntansi, diantaranya pemberian bea siswa pendidikan S-3 bagi sejumlah staf pengajar, mengundang dosen tamu dari luar negeri, perbaikan infrastruktur (pengadaan dan perbaikan fasilitas, seperti ruang kelas, ruang diskusi, ruang dosen, perpustakaan jurusan, laboratorium komputer akuntansi, laboratorium bahasa Inggris), pengadaan perlengkapan pengajaran seperti in-focus, serta pengadaan textbook dan jurnal. Project QUE juga memberikan berbagai grant dan award pada staf pengajar yang melakukan penelitian, mengembangkan metode pengajaran alternatif dan membuat modul sebagai bahan kuliah.

Visi
Menjadi salah satu Jurusan Akuntansi terbaik di Asia


Misi
1. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global.
2. Memimpin pengembangan ilmu dan praktek akuntansi di Indonesia dan hasilnya bermanfaat global.
3. Berperan serta dalam mewujudkan masyarakat madani.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Per Semester / Per SKS BOP: Rp 5.000.000, Uang Pembangunan: Rp 10.000.000

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Program Studi

Konsisten dengan misinya, Jurusan Akuntansi telah mendirikan laboratorium komputer dan perpustakan untuk menunjang proses perkuliahan.

Laboratorium komputer Jurusan Akuntansi FEUI
Didirikan dengan pendanaan Project QUE pada tanggal 28 Juni 1999 dan selesai bulan Desember 1999, yang bertujuan untuk membantu mahasiswa jurusan akuntansi, untuk menguasai teknologi informasi yang berbasis komputer yang terkait dengan bidang akuntansi. Laboratorium komputer akuntansi juga berfungsi sebagai lab bagi mata kuliah-mata kuliah tertentu untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada mahasiswa tentang pemakaian accounting software. Salah satu accounting software yang digunakan adalah Oracle Application.
FEUI kini tercatat sebagai institusi pendidikan pertama di Asia Pasifik yang menggunakan Oracle Application, khususnya Oracle Financial, dalam membantu proses kegiatan belajar-mengajar (mengalahkan sekitar 20 proposal lainnya dari berbagai negara termasuk Thailand dan India)

Perpustakaan Jurusan Akuntansi
Mulai bulan Maret 2000, Jurusan Akuntansi memiliki Perpustakaan Jurusan Akuntansi yang memiliki koleksi buku-buku, jurnal, dan CD-ROM di bidang akuntansi, manajemen, ekonomi, dan keuangan yang memungkinkan staf pengajar dan mahasiswa untuk melakukan penelitian. Perpustakaan juga dilengkapi dengan ruang baca yang letaknya dekat dengan ruang kuliah.

Laboratorium Studi Akuntansi
Laboratorium Studi Akuntansi didirikan untuk mengakomodasi berbagai kegiatan penunjang akademik di bidang Akuntansi yang meliputi pelatihan, loka-karya, seminar, penelitian maupun penulisan jurnal serta publikasi.